Tim Kenyal-Kenyal Merapat! Resep Cilung Alias Aci Gulung yang Disukai Semua Kalangan

Tim Kenyal-Kenyal Merapat! Resep Cilung Alias Aci Gulung yang Disukai Semua Kalangan

Cilung merupakan legendaris memiliki kepanjangan gulung. Penjual cilung sering dijumpai di depan sekolah. Hampir semua anak-anak , tapi tidak jarang orang juga menyukainya. Apalagi bagi orang yang suka gurih dan kenyal, cilung pasti jadi jajanan favorit.

Selain disebut cilung, makanan ini juga ada yang menyebutnya dengan papeda gulung. Ternyata, cilung ini bisa dibuat oleh siapa saja di karena bahannya yang dan mudah dibuat. Yuk langsung simak dan cara membuatnya berikut ini.

Baca juga  6 Jajanan Serba Aci Khas Bandung, Cocok untuk Snack Time!

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 1 sampai 2 butir telur
  • ¼ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 200 ml air

Opsional :

  • Toping sesuai , boleh bubuk balado, bubuk asin gurih, saus sambal, ataupun yang lainnya.

Cara membuat

1. Proses persiapan

Siapkan wadah, lalu masukkan tepung tapioka dan air. Aduk hingga rata. Tambahkan garam dan lada bubuk.  Di wadah terpisah, pecahkan telur dan kocok lepas.

Baca juga  Mengenal Jajanan Pasar Di Kota Pemalang, Nomor 2 Unik Banget!

2. Proses memasak

Panaskan teflon anti lengket, lalu olesi minyak tipis-tipis. Tuang satu atau dua sendok kocokan telur, kemudian tuang cairan tapioka sebanyak setengah sendok atau sesuaikan dengan lebar teflon. Segera ratakan dengan menggoyangkan teflon. Tambahkan toping sesuai selera kemudian tunggu sebentar saja lalu tusuk dan gulung menggunakan tusukan . Ulangi langkah tersebut hingga semua cairan tapioka habis.

Baca juga  Neron yuk, Intip Kebiasaan Suku Lembak

: teflon anti lengket dapat mempermudah proses penggulungan. Jika ingin lebih mudah lagi, gunakan tusukan yang dapat dibelah dua, sehingga bisa dicapit saat proses penggulungannya.


Cilung atau aci gulung sudah siap disajikan. Bakal langsung diserbu nih seluruh anggota . Jika ingin membuat lebih banyak, ini bisa dikali lipatkan, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Dede Firman