Tidak Hanya Kecap Manis, Beragam Jenis Kecap Ini juga Sering Digunakan dalam Masakan

Tidak Hanya Kecap Manis, Beragam Jenis Kecap Ini juga Sering Digunakan dalam Masakan 1

Salah satu bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan adalah kecap. Hampir semua masakan berupa tumis umumnya memakai kecap untuk menambah cita rasa. Oleh karena itu, tidak heran jika kecap selalu ada di dapur kita. Kecap memiliki tekstur yang kental dan juga sedikit cair. Umumnya, kecap memiliki warna hitam pekat atau sedikit kecoklatan. Bahan dasar untuk membuat kecap adalah kedelai. Namun, tidak sedikit pula kecap yang menggunakan bahan dasar selain kedelai dan banyak digunakan dalam masakan.

Berikut merupakan beberapa jenis kecap yang biasa dipakai dalam masakan.

1. Kecap Manis

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kecap manis merupakan jenis kecap yang paling terkenal di antara jenis kecap lain. Kecap manis juga lebih banyak digunakan pada aneka jenis masakan daripada jenis-jenis kecap lain. Kecap manis terbuat dari kedelai yang difermentasi. Kedelai yang digunakan umumnya adalah kedelai hitam. Sesuai dengan namanya, jenis kecap ini memiliki cita rasa yang manis.

Namun, ketika ditambahkan pada masakan tumis, juga dapat memberikan sensasi rasa gurih pada masakan. Kecap manis memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan jenis kecap yang lain. Warna yang dimiliki kecap manis pun terbilang lebih pekat dibandingkan jenis kecap lain.

Saat ini, terdapat beragam merek kecap manis yang beredar di pasaran. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera kamu. Jika kamu sedang diet, kamu juga dapat menggunakan kecap manis rendah kalori yang kini sudah dapat kamu beli di pasaran.

2. Kecap Asin

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain kecap manis, kecap asin merupakan salah satu jenis kecap paling familiar yang banyak digunakan pada beragam jenis masakan. Sama halnya dengan jenis kecap manis, kecap asin ini terbuat dari bahan dasar kedelai hitam yang difermentasi.

Bedanya, komposisi garam pada kecap asin lebih banyak dibandingkan dengan kecap manis, sehingga kecap jenis ini akan memiliki cita rasa yang lebih asin. Karena cita rasanya yang lebih asin, penggunaan kecap asin pada masakan digunakan dalam porsi yang sangat sedikit.

Hal tersebut dikarenakan, umumnya masakan sudah ditambahkan garam atau penyedap rasa, sehingga apabila ditambahkan kecap asin terlalu banyak dapat membuat masakan menjadi terlalu asin. Tekstur yang dimiliki kecap asin ini lebih cair daripada kecap manis. Warna yang dimiliki kecap asin pun tidak sepekat kecap manis.

3. Kecap Tiram

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kecap tiram lebih dikenal dengan sebutan saus tiram. Meski lebih dikenal dengan sebutan saus, kecap tiram ini diproses sama seperti kecap-kecap lain. Bahan dasar pembuatan kecap tiram ini adalah ikan yang difermentasi yang ditambah dengan karamel dan aneka rempah.

Kecap tiram ini memiliki cita rasa yang gurih dan asin. Kecap jenis ini biasanya digunakan pada aneka masakan tumis untuk menambah cita rasa yang gurih pada masakan.

4. Kecap Inggris

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kecap Inggris merupakan salah satu jenis kecap bercita rasa asin yang memiliki aroma yang sangat khas dan wangi. Bahan dasar untuk membuat kecap Inggris ini diantaranya, yaitu cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, asam jawa, dan aneka rempah.

Kecap Inggris memiliki tekstur cair dan bercita rasa asin. Kecap Inggris ini biasanya digunakan untuk marinasi daging agar ketika diolah, daging memiliki aroma dan cita rasa yang khas serta lezat.  

5. Kecap Ikan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sesuai dengan namanya, kecap ikan terbuat dari bahan dasar ikan yang sudah difermentasi. Selain ikan, beberapa jenis makanan laut seperti cumi-cumi, kerang, dan udang juga dapat digunakan sebagai bahan dasar membuat kecap ikan.

Kecap ikan memiliki tekstur cair dengan cita rasa asin seperti kecap asin dan memiliki aroma ikan yang cukup kuat. Oleh karena itu, kecap ikan ini biasa digunakan dalam masakan hidangan laut hingga aneka masakan Chinese food.

Selain kelima kecap di atas, jenis kecap apa lagi yang sering kamu gunakan atau kamu tambahkan dalam masakanmu?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh