Tidak Selalu Malas Kok, Perlu Tahu Juga Manfaat “Me Time”

Tidak Selalu Malas Kok, Perlu Tahu Juga Manfaat "Me Time" 1

Padatnya aktivitas sehari-hari memang terkadang membuat jenuh dan melelahkan. Tidak jarang malah berujung pada sebuah kondisi yang down atau sakit. Akibat yang timbul atas permasalahan tersebut dapat berupa melemahnya kesehatan fisik ataupun mental. Oleh karena itu, sebenarnya terdapat banyak alternatif solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Salah satunya adalah me time. Me time sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah kondisi dan aktivitas dimana seseorang sedang menikmati waktu sendiri dalam kesendirian.

Biasanya orang yang sedang me time dirinya benar-benar keluar dari segala aktivitas sosial atau withdrawal. Banyak orang salah paham kalau me time itu adalah buang-buang waktu tidak jelas, hanya untuk pemalas (tidak produktif), atau mungkin terkesan tanpa makna, namun sebenarnya me time digadang dapat menjadi salah satu peluang untuk menjaga kesehatan fisik dan ataupun mental untuk melepas segala penat yang dirasakan. Dalam artikel kali ini, penulis akan membagikan sedikit poin yang perlu diperhatikan manfaat dari me time. Selamat membaca dan semoga bermanfaat 🙂 

1. Me time dapat menjadi ajang untuk refleksi kehidupan.

Manusia dengan segala dinamika kesibukan dalam kesehariannya seringkali menjadi hanya terlalu berfokus terhadap berbagai aktivitasnya dan lupa bahwa apa sih sesungguhnya makna atas segala aktivitas yang dilakukan tersebut. Padahal menurut penulis, terdapat hal penting yang perlu untuk dilakukan untuk menjadi seorang pribadi yang lebih baik lagi. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah menikmati waktu sendiri atau “me time” yakni dapat dimanfaatkan untuk merenungi segala kejadian yang telah dilakukan.

Misalnya, merenungi dalam sebuah kalimat seperti, “Dalam sehari ini, apakah aku berbuat salah kepada si A?” , “Apakah bahan bercandaanku sudah melewati batas kepadanya ?” , “Aku sudah berbuat baik belum ya ke orang lain di hari ini ?” , “Kebaikan apa saja yang sudah aku lakukan untuk orang lain? atau untuk diriku sendiri ?”. Pertanyaan sederhana macam ini mampu menjadi ajang untuk merefleksi dan mengkoreksi diri sendiri atas segala perilaku dan karakter untuk menjadi lebih baik lagi.

Terkesan sederhana dan sepele, namun tidak bisa disepelekan. Keuntungan lain jika melakukan tips ini adalah kita mampu menjadi pribadi yang bisa kontrol atas setiap tindakan dengan mempertimbangkan kebaikan dan keburukan terhadap sekitar. 

2. Me time bisa menjadi waktu terbaik untuk melonggarkan ketegangan otot dan pikiran

Mengambil waktu sejenak untuk menikmati kesendirian merupakan aktivitas yang perlu sesekali dilakukan. Bersitegang dengan padatnya aktivitas sehari-hari dapat berakibat terhadap tegangnya otot dan pikiran yang sulit rileks. Mungkin me time menjadi salah satu saran yang solutif. Dalam menikmati waktu kesendirian tersebut, kita dapat menggunakannya dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang hanya diri kita sendiri yang tahu.

Kita bisa menciptakan momen tak terlupakan yang hanya diri kita sendiri yang menikmati. Misalnya adalah berbelanja di mal lalu menikmati es krim atau boba di akhir pekan. Menghabiskan waktu untuk berbelanja bisa membuat imun dan mood menjadi lebih meningkat. Bisa juga menikmati kegiatan lain misalnya olahraga sepedaan keliling komplek, atau dengan mendengarkan musik favorit dan rebahan sepanjang hari. Beberapa tips sederhana tersebut menurut penulis bisa menjadi menghilangkan stres.

Dengan melakukan kegiatan yang disukai tanpa ada pengganggu. Selain itu dengan begini nantinya diharapkan dapat mengurangi ketegangan otot dan pikiran akibat penatnya aktivitas sehari-hari.

3. Me time bisa menjadi waktu untuk menata masa depan lebih tertata lagi

Problematika hidup yang terjadi menjadikan setiap insan lebih dewasa. Kendati demikian, nyatanya tidak semua orang mampu menata rencana-rencana kehidupan kedepannya. Oleh karena itu dibutuhkan penataan akan segalanya agar tidak menjadi berantakan pada akhirnya. Sebagai salah satu wadah mengatur masa depan, dengan me time manusia dapat merenungi rencana ke depan untuk merancang sebuah renana kehidupan selanjutnya. Misalnya memiliki keinginan untuk membangun rumah. Jadi harus dipikirkan matang-matang perihal desain rumahnya akan seperti apa, modal yang harus dimiliki minimal berapa juta, akan memakai jasa desainer atau tidak, butuh biaya berapa yang akan dikeluarkan, dan lain sebagainya. Nah, dengan begitu maka dari itu me time menurut penulis dapat menjadi ajang waktu yang tepat untuk merancang rencana kehidupan selanjutnya. 

4. Me time dapat menjadi langkah baru agar cepat move on dengan masa lalu 

Harapan dan langkah baru akan muncul ketika sudah bisa melepaskan masa lalu. Filosofi sederhana tersebut nyatanya mudah untuk diucapkan namun sulit untuk diterapkan. Apalagi bagi orang-orang yang sedang berjuang untuk move on dari kenangan masa lalunya, hehe. Bukan suatu hal yang mustahil namun diperlukan sebuah usaha lebih untuk dapat mencapai hal tersebut.

Tidak melulu dengan cara yang mewah, me time bisa jadi menjadi tips untuk kamu yang saat ini sedang berjuang melawan untuk melupakan segala hiru pikuk masa lalu. Me time dengan cara merebahkan raga ke kasur serta dengan ditambah dengan menyiapkan tisu dan menangis seharian mungkin akan sangat melegakan perasaan diri sendiri daripada harus menahan dan menyimpannya secara terus menerus.

Menangis dapat melonggarkan segala energi negatif yang selama ini menempel di dalam benak jiwa dan raga selama belum move on. Hilangkan dan hiraukan saja segala macam bentuk toxic masculinity bagi kalian para laki-laki jika juga ingin menangis agar segera pulih dari kenangan pahit yang masih membelenggu. Menangis sangat boleh dilakukan untuk semua orang, karena itu adalah hal yang manusiawi.    

Itulah sobat, beberapa hal positif dari kegiatan “me time”. Sekarang sudah terbukti kan kalau orang yang sedang me time tidak melulu karena dia malas? Beberapa hal di atas merupakan segelintir latar belakang positif mesikpun selama ini terkesan “tidak ngapa-ngapain”, padahal ada hal lain yang sedang dilakukan oleh orang tersebut mengisi waktunya untuk “me time”. Kalau menurut kalian, apa lagi nih manfaat dari me time ?  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nourma Dewi Fatmawati