Tips jitu untuk melancarkan ASI, bisa sampai satu liter per hari!

Tips jitu untuk melancarkan ASI, bisa sampai satu liter per hari! 1

Apakah bunda merasa sedih karena tidak bisa memberikan ASI yang cukup untuk si buah hati? Bunda pasti merasa iri dengan ibu lain yang jumlah ASInya sangat banyak bahkan sampai memenuhi seisi kulkas. Tak heran banyak ibu yang merasa kecil hati bila dirinya tidak dapat memproduksi banyak ASI, bahkan sampai menyalahkan diri sendiri. Jadi jangan stres ya bunda! Yuk simak baik-baik tips berikut ini.

1. Supply and demand sebagai kunci utama

Ini yang paling penting ya bunda. Jadikan sebagai prioritas utama bunda agar produksi ASI menjadi semakin lancar. Supply dan Demand yang dimaksud adalah keseimbangan antara pengeluaran dan produksi. Sederhananya, bunda harus memastikan isi payudara selalu kosong dengan cara menyusui setiap 2 atau 3 jam. Tujuannya agar otak menganggap kebutuhan ASI sangat tinggi sehingga memicu produksi hormon Prolaktin yang dapat merangsang produksi ASI. Jadi pastikan isi payudara selalu kosong ya bunda, jangan sampai merembes apalagi sampai payudara membengkak, pokoknya jangan.

Namun bagaimana bila si kecil sedang tertidur sedangkan sudah saatnya untuk menyusui? tenang, bunda dapat menggunakan pompa ASI yang dapat dibeli di market. Kemudian ASI yang sudah diperah dapat bunda simpan dikulkas.

2. Selalu berpikir positif dan hindari stres

Selalu tanamkan dalam pikiran kalau bunda pasti bisa memberikan ASI yang cukup bagi si buah hati. Jangan pedulikan perkataan orang terdekat yang membuat bunda merasa rendah diri. Buatlah diri bunda senyaman mungkin demi si buah hati. Intinya bunda harus semangat dan pantang menyerah!

Sebenarnya poin 1 dan 2 sudah cukup untuk membuat ASI menjadi sangat lancar, bahkan sampai satu liter per hari. Perlu diketahui bahwa makanan dan minuman yang bunda konsumsi hanya berpengaruh pada kualitas ASI, bukan kuantitasnya. Sering kita mendengar klaim suatu produk yang dapat meningkatkan produksi ASI. Namun hanya memiliki sedikit pengaruh terhadap jumlah produksi ASI.

Jadi, untuk meningkatkan kualitas ASI akan dibahas pada poin 3 dan seterusnya ya bunda.

Tips untuk melancarkan produksi ASI
Tips untuk melancarkan produksi ASI

3. Konsumsi suplemen untuk Ibu Menyusui

Saat ini sudah banyak produk yang beredar yang berguna untuk meningkatkan kualitas ASI, mulai dari sari daun katuk, teh herbal, susu khusus ibu menyusui, dan sebagainya. Oleh karena itu, bunda harus cermat dalam memilih produk tersebut. Usahakan dilihat terlebih dahulu komposisi dan izin BPOM-nya. 

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup seperti serat, karbohidrat kompleks, protein, dan vitamin. Bunda juga harus memenuhi kebutuhan cairan tiap harinya. Selalu sediakan air putih didekat bunda saat sedang beraktivitas. Minumlah sebelum merasa haus agar terhindar dari dehidrasi ringan.

5. Pergi ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan pelancar ASI

Jika semua usaha yang telah bunda lakukan belum juga berhasil, maka bunda harus curiga. Mungkin terdapat masalah kesehatan yang mendasari seperti kelainan hormonal atau penyakit tertentu. Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan khusus untuk melancarkan ASI yang dapat bunda minum sesuai dosis tertentu.

Berikut tips-tips yang dapat bunda lakukan untuk melancarkan ASI. Kemudian bunda juga dapat berkunjung ke klinik laktasi. Disana bunda akan mendapatkan info mengenai teknik cara menyusui, cara memijat payudara, dan cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Roy Darminto