Tips Agar Pakaian Tidak Bau Saat Musim Hujan

Tips Agar Pakaian Tidak Bau Saat Musim Hujan 1

Salah satu masalah yang kerap datang saat musim hujan tiba adalah pakaian yang bau. Saat musim hujan tiba, sinar matahari menjadi minim yang dapat membuat pakaian yang basah tidak mudah kering dengan sempurna yang kemudian mengakibatkan aroma tidak sedap atau bau pada pakaian.

Pakaian yang bau akan membuat kita merasa tidak nyaman saat memakainya. Kepercayaan diri kita pun dapat terganggu oleh pakaian yang bau karena tidak kering dengan sempurna ini. Pakaian yang bau karena tidak kering dengan sempurna ini tidak dapat kita selesaikan hanya dengan menyemprotkan parfum pada pakaian tersebut karena aroma yang tercampur justru akan semakin menimbulkan bau tidak sedap yang bahkan dapat membuat orang lain yang menciumnya menjadi mual.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi pakaian agar cepat kering dan tidak menimbulkan bau tidak sedap? Nah, berikut merupakan tips yang dapat kamu lakukan pada pakaian-pakaian kamu saat musim hujan datang.

1. Pilah pakaian yang dicuci sesuai prioritas

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Prioritaskan pakaian yang kamu cuci untuk pakaian-pakaian penting, seperti seragam sekolah, seragam kerja, baju untuk ke kantor atau bekerja, dan pakaian dalam. Memilah dan memilih pakaian sesuai prioritas untuk dicuci ini bertujuan agar ketika menjemur pakaian tidak terlalu banyak memakan tempat, sehingga dapat membuat jarak antarpakaian yang kamu jemur tersebut.

Merenggangkan jarak jemuran antarpakaian dapat menjadi salah satu tips agar pakaian yang kamu cuci cepat kering saat musim hujan tiba. Selain itu, dengan adanya jarak antarpakaian yang kamu jemur, akan memberikan ruang untuk sirkulasi udara, sehingga tingkat kelembapan pakaian menjadi berkurang dan tidak akan menimbulkan bau tidak sedap pada pakaian kamu.

2. Rendam pakaian sebelum dicuci

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Merendam pakaian sebelum kamu mencucinya dapat menjadi salah satu alternatif cara mengatasi bau tidak sedap pada pakaian yang sulit untuk kering dengan sempurna saat musim hujan. Dengan merendam pakaian menggunakan detergen atau sabun cuci, kandungan pada detergen atau sabun cuci tersebut dapat meresap hingga serat kain yang dapat membuat pakaian menjadi lebih wangi dan lebih bersih.

Namun, perlu diperhatikan agar jangan merendam pakaian kamu terlalu lama. Cukup rendam pakaian kamu selama 15 hingga 30 menit. Merendam pakaian yang terlalu lama dengan menggunakan detergen atau sabun cuci justru dapat membuat serat kain menjadi cepat rusak.

3. Keringkan dengan mesin pengering

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Apabila kamu memiliki mesin cuci yang juga memiliki mesin pengering, kamu dapat memanfaatkannya untuk membantu pakaian kamu cepat kering meski saat musim hujan. Saat pakaian kamu sudah kamu keringkan dengan mesin pengering ini, kamu hanya perlu mengangin-anginkan pakaian kamu tanpa harus menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Kamu cukup menggantungnya di tempat yang memiliki sirkulasi udara atau angin yang baik dan tidak lembap. Sangat membantu, bukan?

4. Gunakan pewangi pakaian saat mencuci

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Agar pakaian kamu tidak mudah bau saat tidak kering dengan sekali jemur, kamu dapat menambahkan pewangi pakaian pada bilasan terakhir saat kamu mencuci. Pewangi pakaian diformulasikan untuk membantu menjaga kesegaran pakaian. Hal tersebut akan sangat membantu agar pakaian kamu tidak mudah bau apek saat pakaian kamu tidak dapat kering dengan sekali jemur ketika musim hujan datang. Selain itu, beberapa pewangi pakaian juga memiliki formula untuk melembutkan pakaian, sehingga pakaian kamu akan menjadi lebih lembut dan nyaman saat digunakan.

Musim hujan memang dapat membuat pakaian yang kita cuci membutuhkan waktu yang lebih lama agar kering sempurna. Pakaian yang tidak kering dalam sekali jemur pun akan menimbulkan aroma yang tidak sedap dan menjadi tidak nyaman saat dipakai. Namun demikian, ada banyak cara untuk membuat pakaian kamu tetap segar dan nyaman untuk dipakai meski saat musim hujan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh