Tips belanja online anti gagal dengan harga miring

Tips belanja online anti gagal dengan harga miring 1

Zaman sekarang ini banyak sekali Orang-orang yang menjual barang secara online dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran. Banyak sekali diskon dan promo yang diberikan untuk menarik pembeli. Namun dibalik diskon promo yang memberikan harga yang sangat murah sering kali justru barang yang mereka jual jauh dari ekspektasi dan gambaran yang mereka katakan, atau tak jarang justru barang tak pernah di kirimkan.

Sebagai pembeli makan kita haruslah menjadi pembeli yang pintar, jangan sampai kita terbodohi oleh penipu-penipu yang marak sekali berjualan melalui media sosial atau melalui aplikasi belanja online. Untuk mengantisipasi agar belanja online dapat sesuai dengan harapan, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan yaitu diantaranya:

1.Harga

Hal yang pertama dan juga salah satu alasan utama orang-orang belanja online yaitu untuk mendapatkan harga yang murah. Saat belanja online pasti kita akan menemukan banyak sekali promosi-promosi yang dibuat oleh penjual, tapi jangan sampai kita tertipu oleh promo tersebut. Untuk menemukan harga miring tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu harga yang ada di pasaran, jika belanja online melalui aplikasi maka kita bisa menggunakan fitur urutan berdasarkan harga, kita bisa memilih urutan dari yang termurah hingga termahal, tetapi jangan sampai kita melupakan lokasi dari toko yang akan kita beli, karena walaupun harga lebih murah jika tokonya berada di luar pulau yang berbeda tentu akan memakan ongkos kirim yang sangat mahal. Maka selain melihat harga dari produk yang akan dibeli, haruslah melihat lokasi dari toko yang akan kita pilih agar mendapatkan harga termurah. Dan jika memiliki voucher diskon atau gratis ongkir, jangan lupa digunakan agar mendapatkan harga lebih murah lagi.

2. Berbelanja melalui sistem yang terjamin

Banyak toko-toko online yang menjual barang melalui instagram, Facebook ataupun tiktok. Tak salah jika kita memilih untuk berbelanja di media sosial namun resiko yang diberikan sangalah besar karena tidak ada jaminan bahwa barang akan diterima atau jika barang tak sesuai makan uang akan kembali. Marak sekali penipuan yang terjadi saat berbelanja melalui medis sosial, dimulai dari barang yang dikirimkan tidak sesuai pesanan, barang palsu bahkan ada yang barang tak pernah dikirim dan penjual menghilang.

Jika kalian tidak ingin mengambil resiko maka lebih baik belanja melalui aplikasi belanja online yang sudah terjamin. Sekarang hampir semua toko-toko yang menjual barang melalui akun media sosial itu pasti menjualnya melalui aplikasi belanja online karena bukan hanya penjual yang dapat menjadi penipuan, melainkan pembeli pun banyak yang menipu, maka karena itu mereka mendaftarkan toko mereka di aplikasi belanja online.

3.Perhatikan review barang

Jika kita berbelanja melalui aplikasi belanja online tentu sudah tidak asing dengan namanya penilaian pembeli. Ini sangat penting untuk kita yang ingin membeli produk melalui aplikasi belanja online karena dengan adanya penilaian pembeli maka kita bisa mengetahui apakah produk yang akan dibeli itu baik atau tidak.

Pastikan kalian melihat terlebih dahulu penilaian yang diberikan harus diatas bintang 4,3 lalu lihat komentar-komentar pembeli apakah positif atau negatif karena tak jarang ada orang yang jahil sehingga memberikan komentar produk positif tetapi bintangnya kecil atau sebaliknya dan tak jarang ada orang yang memberikan bintang kecil karena kesalahan ekspedisi jadi bukan hanya bintangnya saja yang harus diperhatikan tetapi komentar nya juga. Dan yang terakhir perhatikan foto atau video yang dikirimkan oleh pembeli agar dapat mengetahui bagaimana produk yang nantinya akan dibeli.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat ^.^

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.