The 5 Love Languages: Identifikasi Cara Seseorang Mengekspresikan Cintanya

The 5 Love Languages: Identifikasi Cara Seseorang Mengekspresikan Cintanya

Love languages atau adalah cara seseorang untuk menunjukkan dan merasakan kasih sayangnya kepada orang lain.

Konsep ini dikemukakan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul “The Five Love Languages: How to Exspress Heartfelt Commitment to Your Mate.” Menurutnya, setiap orang memiliki primernya masing-masing yang merupakan cara terbaik baginya untuk mengekspresikan cinta. Ketika kebutuhan akan primer itu terpenuhi, maka ia akan merasa aman di dalam cinta.

Dalam sebuah hubungan, sangat penting untuk saling memahami masing-masing. Memahami pasangan membuat kita lebih mengerti dia lagi. Kita bisa mengerti kenapa ada hal-hal yang tidak bisa diterima olehnya, lebih peka terhadap keinginannya, dan mengetahui perlakuan apa yang akan disukainya.

Lalu, apa saja kelima itu?

Words of Affirmation

Bahasa yang pertama ini berupa pengucapan kata-kata yang mencerminkan kasih sayang, kata-kata yang bersifat positif kepada orang yang dikasihi. Orang dengan bahasa ini akan merasa dicintai ketika menerima pujian. Kata-kata verbal sangat berarti bagi mereka. 

Baca juga  5 Bahasa Cinta yang Perlu Diketahui, Agar Bahagia dalam Menjalin Hubungan!

Apabila pasanganmu memiliki bahasa primer ini, katakanlah padanya bahwa Anda bangga dan menyayanginya, beri dia panggilan sayang.

Gunakan kalimat romantis seperti “i love you“, “kamu cantik/ganteng banget sih”, atau “sayang, terima kasih ya sudah jadi pasangan yang baik. Aku bangga sama kamu”.

Quality Time

Bahasa ini berupa menghabiskan waktu bersama orang yang dikasihi. Namun, hanya menghabiskan waktu bersama saja tidak cukup. Perhatian yang tercurah sepenuhnya juga menjadi salah satu aspek terpenting. 

Seseorang dengan bahasa ini akan merasa senang ketika menghabiskan waktu berdua, melakukan aktivitas bersama, bertukar cerita, dan lain-lain. Tidak perlu mahal-mahal, luangkanlah waktumu untuknya, dengarkan baik-baik cerita darinya maka ia akan merasa bahwa Anda mencintainya. Ketika Anda bersamanya, ia akan merasa diperhatikan dan diprioritaskan.

Baca juga  5 Jenis Love Language, Kamu Termasuk yang Mana?

Act of Service

Beberapa orang akan merasa dicintai ketika mendapatkan bantuan dan uluran tangan dari pasangan. 

Hal-hal sederhana seperti inisiatif membantu mengerjakan pekerjaan rumah, menyiapkan sarapan, atau mengantar jemput akan membuat orang dengan act of service merasa tersanjung dan bahagia.

Receiving Gifts

Seseorang yang memiliki ini akan merasa senang ketika diberi hadiah. Mungkin kebanyakan orang akan menganggap bahasa ini sebagai bentuk materialistis. Namun, pada kenyataannya mereka tidak perlu hadiah yang mahal dan diberikan setiap minggu. Bagi mereka, itu tidak berkaitan dengan nilai uang melainkan segala sesuatu yang berkaitan dengan cinta kasih.

Hadiah-hadiah kecil seperti es krim yang Anda beli di minimarket akan membuatnya merasa bahwa Anda selalu memikirkan dia dan peduli akan kebahagiaannya.

Physical Touch

Physical touch adalah yang berupa keintiman, perasaan dicintai, dan dilindungi bila mendapat sentuhan fisik. Tidak melulu soal seks, inti dari tipe ini adalah keintiman. Bisa jadi bentuknya adalah dengan berpegangan tangan, memeluk, atau mengelus rambut.

Baca juga  5 Bahasa Cinta yang Perlu Diketahui, Agar Bahagia dalam Menjalin Hubungan!

Sebagai makhluk sosial, terkadang manusia memang membutuhkan sentuhan fisik dalam membangun keintiman dengan pasangan. Namun, bagi orang dengan tipe physical touch sentuhan fisik menjadi hal yang utama bagi mereka.

Biasanya, mereka yang memiliki tipe ini lebih memilih untuk bermalas-malasan seharian dengan pasangan daripada pergi keluar untuk belanja atau menonton film.

Demikianlah kelima bahasa cinta yang perlu Anda kenali bersama pasangan satu sama lain untuk mempererat hubungan kalian.

Jadi, tipe manakah yang merupakan bahasa cinta primer Anda?

Sumber:

  • Surijah, E. A., Putri, K. D. A., Waruwu, D., & Aryanata, N. T. (2018). Studi Psikologi Indigenous Konsep Bahasa Cinta. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(2), 102–122. https://doi.org/10.15294/intuisi.v10i2.17524
  • https://www.orami.co.id/magazine/mengenal-5-love-languages-agar-lebih-mengerti-pasangan/

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Siti Hasna Afifah