Tips Memilih Daging Yang Baik Untuk di Konsumsi

Tips Memilih Daging Yang Baik Untuk di Konsumsi 1

Daging menjadi kebutuhan sehari hari yang mayoritas rutin dikonsumsinya khususnya masyarakat Indonesia.

Karena kaya akan protein dan juga lemak, citarasanya yang membuat ketagihan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecintanya.

Apalagi ada berbagai jenis daging di Indonesia khususnya yang banyak dikonsumsi, seperti halnya daging sapi, daging ayam maupun daging kambing.

Citarasanya daging yang paling diminati adalah dengan karakter nya yang gurih, dan berserat, sehingga membuat harga daging pun juga terbilang cukup mahal.

Meski pun dengan harga yang relatif mahal, namun juga tak jarang mereka yang sudah terbiasa mengkonsumsi daging rela mengeluarkan berapapun harga daging hanya untuk dikonsumsi atau untuk kepentingan usaha mereka.

Namun jika kalian ingin membeli daging untuk dikonsumsi sendiri atau untuk sebagai penunjang usaha kalian, maka hal yang membuat sulit adalah ketika kalian memilihnya.

Apalagi jika kalian belum faham betul bagaimana ciri-ciri daging yang baik dan sehat untuk dikonsumsi, apalagi saat ini banyak jenis daging yang akan membuat kamu bingung untuk memilih mana yang paling baik untuk kamu.

Tips Memilih Daging Yang Baik Untuk di Konsumsi 3

Namun ada baiknya kalian menyimak hal hal berikut yang bisa kalian jadikan pertimbangan untuk membeli daging yang tepat.

1. Warna Daging

Adakalanya sebelum kalian membeli daging, lihat dulu warna dagingnya. Untuk memilih daging terbaik, adalah dengan melihat warna daging apakah benar benar baik atau tidak.

Untuk daging yang memilih daging sapi misalnya dengan kualitas terbaik atau bisa dibilang masih sehat dan segar, adalah dari warnanya yang masih merah, dan kelihatan lebih segar tidak pucat.

Ada kalanya jangan memilih daging yang permukaannya terlihat kotor dan pucat, untuk menjamin kualitas daging apakah sehat atau tidak baik.

Cara ini terbilang mudah karena hanya dari kasat mata saja kita sudah bisa menentukan mana daging yang lebih baik.

2. Aroma Daging

Cara kedua adalah dengan mencium aroma atau bau daging yang akan kita pilih. Kita sudah bisa melihat dari warnanya untuk tips pertama tadi, namun untuk lebih lengkapnya dengan mencium aroma daging tersebut.

Ada baiknya kalian harus mengetahui mana daging dengan kualitas terbaik dan masih baik. Jika daging yang sudah tak baik akan tercium dari aromanya yang sedikit busuk dan agak asam.

Sementara untuk daging yang baik, akan tercium aromanya yang masih segar khas daging tersebut, misalnya saja daging sapi atau daging ayam yang masih sehat dan baik akan tercium aromanya yang khas aroma daging sapi atau daging ayam.

Nah itu cara cukup mudah yang bisa kita lakukan selain melihat dengan kasat mata namun kita mengeceknya dari indera penciuman kita.

3. Teksturnya

Cara berikut nya adalah dengan Setelah melihat warnanya, kamu juga harus memastikan kualitas danging sapi dengan cara memegang daging tersebut. Cara ini berguna untuk mengetahui tekstur daging sapi. Pilih daging sapi yang memiliki tekstur kenyal. Coba tekan beberapa bagian dari daging yang akan kamu beli, jika daging kembali ke posisi semula setelah ditekan maka artinya daging tersebut masih segar dan baru. Pasalnya, daging yang mulai mengalami pembusukkan biasanya terasa lembek dan tidak kembali ke bentuk semula saat ditekan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.