Terungkap! 5 Rahasia dan Penemuan Dibalik Pasir Gurun Sahara


Terungkap! 5 Rahasia dan Penemuan Dibalik Pasir Gurun Sahara 1
Terungkap! 5 Rahasia dan Penemuan Dibalik Pasir Gurun Sahara 3

Seperti yang kita ketahui bahwa gurun Sahara merupakan padang pasir panas terbesar yang ada di dunia. Hamparan pasir yang ada di gurun tersebut seakan menghipnotis para pengunjung karena keindahannya. Peristiwa pasir hisap di gurun tersebut telah menelan banyak makhluk hidup seperti hewan dan manusia hingga sebuah kota.

Dan hal ini menjadikan gurun Sahara sebagai gurun yang paling banyak menyimpan rahasia tersembunyi di bawahnya. Namun dengan teknologi yang dimiliki oleh manusia saat ini sangat membantu dalam menjelajah gurun Sahara dan mencari tahu misteri tersembunyi di balik gurun tersebut.

Dari semua hal yang berhasil ditemukan dalam pasir gurun Sahara, ada beberapa hal yang berhasil terkuak ke permukaan. Berikut adalah rahasia dan penemuan dibalik pasir gurun Sahara yang terkuak ke permukaan.

1. Benteng kuno

Sebuah satelit berhasil mendeteksi sisa-sisa lebih dari 100 benteng milik suku Garamantes yang merupakan penduduk kuno Libya. Sebelumnya disediakan sektor di gurun Sahara oleh perusahaan pengeboran minyak guna menggali menggunakan pemetaan daerah itu.

Ketika hasil pemetaan muncul, terlihat berbagai fondasi dan tembok yang tersisa dari warga Garamantes. Saat itu para arkeolog memastikan bahwa reruntuhan tersebut memang benar dari kaum Garamantes. Pada zaman kejayaan suku Garamantes yaitu sekitar abad ke-2 sampai abad ke-7 SM, area tersebut sangat kering dan gersang sehingga sulit menumbuhkan tanaman.

Untuk bercocok tanam sendiri, mereka mengalirkan air dari waduk melalui jalur bawah tanah. Ketika jalur tersebut rusak, tanaman menjadi layu dan mereka mulai meniggalkan area tersebut. Dan akhirnya peradabannya terkubur di bawah pasir gurun Sahara.

2. Gobero Skeletons

Terungkap! 5 Rahasia dan Penemuan Dibalik Pasir Gurun Sahara 4

Seorang arkeolog bernama Paul Sereno secara tidak sengaja menemukan sebuah kuburan manusia terbesar di gurun Sahara. Maka fenomena tersebut menjadi penemuan rahasia tersembunyi dari bawah gurun Sahara dan dikenal sebagai Gobero Skeletons.

Penemuan tersebut terjadi ketika ia sedang melakukan ekspedisi pencarian fosil spinosaurus yang merupakan salah satu jenis dari dinosaurus dan berlokasi di wilayah Gobero, Nigeria. Penggalian selama 2 tahun tersebut berhasil mengungkap sekitar 200 kerangka manusia yang bercampur dengan fosil ikan, buaya, dan hewan lainnya.

Anehnya dalam makam itu banyak ditemukan kejadian yang sangat tidak biasa. Salah satunya ada seorang pria yang dimakamkan dengan cara ditempatkan dalam sebuah panci besar dan ada juga yang dibaringkan di dalam bekas cangkang kura-kura.

3. Kawah meteor

Sejauh ini bumi selalu dihujani dengan benda-benda yang berasal dari luar angkasa seperti batu meteor dan lain sebagainya. Kebanyakan dari benda-benda tersebut akan terbakar di atmosfer dan menjadi cahaya di langit yang kita kenal sebagai bintang jatuh.

Namun banyak juga dari benda-benda tersebut yang sampai ke permukaan bumi dan memberi dampak yang cukup mengejutkan. Seperti halnya yang terjadi di salah satu gurun paling panas dan terbesar di dunia, yaitu gurun Sahara. Ketika bekas-bekas meteor yang terjadi di belahan bumi lain akan menjadi terkenal, tapi tidak di gurun.

Padahal bekas dari meteor tersebut masih terlihat jelas dengan sebuah kawah yang cukup luas. Bahkan pecahan meteor di wilayah tersebut masih tetap ada dan tersebar di pasir tanpa terisolasi oleh pihak terkait. Uniknya, seperlima dari semua temuan meteorit yang ada di dunia ditemukan di gurun Sahara.

4. Kaca gurun

Batuan yang saat ini dianggap cukup berharga di dunia, nyatanya tersebar di hamparan gurun Sahara. Ini adalah kaca gurun Libya yang merupakan batuan berbentuk seperti kaca yang memiliki karakteristik sangat cantik. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa batu ini merupakan sisa pecahan meteorit yang menghujani bumi kurang lebih 29 juta tahun silam.

Sejauh ini, kaca gurun tersebut masih sangat banyak bertebaran meski kawah hasil hujaman meteor belum ditemukan dan diperkirakan terkubur terlalu dalam di gurun tersebut. Selain itu, batuan ini juga ditemukan dalam makam Tutan Khamun, yang menunjukkan bahwa kaum Mesir kuno menggunakannya sebagai perhiasan.

5. Sungai yang hilang

Dalam perjalan sejarah,  gurun Sahara pernah mengalami berbagai macam perubahan iklim dan berkali-kali mengalami pergeseran selama jutaan tahun. Dari semua kejadian tersebut, tidak heran jika akhirnya banyak peristiwa ataupun berbagai hal yang menghilang secara misterius dan menjadi misteri tersembunyi di bawah gurun Sahara.

Namun salah satu sungai yang hilang di gurun tersebut pun akhirnya berhasil ditemukan kembali berkat teknologi super modern yang ada di zaman ini. Sungai tersebut dikatakan bernama Tamanrasett, yaitu sebuah sungai yang telah lama hilang dan berhasil ditemukan kembali melalui bantuan satelit.

Sungai yang sudah mengering sejak 5 ribu tahun lalu ini pun terlihat bentangannya di sepanjang gurun Sahara. Diketahui bahwa sungai ini merupakan salah satu drainase terbesar di dunia yang pernah mengalir dari  Mauritania.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hafizh

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap