Pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir membuat semua orang terbiasa untuk melakukan segala aktifitas dari dalam rumah guna meminimalisir terjadinya penyebaran virus,  termasuk salah satunya yaitu belajar.

Semua jenjang dari mulai Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi hampir semuanya menerapkan sistem pembelajaran online yang dilakukan dari rumah.

Namun meski begitu, hal tersebut tidak boleh membuat semangat kita untuk belajar menjadi surut, baik itu belajar di sekolah, dikampus maupun belajar untuk meningkatkan softskill yang kita miliki dimanapun.

Dengan semakin berkembangnya zaman, teknologi informasi dibuat semakin canggih. Termasuk dalam bidang pendidikan, banyak sekali platform kursus dalam jaringan (daring) atau kursus online yang disediakan untuk orang-orang yang ingin nya meskipun harus dari rumah saja. Satu dari sekian banyak platform kursus online yang akan saya bahas disini adalah .

adalah platform khusus untuk pendidikan dan pembelajaran online yang diluncurkan pada tahun 2012 oleh dua professor ilmu computer Universitas Stanford. telah bekerja sama dengan berbagai universitas yang ada di dunia.

Ada banyak sekali jenis kursus yang disediakan hingga mencapai dua ribu lebih jenis kursus dari berbagai bidang diantaranya seperti kursus Bahasa dari berbagai negara juga kursus dan mata pelajaran yang dispesialisasikan untuk bidang yang dipilih sesuai karir masa depan.

Para pengajar yang disediakan oleh juga tidak asal-asalan melainkan pengajar-pengajar professional yang ahli dibidangnya masing-masing yang berasal dari berbagai universitas ternama dunia.

Sistem pembelajaran yang diterapkan oleh cukup mudah untuk dipahami, peserta akan belajar menggunakan media video, rekaman dari pengajar serta handbook yang disediakan juga oleh pengajar.

Tidak hanya itu saja, dalam setiap pelajaran di terdapat quiz atau latihan berupa soal yang bisa membuat kita mengulas kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya. Selain itu, bagi setiap peserta yang telah menyelesaikan pelajarannya akan mendapatkan yang bisa digunakan ketika dibutuhkan dan bisa di upload di LinkedIn.

Sertifikat dari cukup menjual bila mana nanti kita hendak mendaftar pekerjaan atau beasiswa sertifikat ini dapat menjadi nilai plus bagi diri kita.

Waktu belajar di juga terbilang fleksible, jadi bisa dikerjakan kapanpun ketika kita mempunyai waktu luang asalkan seluruh pembelajarannya selesai sebelum batas waktu yang ditentukan. Biasanya kursus di terdiri dari 4 sampai 7 weeks, dalam setiap weeks terdapat 3 sampai 5 vidio pembelajaran dan latihan soal.

Sejatinya kursus yang disediakan oleh tidak berbayar atau gratis, namun untuk mengerjakan quiz dan mendapat sertifikat kita harus membayar biaya sebesar yang telah ditentukan, dan biayanya cukup menguras kantong.

Namun kita tidak perlu khawatir, karena ada banyak kursus yang menyediakan financial aid atau bantuan biaya bagi mereka yang ingin belajar dan mendapatkan sertifikat di coursera dengan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

Dengan mengajukan financial aid kita bisa melakukan kursus selama beberapa minggu sesuai waktu yang telah ditentukan hingga mendapat sertifikat secara gratis.

Untuk mendaftar financial aid sendiri prosesnya cukup mudah, kita tinggal mencari course yang menyediakan financial aid kemudian mengisi data diri dan menulis essay tentang alasan kenapa mendaftar financial aid, setelah itu kita tinggal menunggu email dari pihak coursera selama kurang lebih 14 hari untuk informasi diterima atau tidaknya financial aid yang kita ajukan.

Jika financial aid diterima maka kita bisa langsung melakukan pembelajaran dan mengerjakan latihan soal.

Jadi teman-teman tidak ada alasan untuk tidak belajar, karena di zaman ini belajar dapat dilakukan dimanapun dengan berbagai media online.