Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba


Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba 1

Buat anda dan pasangan yang akan menikah, tentunya akan ada banyak sekali persiapan yang wajib anda perhatikan dengan baik-baik bukan? Salah satunya adalah persiapan akad nikah. Seperti yang telah kita ketahui apabila momen ini terkadang membuat seseorang harus memutar otak agar waktu akad nikah tidak gugup. 

 

Apa itu akad nikah? 

Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba 3

Akad nikah ini merupakan salah satu rangkaian yang paling penting di dalam pernikahan. Dimana orang tua atau wali dari mempelai akan menikahkan putrinya kepada para calon mempelai pria. Dan disinilah calon suami juga akan mengucapkan janji kepada orang tua atau wali dari calon istri tersebut. 

Kendati kedengarannya mudah, tetapi ternyata melakukan akad nikah tidak semudah apa yang ada di bayangan kita. Khususnya bagi calon suami. Anda pastinya juga akan mengalami grogi sewaktu akan mengucapkan ijab Kabul tersebut. 

 

Tips melakukan akad nikah agar tidak gugup

Bagi anda yang tidak ingin grogi dan gugup saat akad nikah, anda memang wajib untuk mengetahui beberapa tips dibawah ini dan wajib untuk anda terapkan. Langsung saja simak ulasan di bawah ini. 

 

1. Pastikan anda hafal kalimat ijab diluar kepala

Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba 4

Jika anda ingin menghindari grogi atau takut salah ucap saat melakukan ijab Kabul maka anda bisa memastikan apabila anda sudah hafal kalimat ijab Kabul tersebut. Inilah pentingnya untuk melatih lidah anda agar terbiasa dengan kalimat ijab tersebut. 

Anda juga bisa menghafalkan kalimat tersebut hingga di luar kepala, Dengan begini maka akan membantu anda mengurangi risiko salah ucap kalimat  saat melakukan ijab. Cobalah untuk berlatih di rumah dengan rajin. 

 

2. Cobalah Praktik ijab Kabul di rumah

Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba 5

Adapun tips lainnya yang akan membantu anda adalah dengan melakukan praktik ijab Kabul. Tak Ada salahnya, anda mengajak orang tua anda untuk melakukan praktik ijab Kabul ini. Dengan cara ini maka anda akan terbiasa melakukannya dan saat akad dijamin anda akan lancar dalam mengucapkannya. 

 

3. Cobalah menghindari memikirkan segala mitos mengenai akad

Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba 6

Tak bisa dipungkiri apabila berbagai macam hal pasti akan menyelimuti anda yang akan melakukan pernikahan bukan. Termasuk mengenai mitos tentang akad nikah. Ya, keberadaan mitos memang selalu hadir di masyarakat. Nah. Agar saat akad anda bisa lancar, maka usahakan anda tidak memikirkan berbagai macam mitos mengenai akad nikah. 

 

4. Cobalah menanamkan pikiran positif dimana anda hanya akan membaca satu kalimat 

Tips Akad Nikah Agar Gak Gugup, Wajib Dicoba 7

Untuk memberikan semangat kepada anda agar bisa lancar dalam melakukan ijab nanti, maka anda bisa selalu menanamkan pikiran positif. Berpikirlah apabila mengucapkan satu kalimat tersebut mudah. 

 

Demikian beberapa tips dalam melakukan akad nikah agar bisa terhindar dari rasa gugup. Selain itu, saat akan melakukan ijab qabul, maka pastikan anda menarik napas terlebih dahulu untuk membuat pikiran anda semakin relaks. 


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Astrid Erda

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments