Tips atau Cara Membangun Relasi dengan Orang Introvert

Tips atau Cara Membangun Relasi dengan Orang Introvert 1

Dalam meraih kesuksesan untuk mencapai tujuan karir, setiap manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain agar mereka dapat berkontribusi membantu untuk mencapai karir Anda lebih cepat.

Melakukannya hanya seorang diri saja akan sulit karena anda butuh motivasi, nasihat, dan campur tangan orang lain. Orang yang pandai membangun relasi meski nilai akademisnya buruk akan lebih mudah sukses dibanding orang yang nilai akademisnya bagus tapi relasinya lemah.

Bagi orang introvert, menjalin dan membangun relasi dengan orang lain terutama dengan orang-orang yang baru ditemuinya bukanlah hal yang mudah. Berkomunikasi serta berkenalan dengan orang lain yang tidak dikenal membuat mereka bingung harus mengawali dan membuka topik pembicaraan.

Berbeda dengan orang ekstrovert, orang introvert cenderung tidak ingin melakukan basa-basi saat berbicara, hal inilah yang membuat mereka dicap sebagai orang yang kurang bersosialisasi dan kemampuannya sering diragukan saat hendak membangun relasi dengan orang lain.

Bagi sebagian orang yang berkepribadian introvert mungkin sudah menemukan cara membangun dan menjalin relasi dengan orang lain, namun bagi sebagian orang lainnya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan mengingat rata-rata orang introvert kurang memiliki keberanian dan pemalu.

Dibutuhkan cara dan strategi yang baik dan benar agar mereka tidak mudah kelelahan secara fisik dan mental. Berikut tips yang dapat dilakukan saat ingin membangun relasi dengan orang lain:

1. Memulai dengan membangun relasi di media sosial

Tidak hanya memberikan komentar dan membalas komentar orang lain saja, tetapi Anda bisa bergabung ke grup obrolan yang memiliki banyak anggota dan mereka juga memiliki minat dan hobi yang sama dengan Anda.

Libatkan diri Anda untuk sering mengirim chat di grup tersebut mengenai minat kalian satu sama lain. Tentunya, grup chat ini tidak berisikan dari teman-teman terdekat Anda.

Ketika Anda senang berkomunikasi dengan banyak anggota yang memiliki minat dan hobi yang sama maka hal itu akan mempermudah Anda untuk membangun relasi dengan orang-orang tersebut serta Anda dapat memiliki lebih banyak ruang untuk berkomunikasi.

Tidak apa-apa anda belajar berkomunikasi disitu meski mungkin anda diketawai saat salah. Karena salah saat belajar lebih baik daripada salah saat beraktivitas sendiri

2. Mengikuti kegiatan sosial

Membangun koneksi ketika melakukan kegiatan sosial hidup ini berarti untuk bisa membantu orang lain. Dengan melakukan aktivitas dapat melakukan koneksi untuk bisa tampil di depan banyak orang .

Kegiatan sosial akan membantu si introvert untuk menyalurkan bakat ini dan membuat mereka merasa lebih berdaya dengan bermanfaat bagi orang lain.

Jika introvert tidak nyaman untuk tampill di depan banyak orang bisa bekerja di luar layar tetapi melakukan interaksi untuk bisa belajar.

3. Berani memulai percakapan

Ketika disamping Anda orang di sebelahnya berani untuk memulai percakapan , daripada duduk diam dan akhirnya kebosanan orang yang disebelah anda sama introvert .

Bisa mengambil resiko walaupun tidak mengenalnya. Ketika sudah merespon satu sama lain tidak salahnya untuk mencoba karena sayang untuk melewatkannya.

4. Sering-sering lah mengajukan pertanyaan untuk memancing dia berbicara

Sering-seringlah bertanya karena hal itu bisa memancing dia bicara lebih banyak lagi. Lambat laun, komunikasi kalian pun bisa berjalan dengan lancar jika dia merasa nyaman denganmu.

5. Mendengarkan dia berbicara

Agar seorang introvert merasa nyaman adalah dengan menyimak sepenuhnya saat dia  sedang berbicara. Membagi perhatianmu dengan hal lain seperti gadget atau TV saat dia berusaha berbagi cerita, hanya akan membuat dia kesal dan malas berkomunikasi lagi.

6. Jangan Meledek caranya berbicara

Hal ini akan membuat dia merasa tidak nyaman dan malu untuk berbicara dengan kita, pahamilah dan minta dia mengulanginya kembali jika memang kamu kesulitan mencerna apa yang dia katakan.

REFERENSI

Aisyah, N. (2019). haboongan.com. Diambil dari Cara Membangun Koneksi ala Introvert, Ada Seninya!: https://www.haboongan.com/cara-membangun-koneksi-ala-introvert-ada-seninya

Damayanti, D. (2020). idntimes.com. Diambil dari 5 Cara Berkomunikasi sama Pasangan yang Introvert, Anti Miskomunikasi!: https://www.idntimes.com/life/relationship/daysdesy/cara-berkomunikasi-sama-pasangan-yang-introvert-c1c2/5

Samiadi, L. A. (2020). hellosehat.com. Diambil dari 10 Langkah Menjalin Koneksi Jika Anda Seorang Introvert: https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/cara-cara-menjalin-koneksi-jika-anda-seorang-introvert/

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ovit Jeremy