Tips Memilih Permainan Anak Saat Untuk Melatih Kecerdasan Sang Buah Hati

Tips Memilih Permainan Anak Saat Untuk Melatih Kecerdasan Sang Buah Hati

Usia anak akan mempengaruhi bagaimana dia akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan porsinya dan apa yang dia pelajari selama masa usianya tersebut.

Untuk usia balita adalah dimana masa perkembangan yang begitu pesat sehingga para orang tua juga harus bersiap untuk melatih serta mendidiknya agar dia dapat tumbuh serta kecerdasannya bisa berkembang secara optimal.

Salah satu caranya adalah melalui anak yang dimainkannya. Dari begitu banyak anak, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Seperti contohnya saat anak di luar rumah, dia akan bagaimana mengenal lingkungannya serta dapat bersosialisasi dengan orang lain.

Sedangkan saat sang buah hati   di dalam rumah, dia akan lebih dekat bersama orang tuanya serta membangun sisi kekeluargaan yang lebih erat lagi.

Baca juga  5 Hal Yang Perlu Dilakukan Para Orang Tua Agar Anak Selalu Sehat dan Terhindar Dari Penyakit

Karena itu, berikut ini ada beberapa tips memilih anak saat untuk melatih kecerdasannya. Yuk simak di bawah ini.

Dengan Boneka Tangan

Tips Memilih Permainan Anak Saat Untuk Melatih Kecerdasan Sang Buah Hati

Ketika anak berusia balita tentunya itu dimana dia sangat senang untuk menirukan perilaku atau kegiatan orang lain. Karena itu para orang tua juga harus berhati – hati dan selalu mengawasi sang buah hati saat sedang melakukan segala aktivitas yang bisa dia tiru.

Hal ini karena sang buah hati ingin berperan sebagai orang lain dan merasakan bagaimana orang tersebut melakukan hal yang dia lakukan saat itu.

Karena itu, para orang tua bisa memilihkan dia sebuah boneka tangan yang dimana ini dapat mengajarkan dia untuk membentuk sebuah karakter baru dalam hidupnya serta dia dapat melatih kemampuan personalnya dengan benar dan tepat.

Baca juga  Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Memasukkan Sedotan Warna ke Dalam Gelas

Tips Memilih Permainan Anak Saat Untuk Melatih Kecerdasan Sang Buah Hati

Selain mengajarkan anak untuk mengenal karakter dan perannya dalam kehidupan, para orang tua juga harus mengenalkan dia pada warna – warna melalui mainan karena hal ini sangat penting untuk dia kedepannya.

Para orang tua bisa mengenalinya melalui benda – benda atau sesuatu yang memiliki warna yang mencolok agar dia bisa mengenali dari warna – warna tersebut.

Atau bisa juga dengan mengajaknya untuk memasukkan sedotan warna – warni ke dalam gelas. Dengan begitu, sang buah hati akan lebih mudah memahami warna apa saja yang dia pelajari saat itu.

Rumah Boneka Menggunakan Barang Bekas

Tips Memilih Permainan Anak Saat Untuk Melatih Kecerdasan Sang Buah Hati

Anak – anak biasanya pada usia balita ke atas akan senang boneka. Dengan kesempatan ini, para orang tua bisa mengajaknya untuk membuat rumah boneka dari barang – barang bekas yang tidak terpakai yang ada didalam rumah.

Baca juga  5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah

Misalnya seperti kardus – kardus yang sudah tidak terpakai dan mengajaknya untuk membuat rumah tersebut dari potongan – potongan kardus yang ditempel dengan kertas warna – warni.

Dengan begitu dia juga akan melatih imajinasi serta kreatifitasnya dalam membuat sesuatu.

Itulah beberapa tips memilih anak saat dirumah untuk melatih kecerdasannya. Selain itu, dengan bersama anak, para orang tua bisa lebih mengetahui apa bakat dan hobbi dari sang buah hati sehingga kedepannya para orang tua sudah dapat menentukan ke arah mana dia akan menjalani hidupnya. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng