Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Usai , harus menjalankan aktivitas kembali walaupun masih dalam masa .

Suasana hari yang sangat menyenangkan begitu berharga setelah melakukan puasa yang panjang yakni sebulan penuh kemudian pada hari diperbolehkan makan, dan bersilaturahmi serta bercengkrama dengan saudara.

Nah, akibat libur panjang dan ini kerap kali dapat menimbulkan serta berpotensi tinggi pada tingkat .

Terutama pada awal-awal pertemuan pembelajaran, banyak yang merasa tidak memulai dan memiliki keinginan agar pembelajaran cepat diakhiri karena karena merasa jenuh serta kurang tertarik sehingga lebih memilih rebahan dan scroll social media.

Membangkitkan Setelah

Dengan mempersiapkan mental dan fisik yang baik maka, dapat membangkitkan kembali yang nantinya berefek pada hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Tanamkan niat kuat untuk

Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Perlunya menanamkan niat kuat pada diri sendiri merupakan salah satu wujud sugesti diri untuk membentuk motivasi yang memberikan energi positif dalam diri atau disebut self hypnosis.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempraktekkan self hypnosis ini seperti halnya berdiri di depan cermin dengan menatap mata kita sendiri dan memberikan afirmasi positif pada diri kita, selain itu membaca

Baca juga  Lakukan Hal Berikut Saat Kamu Mulai Bosan Belajar
quotes atau kata-kata mutiara yang dapat membangkitkan serta menonton video tentang kiat sukses dari youtube, tiktok, dsb.

2. Buat Jadwal ( Calendar Blocking)

Dengan mengetahui target yang kita inginkan, maka secara otomatis kita perlu melakukan persiapan.

Dengan membuat jadwal kita lebih terstruktur dalam segala aktivitas sehari-hari yang tentu menambah .

Adapun dalam penjadwalan berisi agenda harian, mingguan, serta deadline berbagai tugas yang harus segera diselesaikan.

Selain itu, masukkan juga jadwal istirahat seperti halnya me time dengan menonton drama korea, membaca novel, kumpul bersama keluarga, dll.

Dengan begitu, kita akan lebih fokus dalam setiap aktivitas serta tahu hal apa yang perlu kita selesaikan segera.

3. Pilih tempat yang nyaman

Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Suasana tempat belajar juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan belajar .

Terutama di masa ini dimana proses pembelajaran dilaksanakan di rumah melalui media online.

Maka dari itu, kita perlu memilih tempat belajar yang nyaman untuk tetap bisa tegak, fokus sehingga tidak menyebabkan ngantuk selain itu, terkait kebersihan, kerapihan tempat, serta dekatnya jaringan internet di sekitar area belajar juga perlu diperhatikan guna menciptakan nuansa nyaman pada .

Baca juga  Dampak Masalah Proses Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi COVID-19

4. Pilih metode belajar yang sesuai

Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Setiap individu memiliki pendekatan atau metode yang berbeda dalam menyerap dan menangkap pemahaman dalam belajar baik melalui visual, auditori, atau kinestetik.

Untuk itu, perlu sekali mengenali metode belajar yang sesuai untuk kita sendiri. Misalnya metode visual lebih banyak menggunakan gambar ataupun menulis rangkuman dengan warna-warna supaya lebih menarik untuk dibaca.

Kemudian, untuk metode belajar audio dengan mendengar penjelasan dari orang lain atau mendengar rekaman.

Sedangkan, metode kinestetik akan lebih mudah belajar dengan bantuan gerak tubuh,ketrampilan, maupun penggunaan komputer.

5. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Dalam memulai pembelajaran maka persiapan perlengkapan sangat penting.

Dimana, ketika semua perlengkapan tersedia maka mood dalam diri akan lebih baik serta lebih siap dalam mengikuti pembelajaran misalnya lebih mencatat materi yang disampaikan , merangkum materi, dll.

6. Ubah kebiasaan yang tidak mendukung

Untuk membangkitkan belajar kembali, tentu perlu adanya motivasi diri serta tindakan yang harus dilakukan yakni dengan mengubah kebiasaan yang tidak mendukung atau kurang bermanfaat.

Baca juga  Guru Butuh Fasilitas Yang Layak

Mengubah kebiasaan atau rutinitas memang tidak mudah jadi, sebisa mungkin secara perlahan-lahan tapi pasti.

Misalnya kita terlalu sering scrolling social media di tengah waktu pembelajaran sampai tak sadar sudah 30 menit waktu terbuang sia-sia yang seharusnya kita memperhatikan serta mencatat materi dari malah kita tidak mengerti apa yang disampaikan.

Solusi untuk mengubah kebiasaan ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan pembagian waktu.

Misalnya setting alarm 25 menit untuk belajar, 5 menit untuk megang ponsel atau menjauhkan gadget serta apapun yang mengganggu dan sekiranya dapat mengalihkan fokus belajar dari area belajar sehingga dengan cara ini kita akan lebih serta lebih fokus mengikuti pembelajaran.

7. Mulai perlahan, namun konsisten

Tips Membangkitkan Semangat Belajar Setelah Lebaran. Simak Yuk!

Seperti yang sudah disebutkan pada point sebelumnya bahwa, dalam mengubah kebiasaan untuk membangkitkan belajar harus perlahan, konsisten dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini dimaksudkan agar kita tidak cepat lelah atau stress karena sesuatu hal yang kita lakukan belum terbiasa.

Terlebih dalam hal belajar harus santai atau rileks agar ilmu mudah terserap.

Selain itu, memulai dengan perlahan serta konsisten dapat menjadikan kita semakin disiplin dalam menjalankan hal-hal kecil yang nantinya akan menjadi lebih besar. So enjoy!.

Nah, itu tadi beberapa untuk membangkitkan belajar setelah yang dapat kamu lakukan.

Hal paling penting tetap tanamkan komitmen pada dirimu untuk bisa memulai hari-hari menjadi lebih baik, jaga selalu kondisi kesehatan, dan stay positive.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Levia Melati