Tidak Apa-apa, Kamu Kuat, kok!

Tidak Apa-apa, Kamu Kuat, kok! 1

terkadang kita merasa lemah, saat tak ada dukungan yang mendorong punggung kita. terkadang kita juga merasa sendiri saat tidak ada siapapun yang memberi kita semangat. rasanya sangat berat. jika berjuang tanpa ada dukungan. 

tapi percayalah kawan, sebetulnya yang kita butuhkan bukanlah dorongan dari orang lain atau pun semangat dari mereka. melainkan dari DIRI SENDIRI.

tidak peduli kamu berasal dari keluarga seperti apa? dan saya tidak peduli kamu berpendidikan tinggi atau tidak?! 

jika kamu tidak mengahargai dirimu sendiri maka percuma perjuangan yang telah susah payah kamu rencanakan sedemikian rupa, karna nyatanya semua hanya imajinasi semu yang tak memiliki kekuatan. 

sebuah mimpi dapat tergapai bukan karna banyaknya pujian atau pun dukungan dari orang-orang, tapi lebih dari itu. yaitu rasa percaya diri dan keyakinan penuh atas diri sendiri, jika dirinya layak untuk menjadi seseorang yang mengengam mimpi dengan nyata. karna semua butuh proses. seorang pemimpi pun harus bisa yang namanya menikmati waktu, menikmati tiap detik dengan hidup sebagai manusia yang hidup di saat itu. bukan hidup di masa lalu atau pun hidup di masa depan, karna kunci kesuksesan terletak dari seberapa tenangnya kamu dalam menjalani setiap harinya. lantas seberapa tenang kamu saat ini? apakah sudah tenang?

memang sangat letih saat kita memulai sesuatu dari titik paling NOL. tapi itu bukan lah ketidak mungkinan, karna semua yang ada pasti bisa terjadi asalkan kita percaya dan tenang. 

saat kita memiliki mimpi, kita tahu mimpi itu sangatlah besar. mimpi yang tidak ada seorang pun yang berani memimpikannya. bahkan di pandang remah saat orang – orang mengetahui itu. memang sangat sakit saat kita dengar dan lihat dengan panca indra yang kita sendiri, tapi itu bukanlah masalah yang besar jika keyakinan dalam hati kamu seteguh karang di lautan lepas. ia akan tetap berdiri kokoh tak peduli dengan ombak yang selalu menerpanya.

tapi berbalik, jika kamu sendiri tidak yakin dengan apa yang kamu mimpikan, maka berhentilah, karna percuma jika kamu teruskan. semua itu akan berakhir dengan sendiri tanpa kamu perjuangkan. 

aku saat ini sedang mencoba banyak hal baru, kalian tahu bertapa beratnya itu, ya sesuatu yang baru tentunya sangat sulit di pahami dari pada sesuatu yang familiar atau pernah kita tahu. 

Ah, di kesempatan kali aku ingin membagikan ceritaku, semoga saja ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang berjuang mewujudkan mimpi kalian.

perlu kalian tahu, aku adalah orang yang biasa, ya … aku lahir dan tumbuh di keluarga biasa. aku juga bukan orang terkenal yang biasa muncul di media-media sosial. aku hanya lah aku. seseorang yang sedang berjuang untuk menata dirinya dan juga kesuksesannya. siapapun tahu, aku bukanlah orang yang memiliki pengaruh yang besar. dan semua orang tahu aku tidak terlihat dimana pun karna aku selalu diam di tempat yang sama. aku juga tidak tau tentang dua luar, karna kehidupanku tak lepas dari meja belajarku.

tapi kalian tahu, meski saat ini aku hanya lah manusia biasa yang sama sekali tidak  banyak orang yang tahu, tapi aku tetap memiliki keyakinan yang besar. jika di masa depan nanti aku bisa menjadi orang yang besar. hahahah! aneh ya! tapi itulah keayakinanku. bagaimana dengan keyakinanmu?

Aku cukup tertinggal banyak sekali hal. karna sebelumnya aku mendapatkan ujian berupa masalah dalam diri aku sendiri. sebuah masalah Stress yang berkepanjangan hingga mencapai tingkat paling akut mendekati Depresi. ya benar. saat itu aku tidak tahu, yang aku tahu aku adalah orang yang Aneh! tapi itu nanti aku akan ceritakan dilain episode. nantikan ya,  komen biar aku tahu kalau kalian tuh ada.

aku menghela nafas, saat menatap masa depanku, karna disana sangat lah buram bahkan tidak terlihat. aku hanya bisa mengedutkan bibir kala melihat masa lalu ku. ya. masa lalu yang sempat aku benci. tapi sudahlah aku sudah bisa memaafkanya. kali ini hanya ada masa kini dalam kamus kehidupanku. karna perlu kalian catatat. ketenangan hidup itu saat kamu bisa SADAR jika hari ini Kamu HIDUP! bukan memikirkan hal di luar hari ini, cukup selesaikan masalah yang ada di hari ini. karna masa lalu dan masa depan semua terkait di hari ini. karna itu semakin baik kamu mengunakan waktu di tiap harinya maka akan semakin terjamin masa depan yang kamu impikan. 

Aku memiliiki orang tua yang sangat penyang. mereka melebih malaikat. sangat menyayangiku, dan aku pun sangat menyayangi mereka. namun … kami terlalu malu untuk mengatakan perasaan sayang dan cinta kepada kami anak-anaknya. bahkan kadang rasanya untuk mengakui perasaan pribadi pada mereka sangat lah malu, entahlah aku pun bingung. tapi itulah keluarga ku. keluarga yang mengekspresikan cintanya melalui pemenuhan kebutuhan dan juga keinginan anak-anaknya. 

yah, meski ada beberapa hal yang aku sendiri sedikit sedih, karna kekurangan dair keluarga, terutama dari sosok ibu yang kumiliki, beliau sangat sulit untuk menghargai hasil seseorang, selalu menginginkan kesempurnaan. yang kadang membuatku jengkel sendiri dan kadang membuatku marah. namun aku tidak bisa meluapkan secara terang-terngan tentang perasaanku. aku hanya memendamnya. karna tahu, marah bukanlah solusi. tapi ternyata aku salah. meski marah bukan solusi melampiakannya atau mengatakan alasan kalian marah itu lebih baik dari pada diam dan menagggis. meski mengatakanya bukan pada orang membuat kita marah melainkan pada diri kita senidri yang bisa kita lihat dari cermin.

itu jauh lebih baik. karna jika kita hanya diam dan mengubur perasaan itu dalam dalam. maka persaan yang terkubur itu akan menjadi penyakit. penyakit untuk batin kita. dan akhirnya di masa depan perasaan itu akan mudah meledak-ledak kala tersingung sedikit saja. karna hal ini juga banyak orang yang menjadi sesintif. bukan tanpa alasan melainkan karna luka yang sudah menganga di dalam batinnya sendiri. karna itu perhatikan dirimu sendiri agar kamu tidak terus-terusan bingung. dan bertanya dengan pentanyaan yang sama. kenapa?

kita hanya manusia biasa, dan kita adalah manusia normal. tidak ada yang berbeda. kamu dan aku! kita semua adalah manusia. tidak ada yang berbeda. kita punya mata, hidung dan kita juga makan dengan makanan yang sama meski ya … beberapa daerah pasti makanan sedikit berbeda tapi tetap saja makan dari hasil tanah yang sama. yaitu dari bumi yang sama. tentunya kita manusia yang sama.

karna itu jangan pernah ngatakan jika kamu berbeda dari yang lain. atau pun kamu aneh. karna kamu bukan DIA dan dia bukan KAMU! jadi berhentilah memabndingkan diri. tapi cobalah PUAS dengan DIRI KAMU SENDIRI. tidak usah memandingkan atau pun iri pada orang lain. karna saat itu terjadi kamu akan jauh lebih rendah dari barang loakan. karnanya berhentilah membuat diri rendah. tapi cobalah nikmati waktu mu. puaskanlah tiap hari mu. dan kamu bukan mereka jadi untuk apa kamu mengatakan jika kamu berbeda dengan mereka? karna memang sudah jelas jika mereka berbeda.

“Tapi …., kan aku gak bisa apa-apa? orang-orang punya bakat, tapi aku …”

kamu bukan tidak bisa apa-apa, hanya saja kamu membiarkan dirimu sendiri untuk tidak bisa apa-apa. kamu jangan membiasakan diri untuk melihat hasil seseorang tapi biasakanlah untuk melihat proses mereka.  dan jangan pula terlalu lama melihat sesuatu yang lebih tinggi dari kita tapi perbanyaklah melihat kebawah agar kita bisa lebih mudah bersyukur dan puas dengan hidup kita.

dan jika kamu merasa dirimu tidak bisa apa-apa dan tidak meiliki bakat apa-apa. maka kamu perlu tanya kembali pada dirimu sendiri. apa yang paling kamu sukai yang mampu membuat kamu lupa akan waktu dan memberikan kesenangan pada hatimu. jika ada tanya kembali, bagaimana respon mereka ketika melihat apa yang saya lakukan. jika baik responya lanjutkan, kembangkan, karna itu adalah bakat yang sempat kamu abaikan. 

kamu bukan tidak mimiliki bakat, kamu hanya terlalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain. sampai dirimu tidak sadar telah mengabaikan diri mu sendiri. dan tanpa kamu sadari juga kamu malah membuat dirimu harus sama dengan orang yang kamu anggap hebat di depan sana. sayanganya … itu tidak akan pernah terjadi. karna kamu bukan dia dan dia pun bukan kamu. jadi saat ini juga di detik juga. berhentilah mengaggumi oranglain dan berhentilah mendewakan oranglain. tapi mulailah untuk membangun pondasi diri melalu keyakinan diri dan juga pembenahan dari isi kepala kita sendiri.

mewujudkan mimpi, bukanlah suatu perkara remah yang bisa di dapat dengan mudah. terlebih jika kita harus memulai sediri tanpa bantuan atau pun dukungan orang lain. terutama bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, yang mana kamu tidak memiliki banyak teman untuk bisa di ajak bicara. bukan karna mereka tidak bisa melainkan mereka tidak nyaman jika terlalu lama berada di lingkunagn yang memiliki banyak orang.

semua butuh modal, dan semua butuh uang. ia menjadi aspek terbesar untuk manusia modern saat ini. tak terpungkiri aku pribadi sedang dirudung kesedihan kala orang tuaku tak mempercayaiku,dan menggap remeh mimpiku. membuatku enggan untuk meminta kucuran modal dari mereka. biarlah mereka mengetahui ku yang hanya diam di kamar dengan santai sebari makan cemilan sore. tapi di balik itu dalam leptop ku aku bekerja sedemkian rupa sebagi seorang penulis di sebuah platrom menulis. dan membiarkan mereka tahu hasil akhirku dair jerih payahku selama ini. dan

karna di daerah ku bukanlah kota yang memiliki banyak sekali tempat lowongan kerja. jadi aku sendiri sedikit sedih karna susah untuk ku mendapatkan uang. tapi semua itu bukanlah halangan utnuk ku, karna aku ingin mewujudkan mimpiku jadi aku hanya perlu percaya pada diriku sendiri. dan dengan manjadi penulis di sebuah platrom menulis. aku berusah agar bisa menjadi terbaik.

yah, namun. semua itu tak seindah cerita novel. yang mana setiap tokoh utam selalu mendapatkan apa yang ia inginkan. kala ia ingin menjadi menteri maka ia akan manjadi menteri dengan kemampuan yang tentunya memuaskan. nah sayangnya aku bukanlah orang seperti itu. aku orang yangd i takdirkan untuk sedikit lebih berusaha. memang kecerdasan yang ku punya dari tes IQ itu menunjukan jika aku termasuk orang yang cerdas. tetap saja tidak termasuk aku orang yang pandai dalam mengahafal. aku rasa aku cerdas hanya saat memcahkan suatu masalah saja. bukan dari segala aspek.

meski saat ini aku masih memulai debut awalku dalam merintis karir. tanpa siapaun. hanya diriku senidri dan juga Rabbku. aku tidak akn menyerah karna semakin besar keyakinan yang kita punya maka semakin cepat pula impian yang akan ktia raih. karna semua tergantung dari seberapa yakin kamu terhadap prasangkamu sendiri.

Kamu kuat, kamu bisa sukses sendiri, karna yang kamu butuhkan hanya dirimu sendiri dan Tuhanmu. orang lain akan menyusul saat kamu ada di atas! jadi berhenti mengejar mereka karna mereka akan lari. tapi fokuslah pada tujuanmu maka mereka akan datang dengan sendirinya.

salam hangat dari seorang pemimpi

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvyana