Tertarik dengan Jurusan Teknik Lingkungan? Ketahui 5 Fakta Ini!


Tertarik dengan Jurusan Teknik Lingkungan? Ketahui 5 Fakta Ini! 1

Teknik lingkungan adalah sebuah jurusan yang mempelajari ilmu tentang bagaimana cara mengelola limbah baik padat, cair, maupun gas yang baik dan benar. Selain itu pula jurusan ini juga mendalami tentang desain rencana penyediaan air minum, perpipaan, drainase, dan sebagainya. Beberapa kampus yang membuka program studi teknik lingkungan antara lain, Undip, UI, ITS, ITB, UB, dan lain-lain. Mungkin bagi kalian hal itu terdengar cukup menarik. Eits, sebelum masuk dan mempelajari ilmunya, yuk! Ketahui dulu 5 fakta unik tentang jurusan teknik lingkungan.                                                    

Jurusan di Teknik yang Banyak Populasi Wanita

Jurusan di teknik tentunya identik dengan perbandingan jumlah pria dan wanita yang sangat signifikan. Namun, hal tersebut tidak berlaku di jurusan teknik lingkungan. Nyatanya perbandingan jumlah wanita kerap kali lebih banyak dibandingkan jumlah pria. Walaupun jumlah wanita lebih banyak, tetapi solidaritas tetap dijunjung tinggi disini.                           

Banyak Mempelajari Fisika dan Kimia

Siapa yang disini mengira jurusan teknik lingkungan banyak mempelajari hal-hal yang berbau biologi? Engga salah sih, tetapi porsi materi biologi disini cukup sedikit. Sedangkan fisika dan kimia lebih banyak dipelajari. Jadi, kalo kamu mau masuk jurusan ini, segera perkuat basic ilmu fisika dan kimiamu ya!          

Lapangan Pekerjaan Luas

Tidak heran apabila masih banyak orang-orang yang bertanya, lulusan teknik lingkungan kalo kerja jadi apa? Jika kalian ditanya seperti itu, jangan lupa untuk menjawab bahwa lapangan pekerjaan di bidang teknik lingkungan ini sangatlah luas. Kamu bisa bekerja di K3 atau AMDAL perusahaan swasta, BUMN, menjadi konsultan lingkungan, pegawai negeri sipil dinas lingkungan hidup, dosen, dan lain lain. Perlu diingat bahwa jurusan teknik lingkungan akan selalu diperlukan selama bumi masih mengeluarkan polusi dan sampah.                                    

Jurusan yang Semakin Diminati

Jurusan teknik lingkungan semakin tahun semakin diminati. Terbukti dari jumlah pendaftar yang kian bertambah setiap tahunnya. Hal ini disebabkan pada era tahun 2030 an, jurusan teknik lingkungan akan semakin dicari oleh perusahaan karena walaupun sudah memasuki era teknologi robot yang canggih, tentunya untuk mendesain dan merekayasa kerusakan lingkungan masih harus dilakukan oleh manusia.                           

Semakin Sadar Diri untuk Menjaga Lingkungan

Fakta yang terakhir tentunya akan bermanfaat sekali bagi diri sendiri dan orang lain. Karena kita telah mengetahui dampak pencemaran lingkungan, pengelolaan sampah, kebersihan dan sanitasi masyarakat maka kita akan semakin sadar bahwa lingkungan harus dijaga kebersihannya. Ilmu yang dipelajari dapat langsung diimplementasikan ke diri sendiri dan orang-orang terdekat. Kegiatan yang dilakukan misalnya, memilah sampah, melakukan pengomposan dari sampah organic, menerapkan gaya hidup zerowaste, menghemat listrik, dan lain-lain.                                 

Nah, dari fakta-fakta diatas apakah kalian masih tertarik untuk mempelajari ilmu ini? Tentunya setiap jurusan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menyerap ilmu tersebut dengan sebaik-baiknya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga belajar tidak hanya sekedar teori namun juga praktek secara langsung. Yuk! Masuk jurusan teknik lingkungan untuk lingkungan bumi yang lebih baik lagi.      


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvianidya

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap