Tim-Tim Wakil Liga Inggris di Kompetisi Eropa


Tim-Tim Wakil Liga Inggris di Kompetisi Eropa 1

Kompetisi Eropa merupakan kompetisi idaman bagi setiap klub sepak bola di benua biru. Kompetisi ini terbagi menjadi 3 level yang terdiri dari UEFA Champions League (UCL), UEFA Europa League (UEL) dan UEFA Europa Conference League (UECL). Dari ketiganya, UCL adalah kompetisi dengan kasta tertinggi. 

Perebutan tiket menuju kompetisi Eropa selalu menarik untuk ditunggu. Bahkan sering kali mengalahkan animo dari perburuan gelar domestik dari setiap liga di Eropa. Setiap tim baik dari Top 5 liga maupun di luarnya berusaha untuk memperoleh jatah untuk berlaga di Eropa.

Perebutan tiket berkompetisi di Eropa menjadi menarik di Liga Inggris. Menurut aturan yang berlaku, tim yang finish pada urutan satu hingga empat klasemen liga Inggris akan memperoleh jatah bermain di UCL. Tim yang finish di urutan lima dan pemenang FA Cup akan berlaga di UEL dan pemenang EFL Cup atau piala liga dapat mengisi slot untuk UECL. 

Laga terakhir liga Inggris telah menentukan tim mana yang layak berlaga di Eropa. Manchester City sebagai pemenang liga Inggris dan Manchester United yang finish di posisi dua klasemen sudah memastikan posisi untuk berlaga di UCL musim depan. Sedangkan dua slot sisanya telah disegel oleh Liverpool dan Chelsea. Liverpool berhasil mengamankan tiket berlaga di UCL setelah berhasil mengalahkan Crystal Palace dengan skor meyakinkan 2-0 di Anfield. Sedangkan Chelsea mengalami kekalahan dari Aston Villa dengan skor 2-1. Beruntungnya The Blues karena Leicester City gagal memperoleh tiga poin saat bertemu dengan Tottenham Hotspurs sehingga The Blues dapat berlaga di UCL musim depan.  

Leicester City yang gagal menggusur Chelsea maupun Liverpool di posisi empat besar harus rela untuk bermain di UEL. The Foxes akan ditemani West Ham United untuk mengarungi kompetisi kasta dua Eropa ini. Meskipun West Ham United finish di posisi enam namun karena pemenang FA Cup (Leicester City) finish di posisi lima besar maka sisa tiket berlaga di UEL dapat digenggam oleh The Hammers.

Kompetisi terbaru dari UEFA yakni UECL akan diwakili posisi tujuh klasemen yakni Tottenham Hotspurs. The Lilywhites berhasil mengamankan posisi ketujuh setelah menghadapi tekanan dari Everton, Arsenal dan Leeds United yang memiliki selisih poin yang sangat berdekatan.   Posisi tujuh klasemen dapat berlaga di UECL dikarenakan pemenang EFL Cup (Manchester City) berada di posisi empat besar klasemen.

Pencapaian klub Inggris di Eropa musim ini cukup fantastis. Musim ini tiga klub liga Inggris berhasil menembus babak final di kompetisi Eropa baik di UCL dan UEL. Hal ini membuktikan dominasi dan kompetitifnya liga Inggris di Eropa walau gagal mewujudkan final All England di UEL.

Laga final UCL yang bertajuk All England mempertemukan Manchester City dan Chelsea pada tanggal 30 Mei 2021. Sedangkan laga final UEL mempertemukan Villareal vs Manchester United pada tanggal 27 Mei 2021. Hasil final kedua kompetisi tersebut tidak akan memberikan pengaruh terhadap penambahan atau perubahan slot untuk berkompetisi di Eropa bagi liga Inggris. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mario Febryansach

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap