Tidak Perlu Pakai Mixer! Resep Bolu Piscok Kukus yang Nyoklat Banget


Tidak Perlu Pakai Mixer! Resep Bolu Piscok Kukus yang Nyoklat Banget

Mau ngemil yang bisa bikin kenyang? Eits, tidak perlu ngemilin nasi. Berbahan dasar yang mudah didapat dan alat memasak yang sederhana, ini cocok sekali buat kamu.

Coba bayangin, aroma pisang bertemu dengan manisnya coklat. Jadi piscok? Ya, betul. Tapi ini bukan sembarang piscok, melainkan bolu piscok (pisang coklat) kukus yang nyoklat banget. Yuk, langsung bikin sendiri.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • ½ sdt SP
  • 3 buah pisang ambon ukuran sedang
  • 100 gr tepung terigu protein sedang atau protein rendah
  • ¼ sdt garam
  • 1 bungkus chocolatos bubuk (rasa coklat)
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • 70 ml minyak goreng
  • 1 bks susu kental manis coklat

Optional :

  • Toping : margarin dan meses ataupun yang lainnya sesuai selera

Cara membuat

1. Siapkan loyang dan Kukusan

Sebelum membuat adonan bolu, kita siapkan loyang terlebih dahulu. Loyang bisa dilapisi dengan baking paper agar bolu tidak lengket saat dilepas. Jika tidak punya baking paper, olesi loyang dengan campuran sedikit margarin, terigu, dan minyak goreng. Selanjutnya, kita panaskan kukusan. Oya, tutup kukusannya dilapisi dengan kain agar tidak ada uap air yang jatuh ke adonan bolu saat proses pengukusan nanti.

2. Lumatkan pisang

Siapkan mangkok dan garpu untuk melumatkan pisang. Pada tahap ini, pisang dilumatkan hingga halus. Gunakan pisang yang sudah sangat matang agar aroma pisang semakin terasa.

3. Kocok telur, gula, dan SP lalu masukkan pisang

Siapkan wadah dan alat pengocok telur (whisk) untuk mengocok telur, gula, dan SP. Kocok hingga gula larut dan telur menjadi putih kental merata. Setelah itu, masukkan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam adonan telur. Aduk kembali hingga rata.

4. Tambahkan terigu, garam, chocolatos bubuk, baking powder, dan baking soda

Tambahkan terigu, garam, chocolatos bubuk, baking powder dan baking soda sambil diayak. Pada tahap ini, aduk dengan perlahan agar terigu tidak membentuk gluten. Jika gluten ini terbentuk, bisa menjadi salah satu penyebab bolu tidak mengembang sempurna.

5. Tambahkan minyak goreng dan susu kental manis coklat

Tambahkan minyak goreng dan susu kental manis coklat. Aduk perlahan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik, yakni menyusuri bagian dasar adonan lalu balik ke atas. Ulangi cara tersebut hingga minyak dan susu kental manis coklat tercampur rata dengan adonan.

6. Tuang adonan ke dalam loyang, kukus hingga matang

Tuang adonan ke dalam loyang, lalu hentak-hentakan loyang secara perlahan agar gelembung udara yang terperangkap di dalam adonan menjadi keluar. Setelah itu, kukus kurang lebih 30-40 menit menggunakan api sedang cenderung besar.

Setelah bolu matang, lepaskan bolu dari loyang. Tunggu hingga cukup dingin lalu berikan toping sesuai selera. Bisa menggunakan margarin dengan meses, krim vanila, keju, coklat ganache, ataupun yang lainnya.


Asik, sekarang bolu piscok kukusnya sudah jadi. Rasanya enak dan nyoklat banget. Bisa dipotong menjadi 8 bagian atau sesuai keinginan. Selamat menikmati!

Baca Juga

Exit mobile version