Tiga Karya Seni Rupa Memukau di India


Tiga Karya Seni Rupa Memukau di India

sebagai salah satu negara yang menghasilkan banyak karya seni tentunya tak akan lepas dari karya seni rupa yang populer yang dihasilkan oleh negara dengan naunsa adat dan budaya yang cukup kental ini.

Berikut tiga karya seni rupa yanh dihasikan oleh sampai saat ini :

1. Patung

Patung merupakan salah satu karya seni rupa yang terkenal dan tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki banyak karya Seni patung apalagi didaerah Bali yanh kental dengan nuansa seninya.

Tak terkecuali di , memiliki banyak karya seni patung terkenal yang terbuat dengan beberapa bahan mulai di bahan yang terbuat dari logam seperti halnya perunggu, maupun yang terbuat dari bahan batu.

Awalnya, membuat patung dewa dengan sosok sebuah manusia yang kemudian diukir atau dipahat secara persis menyerupai aslinya.

Mereka mengadopsi seni dari Romawi yang terlebih dahulu membuat karya seni patung berupa manusia. Awalnya karya seni tersebut sebagai perwujudan penghargaan atas jasa seseorang yang abadikan dalam sebuah patung manusia.

Pada dasarnya patung merupakan perwujudan dari sebuah lambang para dewa. Dengan seiring perkembangan jaman, patung di mulai menggunakan konsep wajah orang , duduk bersila dengan tangan yang menunjukan sikap yang berarti Atri Mujra. 

2. Bangunan

Selain patung, juga terkenal dengan bangunan-bangunan bernilai seni tinggi. Ini adalah seni arsitektur Bangunan yang ada di , dan mengalami banyak perkembangan dimulai dari bangunan yang mempergunakan bahan dari kayu hingga batu.

Kemudian seiring perkembangan jaman, mulailah beralih ke bahan batu, dan mayoritas bangunan di ini dipergunakan sebagai Kuil atau tempat tinggal seorang Biksu. Masa abad ke 7-11 Masehi, mayoritas bangunan di arsitekturnya terkenal karena seni dekorasinya.

Sementara Karya Seni bangunan yang ada di India meliputi Stupa, Pagoda, Tirana, dan Sikhara. Dsn sampai sekarang unsur-unsur ini mulai dipergunakan di hampir seluruh negara-negara di Asia Timur dan juga Asia Tenggara.

3. Lukisan

Selain seni patung dan seni bangunan, India juga terkenal dengan Seni lukis atau lukisannya.

Awalnya meskipun Seni lukis ini tidak terlalu berkembang di India, mengingat yang lebih dominan adalah seni bangunan arsitektur dan seni patungnya. 

Namun India mengalami masa keemasan saat abad ke 5 Masehi, dimana seni lukis sempat menarik perhatian saat masa Avanta, dimana seni lukis menjadi hal yang bisa diperhitungkan.

Namun lambat laun semi lukis mulai bisa diperhitungkan, dan juga mengalami progres yang baik, dan seni lukis di India ini lebih banyak di aplikasikan ke dalam  media dinding maupun dalam batu.

Seni lukis di dalam media batu sering dimanakan relief misalnya jika India lebih banyak di terapkan dalam biara. Ada namanya teknik Fresco yaitu Seni melukis yang dilakukan ketika dalam keadaan dinding basah.

Nama seni baru ini sering disebut dengan karya seni relief, jika di Indonesia memiliki keindahan Candi Borobudur dan Prambanan yanh identik dengan bangunan religisu di masa kerajaan.

Itu juga termasuk karya seni patung atau karya seni relief. Dan bagi mereka bangunan memiliki nilai budaya yang tinggi.

Baca Juga

Exit mobile version