Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 1

Anak kos identik dengan dompet yang kering di akhir bulan. Kiriman uang belum datang namun uang di dompet sudah tak bersisa. Kebiasaan yang seringkali dilakukan anak kos yakni menghabiskan uang di awal bulan untuk foya-foya dan mulai merasa bingung di akhir bulan karena tidak ada simpanan uang. Lantas bagaimana cara anak kos bisa tetap hemat dan bertahan hidup di tanggal tua? Yuk! Simak tips and trick menarik yang satu ini.

1. Buat Daftar Anggaran Selama Sebulan

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 3

Saat baru mendapatkan uang bulanan, ada baiknya kamu langsung mencatat berbagai keperluan yang dibutuhkan selama satu bulan, mulai dari uang makan, transportasi, kebutuhan sehari-hari hingga dana seperti fotokopi ataupun print. Hal ini dimaksudkan agar pengeluaranmu dapat dimonitor dan tidak ada uang yang keluar dengan sia-sia.

2. Belanja Setiap Satu Bulan Sekali

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 4

Ada baiknya kamu berbelanja satu bulan sekali. Sehingga uang untuk keperluan sehari-hari dapat tertata sebagaimana mestinya. Apabila kamu membeli barang saat barang tersebut habis saja, seringkali tanpa sadar ada pembelanjaan tambahan yang tidak dibutuhkan. Sebaliknya, membeli kebutuhan secara sekaligus dalam satu waktu akan membuat kita lebih fokus pada barang-barang yang diperlukan. Selain itu, karena secara kuantitas dan nominal harga barang yang dibeli sudah besar, kecenderungan untuk membeli barang-barang tambahan jadi berkurang. Jika stok kebutuhan terpenuhi dan kamu tak perlu mampir ke minimarket terdekat, godaan membeli barang secara impulsif pun bisa dihindari.

3. Memasak dan Membawa Bekal Sendiri

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 5

Tidak bisa dipungkiri, memasak sendiri jauh lebih menghemat uang dibandingkan membeli makan di luar. Kamu bisa mengkreasikan aneka makanan dan juga menambah skill memasakmu. Selain memasak sendiri, kamu juga bisa membawa bekal hasil memasakmu. Sehingga kamu tidak perlu membeli makan saat sedang di luar. Jangan lupa untuk membawa minum sendiri ya! Hindari membeli minuman kemasan karena jika dihitung, air kemasan dalam botol jauh lebih mahal dibandingkan air minum botol dari isi ulang galon di kosan.

4. Manfaatkan Wifi Gratis di Tempat Umum

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 6

Apabila kosanmu tidak menyediakan wifi gratis, maka yang harus kamu lakukan adalah berburu wifi gratis di tempat umum. Contohnya perpustakaan kampus atau perpustakaan daerah. Kamu bisa berlama-lama menggunakan wifi tersebut untuk mengerjakan tugas ataupun pekerjaanmu.

5. Selalu Kumpulkan Uang Receh

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 7

Jangan anggap remeh uang receh. Bahkan uang receh Rp100 pun jika dikumpulkan bisa mencapai ratusan ribu. Lumayan, bukan? Mengumpulkan uang receh bukan sekadar sebagai dana simpanan kala kepepet, melainkan sebagai salah satu cara untuk membangun kebiasaan menabung, sekalipun mulai dari nominal yang kecil. Kamu bisa menggunakan celengan ataupun dompet khusus koin untuk mengumpulkan uang receh.

6. Mencuci Pakaian Sendiri

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 8

Menggunakan jasa laundry bisa cukup menguras dompetmu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai mencuci pakaianmu sendiri untuk menghemat uang.

7. Selalu Sediakan Uang Pas di Dompet

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 9

Jika kamu mempunyai uang Rp100.000 di dompet, kamu pasti akan mencari makanan atau membeli bahan makanan seharga nominal uang yang ada di dompetmu. Bayangkan jika di dompetmu hanya ada Rp20.000, tentunya kamu akan mencari cara bagaimana mendapatkan makanan dengan nominal tersebut. Dengan begitu kamu sudah menurunkan nominal uang yang akan digunakan dalam sehari. Cara ini bisa membantumu batasi pengeluaran secara efektif.

8. Mencari Penghasilan Sampingan

Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua 10

Mencari uang sampingan bisa dengan bekerja sebagai pelayan atau barista kedai kopi. Atau jika kamu memiliki kemampuan menulis, maka kamu bisa mencoba menulis artikel berbayar. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjadi seorang freelancer desain grafis, IT, dan data entry. Semua pekerjaan itu tentunya menghasilkan uang yang cukup untuk menambah uang bulananmu.

Tips di atas bisa kamu terapkan untuk bertahan hidup di tanggal tua. Perlu diingat, kunci dari semua cara tersebut adalah berhemat. Tak perlu menjadi anak kosan untuk bisa melakukan langkah-langkah di atas. Kamu bisa melakukan langkah tersebut untuk belajar menabung agar kamu mampu mengatur kebutuhan finansialmu di masa depan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.