Tidak Sulit, Ini 6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula

Tidak Sulit, Ini 6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula 1

Sedari dulu hingga sekarang blog sudah menjadi wadah untuk berkarya bagi semua kalangan, khususnya dalam bentuk tulisan. Dimana platform ini memungkinkan para penggunanya bukan hanya membuat konten berupa teks sederhana, namun juga bisa menyisipkan konten foto atau video.

Sebagian orang memanfaatkan blog sebagai wadah untuk menyalurkan inspirasi dan hobinya. Namun, banyak juga yang melakukan kegiatan blogging ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sudah banyak blogger yang sukses meraih keuntungan dari tulisannya di blog, bahkan, ada beberapa yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan utama.

Sementara itu, definisi blog menurut wikipedia adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan atau biasa disebut dengan posting pada sebuah halaman website. Konten blog dapat dinikmati oleh pengguna internet karena akan ditampikan pada mesin pencarian google.

Nah, bagi anda yang berniat untuk membuat blog, mari simak langkah-langkah berikut ini.

Cara membuat blog untuk pemula:

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat blog bagi pemula:

1. Menentukan niche

Tidak Sulit, Ini 6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula 3

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat blog adalah menentukan niche. niche adalah tema atau topik yang hendak dibahas dalam website. Sebenarnya tidak ada aturan khusus yang mewajibkan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus namun ada beberapa keuntungan yang didapat jika kita menerapkan niche dalam blog kita. Diantaranya, bisa membuat kita lebih fokus pada topik tertentu, konsisten dalam menulis, lebih mudah dimonetisasi dan dikenal sebagai ahlinya.

Menentukan niche bisa disesuaikan dengan kemampuan kita atau tujuan untuk membuat blog. Misalnya, niche tentang kecantikan, traveling, keuangan, pendidikan, olahraga, hiburan, dan masih banyak lagi.

2. Memilih platform blog

Ada banyak sekali platform yang bisa digunakan secara gratis dan fitur yang cukup lengkap sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh pemula. Anda bebas untuk menggunakan platform manapun untuk blog anda. Namun platform yang paling populer adalah platform blogspot dan wordpress.

Hal ini dikarenakan kedua tools tersebut memberikan kemudahan kepada pengguna, manajemen situs yang baik, performa yang mumpuni, keamanan yang terjamin dan kemudahan kostumisasi. Namun walaupun begitu blogspot dan wordpress memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

3. Menentukan domain blog

Tidak Sulit, Ini 6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula 4

Langkah selanjutnya adalah menentukan domain blog. Secara teknis, domain blog terbagi menjadi dua, yaitu domain gratis dan domain berbayar. Perbedaanya, domain gratis disertai oleh sub domain situs penyedia, misalnya kataaku.blogspot.com.

Sementara itu, domain berbayar tidak memuat subdomain, misalnya kataaku.com. Namun demikian, memakai domain berbayar atau domain gratis sebetulnya sama saja walaupun sudah jelas akan ada beberapa fitur yang membedakan antara domain berbayar dan domain gratis.

4. Membuat akun blog

Selanjutnya jika sudah mempersiapkan ketiga hal tersebut, kita langsung bisa membuat akun blog diplatform yang sudah kita pilih. Kemudian, tentukan tema yang akan digunakan agar pembaca tertarik dan nyaman diblog kita. Kita juga akan merasa senang bukan jika memiliki blog yang menarik dan enak dilihat.

5. Menulis blog

Langkah selanjutnya adalah menulis konten di blog sesuai dengan niche atau topik yang sebelumnya sudah ditentukan. Sebelum memposting, periksa ulang terlebih dahulu supaya tidak ada kesalahan.

6. Promosikan blog

Tidak Sulit, Ini 6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula 5

Langkah terakhir adalah mempromosikan blog dengan menshare link melalui media sosial yang kita miliki agar banyak yang mengunjungi platform blog milik kita.

Nah, begitulah langkah-langkah yang harus dilakukan bagi pemula untuk membuat blog, mudah bukan? Bagaimana, sudah siap untuk membuat blog? g

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Wia Ukhrowia