Tips Liburan Murah Ala Backpacker di Labuan Bajo


Tips Liburan Murah Ala Backpacker di Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu daerah prioritas wisata di Indonesia. sejak tahun 2019, pembangunan terkait fasilitas pariwisata mengalami sangat banyak perubahan hingga menjadi salah satu kawasan wisata terdepan di Indonesia, yang menyajikan view laut maupun gunung serta wisata budaya yang begitu melimpah.

sayangnya, daerah pariwisata yang akrab dengan cost living tinggi juga terjadi di daerah ini.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat hendak berkunjung sekalian menghemat budget selama travelling ala backpacker. 

1. Buat Itinerary 

Itinerary yang berisi tempat-tempat yang akan dikunjungi, perkiraan budget, dan jadwal travelling sangat membantu kamu dalam merencanakan liburan dan tentu saja menghemat pengeluaran.

Penulisan itinerary disertai riset mendalam sangat penting sehingga kamu sudah memiliki perkiraan budget yang harus kamu keluarkan.

tentu saja, kamu harus bersiap untuk pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga selama travelling, ya. 

2. Rajin Cek Situs dan Aplikasi Booking Tiket dan Penginapan

Usahakan untuk booking penginapan jauh sebelum jadwal travellingmu, atau menghindari booking penginapan pada musim-musim puncak seperti hari raya, ataupun libur nasional.

terkadang, tiap aplikasi maupun situs menawarkan harga yang berbeda.

oleh sebab itu, untuk mendapatkan harga termurah, sebaiknya mendownload beberapa aplikasi dan melakukan perbandingan harga sebelum memesan.  

3. Pilih Penginapan di Luar Pusat Wisata

Daerah wisata di Labuan Bajo terletak di sekitar pelabuhan, kampung ujung, sampai daerah goron talo.

jika kamu ingin berhemat, maka menyewa penginapan yang letaknya di sekitar sernaru, tau daerah golo koe dapat menjadi solusi.

Selain jauh dari keramaian sehingga kamu bisa istirahat dengan nyamans etelah seharian eksplorasi daerah wisata, disini harga penginapan juga jauh lebih murah.

Selain itu, kamu bisa mencoba alternatif kos mingguan yang tentu lebih affordable. 

4. Sewa Kendaraan Roda Dua

Bahkan di keseharian kita, transportasi dapat menjadi pos yang dengan pengeluaran yang cukup besar.

tak terkecuali saat mengunjungi Labuan Bajo.

di sini, meskipun daerah wisata yang terbangun seperti pelabuhan, kampung ujung, water front letaknya berdekatan, namun beberapa wisata seperti pantai, perbukitan, dan wisata budaya lainnya terletak cukup berjauhan, dan tidak mungkin ditempuh dengan berjalan kaki. 

Selain itu, jasa ojek juga cukup mahal di daerah ini.

oleh sebab itu, menyewa kendaraan dengan tarif rata-rata 75.000/hari dapat menjadi solusi yang sangat menghemat pengeluaran kamu di bidang transportasi. 

5. Let’s Get lost

Riset sebelum berangkat menjadi kunci utama untuk berhemat selama trip kamu. Jika sudah benar-benar yakin, maka menjalani trip tanpa tour guide menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk menghemat budget.

Bahkan saat berkunjung ke Wae Rebo kemarin tanpa tour guide, saya bisa menghemat 2/3 total cost, dibandingkan jika bepergian menggunakan jasa tour.

Hanya saja, pastikan diri dan kendaraan benar-benar dalam kondisi prima. 

Itulah tadi sekelumit tips untuk kamu yang ingin berlibur ala backpacker dengan budget yang minim. Liburan tidak mesti mahal, loh!