Tips Liburan Hemat Ala Backpacker

Tips Liburan Hemat Ala Backpacker

adalah sebutan bagi orang-orang yang bepergian ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan seperti koper.

Lambat laun, istilah merujuk pada orang-orang yang bepergian/ dengan dana seminim mungkin. 

Tapi, ternyata travelling dengan dana yang minim tidak sinonim dengan keadaan yang kurang nyaman.

Untuk tetap bisa travelling dengan nyaman dan mengeluarkan dana seminim mungkin, berikut - yang perlu kamu ketahui:

Sumbar gambar: pixabay.com
Sumbar gambar: pixabay.com

1. Bergabung ke Grup Komunitas Traveller

pertama untuk memudahkan kamu merancan sebuah perjalanan yang menyenangkan dengan budget pas-pasan adalah bergabung dengan grup komunitas traveller online.

Beberapa grup traveller sangat mudah ditemukan di sosial media seperti facebook, ataupun forum legend, kaskus. 

Baca juga  8 Tips yang Perlu Diingat untuk Menghindari Sakit Saat Kamu Bepergian

Bergabung dengan grup komunitas traveller akan memberikan kamu referensi yang jauh lebih luas, sekelumit travelling yang tidak diketahui orang umum, bahkan jika beruntung kamu dapat bertemu teman-teman baru.

2. Tentukan Itinerary

Travelling ala berfokus pada satu kata, budgeting. Jika kamu hendak menjelajah dengan metode ini, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema liburanmu. 

Setelah itu, pastikan untuk selalu meriset daerah yang akan kamu kunjungi, dan membaca pengalaman-pengalaman traveller sebelumnya dari blog-blog maupun sumber lainnya. 

Menentukan itinerary akan memberikan kamu ketenangan dalam berlibur sebab kamu sudah tahu kisaran pengeluaran liburanmu. 

Baca juga  10 Kota Teraman di Dunia

3. Selalu mencari Alternatif

Setelah menentukan itinerary liburanmu, kamu harus siap dengan segala alternatif selama , seperti penyewaan kendaraan, akomodasi penginapan, alternatif rute, dan sebagainya. 

Mencari satu atau dua alternatif dari rencana kamu dapat mengurangi kecemasan selama travelling. Kamu juga bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat dan pasti. 

Selain itu, mempersiapkan alternatif untuk setiap rencana dapat membantu kamu dalam menghemat biaya perjalanan, tentunya. 

4. Sharing Cost

terakhir adalah sharing cost. sharing cost berarti kamu membagi total dari pengeluaran selama .

Tentu pengeluaran yang dimaksud adalah pengeluaran bersama, diluar pengeluaran pribadi seperti makan, tiket masuk perorangan, oleh-oleh, dan sebagainya. 

Baca juga  Ingin Berlibur ke Hawaii ? Pastikan Kamu Sudah Tahu Arti 5 Kata Ini ya !

Sharing cost dapat kamu lakukan untuk berbagai hal selama seperti biaya akomodasi, penyewaan kendaraan, bensin kendaraan, guide, dan lainnya. 

Selain lebih murah, sharing cost juga membuat liburanmu lebih menyenangkan untuk kamu yang terbiasa dengan teman selama perjalanan.

Jika berencana pergi berlibur seorang diri, kamu bisa mencari teman untuk sharing cost di grup-grup travelling seperti pada poin pertama. 

Itulah tadi beberapa ala yang bisa kamu coba.

yang tidaklah sulit, yang penting kamu bersedia menyediakan waktu ekstra untuk melakukan riset-riset penting sebelum berlibur. 

Jadi, hari libur nasional rencana kemana?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nawa