Tips Memasarkan Produk Secara Online untuk Generasi Millenial

Tips Memasarkan Produk Secara Online untuk Generasi Millenial 1

Era digital seperti sekarang ini membuat sebagian besar para pengusaha offline berlomba lomba mengupgrade cara jualannya. Mereka tidak lagi mengandalkan cara jualan lama yang hanya diam menunggu pembeli datang ke toko.

Pemasaran produk via online menjadi andalan utama bagi para pengusaha dan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Bagi mereka yang mau belajar cara memasarkan produk secara online, tentu usahanya akan bisa berkembang lebih baik, karena produknya bisa menjangkau semua lapisan masyarakat dimanapun berada. 

Menurut kangmasian, ada 4 tips cara memasarkan produk secara online yang saat ini banyak digunakan oleh para pebisnis di tanah air, berikut rinciannya.

Buat Website sebagai pondasi dasar branding

Website bukan lagi hanya untuk perusahaan kelas besar, usaha dalam bentuk apapun saat ini membutuhkan yang namanya website/situs/blog/homepage atau landing page (halaman penjualan).

Fungsi dari website ini sebagai media resmi tempat kamu menjelaskan dan menjual semua produk ke masyarakat umum.

Jadi mereka yang mau membeli produk tidak harus datang ke toko, cukup kirimkan alamat website atau landing page, semua informasi terkait produk, cara pembelian dan cara pembayaran ada disana.

 

Buat lapak di Marketplace

Tidak semua orang mau membeli barang atau produk melalui website resmi sebuah usaha, hal ini dikarenakan ada oknum-oknum nakal yang manyalahgunakan media online untuk melakukan penipuan.

Solusinya adalah dengan membuat lapak-lapak atau toko online di marketplace. Marketplace dipilih karena sistem pembayaran yang digunakan menggunakan sistem Rekening Bersama (Rekber), jadi lebih aman dan terpercaya.

Beberapa contoh marketplace di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli.

 

Iklankan produk menggunakan Facebook Ads

Cara memasarkan produk selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan platform media sosial facebook. Facebook tidak hanya berguna sebagai media interaksi tetapi bisa juga digunakan sebagai media promosi yang powerfull.

Ada fitur facebook bernama facebook ads, dengan fitur ini kamu bisa mempromosikan barang dan jasa secara tertarget sesuai dengan wilayah, usia, jenis kelamin, hobi dan ketertarikan terhadap sesuatu.

 

Iklankan produk menggunakan Google Ads

Cara promosi yang terakhir yaitu menggunakan layanan milik google yang bernama Google Ads. Google Ads ini jangkauannya lebih luas dari pada Facebook Ads.

Iklan di facebook ads akan tampil di platform milik facebook seperti di beranda facebook, messenger dan instagram. 

Sedangkan jika promosi menggunakan Google Ads iklan bisa tampil di semua platform milik google yang sudah ditentukan seperti :

  • Iklan bisa tampil di Blog yang sudah bekerjasama dengan google adsense
  • Iklan bisa tampil di video youtube
  • Iklan bisa tampil di aplikasi yang terinstal di HP
  • Iklan bisa tampil di penelusuran Google

Buat kamu yang masih pemula, coba dulu salah satu cara promosi online di atas. Setiap jenis usaha tentu punya cara promosi yang berbeda-beda. Bisa jadi cara yang cocok untuk usaha orang lain belum tentu cocok untuk usaha yang kamu jalani saat ini.

Demikian informasi seputar tips memasarkan produk secara online, semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.