Tiger Fish, Ikan Mahal Yang Bikin Kaya Raya

Tiger Fish, Ikan Mahal Yang Bikin Kaya Raya

Tahukah Anda bahwa harga tiger fish bisa mencapai 25 juta rupiah per ekornya? Tentu ini bukan hanya sekedar informasi berhagra melainkan merupakan baru yang bisa segera untuk digarap.

Seperti dilansir kompas.com, warga kecamatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan sedang heboh. Apa pasal? Ternyata penduduk di kecamatan Banyulencir tersebut ramai-ramai memburu tigerfish atau elang.

Tiger fish bukan sembarang biasa. Harga perekornya bisa mencapai 250 ribu hingga jutaan rupiah. Makin bagus coraknya, makin meroket pula harganya dipasaran. Bahkan kabarnya asli Indonesia itu sudah menembus pasar ekspor mancanegara, yakni Vietnam.

Mengenal Lebih Jauh Tiger Fish

Tiger Fish, Ikan Mahal Yang Bikin Kaya Raya

yang satu ini merupakan fauna asli nusantara dengan warna tubuh oranye dengan corak loreng berwarna hitam. Selain itu ada beberapa spesias lainnya dengan sirip berwarna hijau, hitam, merah, dan albino.

Ukuran elang pada umumnya memang 10 cm. Namun pada faktanya, di alam ada yang berukuran sedang hingga sangat besar tergantung di mana habitat tersebut, ada yang berukuran 25 cm bahkan ada juga yang berukuran mencapai 40 cm.

Sebenarnya tiger fish mudah ditemukan di perairan air tawar di Sumatra, Kalimantan, serta Papua. Jenis spesies yang berada di Sumatra dan Kalimantan disebut datnioides microlepis. atau  atau tiger fish Indonesia. Untuk yang berada di perairan Papua adalah jenis datnioides campbeli atau papua datz.

Tak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, yang satu ini juga bisa ditemukan di luar Indonesia. Salah satunya berada di Sungai Chao Phraya Thailand dengan berbagai jenis yakni datnioides undecimradiatus, dan datnioides polota

Dilansir dari The Sprutce Space, habitat elang adalah sungai, lebih tepatnya mendiami sungai yang di dalamnya terdapat batu, pasir, dan tumbuh-tumbuhan yang lebat. ini lebih cenderung masuk golongan omnivora karena memakan alga, serangga, serta invertebrata.

Baca juga  4 Ikan Koi Termahal Di Dunia, Sanggup Beli ?

Tak hanya berada di sungai, ikan yang satu ini juga sangat menyukai air yang jernih dengan kadar oksigen tinggi. Maka jika berniat untuk memeliharanya, pastikan memiliki akuarium dengan kondisi yang mirip seperti habitat aslinya agar perkembangan dan pertumbuhannya maksimal.

Sama halnya seperti bangsa ikan pada umumnya, tiger fish bereproduksi dengan cara bertelur. Jika Anda mampu memeliharanya dengan baik, mampu berumur cukup panjang, yakni hingga mencapai usia 10 tahun.

Membedakan jantan dan betina sangatlah mudah, sebab keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk yang jantan, warnanya cerah dengan hidung merah sedangkan untuk betina memiliki ukuran perut yang lebih lebar dan besar.

Menurut Peneliti ikan Pusat Penelitian Biologi LIPI, Gema Wahyudewantoro ikan ini memiliki nama latin yaitu Datnioides microlepis. Menurut beliau, tiger fish belum dikategorikan sebagai ikan yang langka karena masih mudah ditemukan dimana-mana.

Ikan ini bisa dikonsumsi namun banyak orang yang lebih memilih membudidayakannya dan memperlakukannya sebagai . Maklum yang satu ini memang memiliki harga jual tinggi sehingga sangat menguntungkan untuk para spekulan.

 

Harga Tiger Fish

Tiger Fish, Ikan Mahal Yang Bikin Kaya Raya

dikenal sebagai ikan dengan harga jual yang sangat tinggi. Dilansir dari Antara, ikan bergigi tajam dan berwajah kurang ramah yang satu ini dijual dengan harga 250 ribu untuk ukuran 10 cm.

Semakin panjang ukurannya tentu semakin mahal harganya. Bahkan ada yang menjual ikan satu ini dengan harga yang sangat fantastis mencapai 25 juta rupiah. Wajar saja, jika ikan tiger banyak yang membudidayakan karena ketika dibeli banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Baca juga  4 Peluang Bisnis Bagi Kalian Yang Berada di Daerah Pantai

Tiger fish yang bisa dibudidayakan ini bisa dipelihara sebagai dengan cara yang sangat mudah. Lebih jelas mengenai cara membudidayakan , mari simak konten ini hingga selesai.

 

Cara Memelihara Tiger Fish

Tiger Fish, Ikan Mahal Yang Bikin Kaya Raya

Tentu setiap ikan memiliki karakteristiknya masing-masing. Lantas bagaimana cara untuk memelihara ikan harimau sehingga bisa berkembang dengan baik untuk kemudian dijual dan mendapatkan keuntungan?

Perhatikan Akuarium

Seperti halnya ketika memelihara ikan lain, akuarium menjadi hal pertama yang perlu Anda perhatikan. Memang, Tiger fish bisa hidup di berbagai kondisi air akan tetapi ikan ini lebih menyukai air bersih dengan kadar keasaman yang rendah.

Idealnya, di dalam tangki akuarium terdapat banyak tanaman hias atau buatan dengan area yang cukup luas untuk berenang. Ini artinya, Anda harus menyiapkan akuarium dengan ukuran yang cukup besar.

Pencahayaan di dalam akuarium haruslah baik dan sebisa mungkin tanaman di dalamnya ditata dengan rapi untuk membuat ikan semakin betah. Untuk suhu bukan menjadi masalah besar, bahkan Anda tetap bisa memeliharanya di dalam tangki tanpa adanya pemanas.

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan standar seperti filter dan aerator. Pastikan akurium memiliki sirkulasi udara yang lancar dan kebersihannya harus benar-benar di jaga dengan baik.

Meski dijuluki sebagai , namun pada kenyataannya tak seganas yang dipikirkan orang-orang. Ikan ini tetap bisa hidup rukun bersama ikan lainnya di dalam akuarium. Jika Anda menginginkan akuarium terlihat lebih cantik, maka tambahkanlah lainnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Memberi Pakan yang Sesuai

Ini adalah hal yang paling krusial, yakni memberi makanan yang sesuai. Anda harus benar-benar cermat dalam memilih pakan karena jika salah, ikan tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Baca juga  Geliat Bisnis Ikan Hias Yang Menggiurkan

Dilansir dari situs Dictio.Id, ikan kecil, udang dan cacing sutera adalah pakan yang direkomendasikan untuk tigerfish. Ikan ini merupakan hewan liar, dan kemungkinan jika Anda memilikinya, itu ditangkap langsung dari alam. Untuk itu rajin-rajinlah berkonsultasi dengan sesama penggemar ikan untuk bisa memberi jenis dan porsi pakan yang tepat sesuai dengan kondisi ikan yang dimiliki.

Perhatikan Ikan Lainnya yang Berada di Akuarium

Apabila Anda memelihara ikan tiger bersama lainnya, alangkah lebih baik jika yang dipelihara adalah ikan yang benar-benar klop dengan tiger fish. Beberapa diantaranya adalah clown loach, ikan zebra, ikan kuli loach, dan juga iklan platy.

Tidak disarankan untuk menaruh terlalu jinak dan bergerak lambat di dalam akuarium yang sama dengan . Contohnya adalah ikan cupang dan ikan angelfish. Selain itu, jangan sampai menaruh dalam jumlah yang terlalu banyak.

Memberikan Tempat Persembunyian Khusus

Perlu untuk Anda ketahui, hingga saat ini tiger fish masih digolongkan sebagai ikan ganas atau .  Karena keganasannya, banyak orang yang gagal membudidayakannya dan lebih sering mengambilnya di habitat aslinya lalu langsung menjualnya.

Memberikan tempat persembunyian khusus adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindarkan ikan dari stres baru. Sehingga, ikan satu ini bisa beradaptasi dengan lebih mudah. Tempat persembunyian bisa dibuat dengan cara menanam beberapa tumbuhan air.

Nah, sekarang sudah tau kan? Demikianlah penjelasan mengenai tiger fish beserta informasi harga dan cara memeliharanya. Karena ikan ini sulit untuk beradaptasi, maka dalam membudidayakannya harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan kehati-hatian.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.