Ternyata Thor bukan adik Loki!

Ternyata Thor bukan adik Loki!

Dalam mitologi Nordik, nama Thor dikenal sebagai seorang dewa ksatria yang memiliki dua ekor kambing berwarna hitam dan putih. Keduanya diberi nama Tanngrisnir dan Tanngjostr dan bertugas menarik kereta tunggang Thor di langit atau ke negeri manapun yang Thor hendaki.

Nama Thor ini mengakar ke dalam bahasa Proto-Germanic yang berarti “petir”. Sosok Thor menjadi simbol dari jiwa setia dan terhormat seorang ksatria serta menjadi penjaga para Aesir dan Asgard. Postur tubuh Thor menyerupai raksasa diperolehnya dari Odin dan Jord, ibunya yang menjadi leluhur para raksasa.

Thor memiliki beberapa orang saudara lelaki. Balder, Hoder, Hermod, Tyr dan Bragi adalah saudara tiri Thor dari Odin dan Frigg. Lalu apakah Thor dan Loki adalah saudara seperti di Marvel?

Thor dan Loki tidak bersaudara lho, ini berdasar pada kisah di Prose Edda. Loki adalah anak dari Farbauti, Sang Raksasa Es dan Laufey, sehingga Thor bukan saudara kandung ataupun saudara tirinya. Apalagi Loki terlahir di Jotun dan menjadi musuh para Aesir, sedangkan Thor di Asgard yang menjadi pelindung Aesir.

Odin pernah melakukan sumpah darah bersama Loki sehingga dia tidak dapat menyakitinya. Karena ini pula, Thor dan para Aesir berulang dipermainkan oleh Loki. Istri Thor, Sif, diperdaya dan rambut emasnya dipotong oleh Loki. Thor murka dan mengejar Loki untuk memberikan hukuman.

Meski begitu, Thor dan Loki disebutkan dalam salah satu mitos pernah akur lho. Ini terjadi ketika Thor berusaha merebut kembali Mjollnir. Loki menyarankan agar Thor berpakaian sebagai Freya dan menikahi Thrym. Pada akhirnya Thor memang berhasil mendapatkan kembali Mjollnir dan pergi ke Asgard.

Jadi, hubungan persaudaraan antara Thor dan Loki hanya ada di dalam dunia Marvel ya. Sebab dalam mitologi Nordik, hubungan mereka selalu penuh tipu daya. Kamu lebih suka versi Thor dan Loki yang mana nih?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nenden Rikma