Ternyata, Hanya Butuh 4 Tahap Untuk Kulit Sehat dan Berseri

Ternyata, Hanya Butuh 4 Tahap Untuk Kulit Sehat dan Berseri 1

Sadar nggak sih kalau akhir-akhir ini beauty industry khususnya skincare lagi happening dimana-mana? Bukan cuman merek negara-negara Barat saja yang memenuhi pasar Indonesia, ada juga Korea, Jepang, Thailand dan lainnya. Tapi yang menjadi perhatian adalah trend yang datang dari negara Gingseng alias Korea dengan 10 tahap skincare untuk kulit glowing.

Pertama-tama perlu kita pahami bersama dulu, kalau dasarnya kulit orang-orang Korea memang sudah berbeda dari kulit wajah Indonesia yang dipengaruhi banyak faktor mulai dari genetik, lingkungan, serta gaya hidup. Jadi, tidak perlu lagi ya membandingkan kulit wajah yang kita miliki dengan orang lain, apalagi jadi ikut-ikutan trend-nya dengan harapan memiliki hasil yang sama.

Pada dasarnya, tahapan skincare yang utama kita lakukan secara rutin untuk mendapat kulit yang sehat dan berseri hanya ada 4 loh, minimalis sekali kan? Yuk simak apa saja tahapan tersebut.

Pembersih Wajah

Kebersihan pangkal kesehatan itu kalimat yang bisa diaplikasikan ke seluruh aspek kehidupan kita loh, awal perjalanan kulit yang sehat dan berseri adalah dengan rutin membersihkan wajah dengan produk yang tepat. Utamanya ada dua jenis pembersih wajah yaitu oil based cleanser yang paling tepat digunakan untuk metode double cleansing gunanya untuk menghapus make-up juga sunscreen yang kita pakai secara rutin. Kedua, ada water based cleanser untuk memastikan semua sisah kotoran yang masih tertinggal di wajah luruh dengan bantuan cleansing agent

Exfoliator 

Secara natural, kulit wajah kita akan mengalami regenerasi kulit setiap 28 hari jika prosesnya terhambat oleh kulit wajah yang kotor, minyak berlebih, aktivitas di luar ruangan tanpa perlindungan dari polutan sangat memungkinkan penghambatan regenerasi sel kulit yang menyebabkan banyak masalah kulit mulai dari dry, dehydrated, jerawat, sunburn, hingga munculnya flek hitam dan garis halus. Maka dari itu kita butuh satu produk yang fungsinya untuk mengeksfoliasi yaitu sebuah proses yang membantu atau mempercepat regenerasi sel kulit, contoh produk yang memiliki bahan eksfoliator biasanya ditandai dengan ingredients berupa: AHA, BHA, PHA, LHA maupun nama lainnya yang akan saya bahas secara terpisah di artikel selanjutnya.

Pelembab

Ternyata, Hanya Butuh 4 Tahap Untuk Kulit Sehat dan Berseri 3

Hayo, siapa yang masih mengira kalau jenis kulit berminyak tidak perlu pakai pelembab? Ini salah banget ya, semua orang yang ingin merawat kulitnya harus pakai pelembab yang perlu disesuaikan adalah formula yang sesuai dengan jenis, kondisi maupun kebutuhan tiap orang. Pelembab juga ada beragam jenisnya mulai dari humectant yang bekerja sebagai penarik air di udara, emollient yang bekerja mengisi kekosongan diantara sel-sel kulit dan occlusive yang bermanfaat untuk mengunci kelembapan. Kalau mau tahu lebih detail tentang perbedaan dan produk-produk rekomendasi saya, silahkan komen di kolom komentar ya!

Sunscreen

Sudah bukan rahasia lagi kalau matahari adalah penyebab utama ragam kerusakan kulit, itu mengapa tahap yang satu ini tidak boleh terlewatkan sama sekali. Pilih sunscreen yang memiliki kandungan perlindungan dari sinar UVA dan UVB, berkat meledaknya pasar skincare di Indonesia kalian bisa dengan mudah kok mencoba beberapa produk sunscreen sampai menemukan yang paling pas. Saya pribadi sudah jatuh hati dan sepertinya tidak akan berpindah lagi dari Biore Watery Essence yang memiliki nilai SPF 50+ dan perlindungan extra PA++++.

Itu tadi 4 tahap perawatan kulit mendasar tapi tidak kalah bermanfaat dibandingkan dengan 10 tahap skincare rutin yang ramai diperbincangkan di internet. Saran saya, pelajari dulu kulit kalian untuk bisa menentukan produk yang tepat, jadi walau ada 101 trend yang akan mampir, kalian sudah tahu tahapan dasar yang dibutuhkan kulit wajah agar tampak sehat dan berseri. 

Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas lebih dalam tentang jenis eksfoliator dan pelembab yang sesuai untuk jenis kulit kalian ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Vegys Gultom