Tips Agar Blog Mudah Muncul di Halaman Pertama Google


Tips Agar Blog Mudah Muncul di Halaman Pertama Google 1

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia digital kreatif, tentu kita sering mendengar tips untuk membuat artikel yang ramah SEO agar mudah dicari dan muncul di halaman pertama Google. Pernyataan tersebut tidak salah. Bahkan, sebagian besar pakar SEO bersepakat bahwa SEO merupakan paket komplit dalam menunjang performa suatu website. Hal ini karena SEO terdiri dari beberapa langkah taktis, seperti optimasi laman web, riset keyword, dan pemberian backlink.

Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa sebuah website cenderung akan sukar dioptimasi bila belum pernah diindeks dan dan visible di Google? Entah sudah ataupun belum, mari sejenak kita tinggalkan SEO dan fokus membahas search visibility.

Tips Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Search visibility atau yang sering disingkat SeV merupakan salah satu metode SEO standar yang dapat diaplikasikan pada sebuah website. Penggunaan sev lebih menitikberatkan pada usaha untuk memperbesar potensi website untuk muncul di halaman pertama Google.

Jangankan tembus page one, masuk halamannya saja belum tentu terjadi.
Maka dari itu, agar informasi yang Anda peroleh lebih detail, mari simak tips agar website atau blog dapat lebih cepat muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

 

Buat Konten Berkualitas Bagi Visitor

Sumber: canva.com

Barangkali, konten yang telah Anda unggah sudah ramah SEO. Akan tetapi, konten yang Anda ciptakan kurang memenuhi ekspektasi visitor. Setiap visitor di web atau blog tentu menginginkan informasi yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhannya.

Apabila konten yang Anda ciptakan tidak human-friendly, maka dalam waktu kurang lima detik saja, visitor akan kabur dari website Anda. Maka dari itu, penting sekali membangun konten yang berbobot dan easy reading agar visitor betah berkunjung ke website Anda.

Pastikan Website Anda Mobile-Friendly

Tips Agar Blog Mudah Muncul di Halaman Pertama Google 3

Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa mayoritas orang Indonesia lebih senang melakukan browsing melalui smartphone. Maka dari itu, sebagai pengelola website, Anda perlu membangun website yang berkualitas. Dalam hal ini, website perlu dioptimasi dan memiliki kecepatan akses yang mumpuni di setiap perangkat, utamanya pada smartphone.

 

Optimalkan Kata Kunci

Tips Agar Blog Mudah Muncul di Halaman Pertama Google 4

Saat ini, sudah tidak zamannya menimbun kata kunci pada sebuah artikel. Membuat kata kunci yang mengalir alami jauh lebih baik daripada memaksakannya masuk ke dalam kalimat-kalimat yang tidak cocok.

Hal ini akan memengaruhi kualitas artikel, sehingga menjadi tidak easy reading. Maka dari itu, membuat artikel yang mengalir jauh lebih tepat daripada memaksakan diri untuk memasukkan keyword. Meskipun demikian, Anda tetap harus memilih keyword yang ringkas dan paling mungkin dicari di mesin pencari.

 

Optimalkan Gambar

Tips Agar Blog Mudah Muncul di Halaman Pertama Google 5

Kapasitas gambar yang besar akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses ke blog. Pastikan Anda mengoptimalisasi gambar 70-80 persen dari size aslinya. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Photoshop atau yang lainnya untuk mengompres gambar. Usahakan untuk memakai gambar dengan format JPEG/JPG/PNG dan pakailah dimensi gambar yang sesuai.

Itu dia penjelasan singkat mengenai tips agar blog mudah muncul di halaman pertama Google. Semoga setelah menerapkan cara-cara di atas, website yang Anda kelola dapat semakin optimal dan terdepan di situs pencarian Google.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Dilla Hardina

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments