Tips Memulai Bisnis Kue Memanfaatkan Momen Puasa & Hari Raya


Tips Memulai Bisnis Kue Memanfaatkan Momen Puasa & Hari Raya 1

Saat menjelang hari besar umat beragama merupakan salah satu momen yang tepat untuk memulai bisnis kue, simak tips untuk memulai usaha kue dalam artikel ini.


Selain didasari untuk memenuhi kebutuhan pokok, motivasi orang untuk membeli makanan, terutama bagi orang-orang yang sibuk dengan pekerjaannya adalah faktor selera maupun faktor praktis untuk menghindari kerepotan.

Misalnya dalam hal membeli makanan ringan atau kue, banyak orang membelinya dengan pertimbangan dari rasanya yang lezat maupun tidak tersedianya waktu maupun perlengkapan yang memadai untuk membuatnya sendiri.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor kenapa pasar untuk bisnis kue tetap stabil sekalipun di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, selagi selera umum masyarakat terhadap makanan ringan tidak mengalami perubahan yang signifikan, peluang bisnis makanan ringan ini masih akan tetap stabil.

Dengan melihat kondisi tersebut di atas, adanya peluang bisnis makanan ringan tadi merupakan salah satu peluang usaha yang layak untuk dikembangkan pada saat ini.

Mengenal Bisnis Kue

Dari prosesnya, bisnis camilan kue, secara umum dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu :

  • Bisnis produksi kue.
  • Pemasaran kue.
  • Bisnis produksi dan pemasaran kue.

Sedangkan kalau kita lihat dari jenis produknya, bisnis atau usaha kue dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu :

  • Usaha kue kering.
  • Usaha kue basah.

Walaupun kue basah dengan kue kering masih sama-sama dalam kategori makanan ringan, namun terdapat perbedaan karakter atau pola usaha antara kedua jenis kue tadi, sehingga dapat dikelompokkan menjadi kategori usaha yang berbeda.

Bisnis Kue Kering Source: freepik.com
Bisnis Kue Kering Source: freepik.com

Bisnis Kue Kering

Kue kering banyak disajikan orang pada saat perayaan hari besar umat beragama, misalnya pada saat Hari Raya Idul Fitri atau pada saat Natal dan Tahun Baru Imlek, sehingga pada saat-saat tersebut permintaan pasar untuk kue kering akan meningkat.

Kondisi tersebut menjadikan saat menjelang perayaan hari besar merupakan momen yang tepat untuk mengembangkan usaha kue kering, agar usaha yang dikembangkan tadi sudah memiliki pasar yang jelas.

Berikut ini karakter atau ciri-ciri bisnis usaha kue kering :

  • Produk kue yang dihasilkan lebih awet sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu.
  • Target konsumennya lapisan masyarakat ekonomi menengah ke atas.
  • Pertimbangan orang untuk membeli kue kering selain dari faktor rasa atau kelezatannya adalah brand (merk) untuk menunjukkan status atau prestis.
  • Pasarnya bersifat musiman, yaitu pada saat perayaan hari-hari besar.

Karakter bisnis atau usaha tadi merupakan bahan pertimbangan yang perlu diperhatikan pada saat membuat kue maupun saat menyusun strategi pemasarannya.

Bisnis Kue Basah

Berbeda dengan kue kering, jenis-jenis kue basah selalu disajikan orang pada berbagai even yang tidak terikat oleh hari-hari tertentu, misalnya pada saat acara resepsi pernikahan, pertemuan atau rapat dan sebagai bekal perjalanan.

Sehingga segmen pasar kue kering hampir selalu ada setiap hari, karena pembeli kue kering tidak terikat waktu, namun lebih memilih lokasi pemasaran, yaitu yang terdekat atau yang termudah untuk dijangkau.

Berikut ini karakter atau ciri-ciri bisnis usaha kue basah :

  • Produk yang dihasilkan kurang awet sehingga tidak bisa disimpan dalam waktu lama.
  • Target konsumennya semua lapisan masyarakat, namun lebih fokus kepada yang menyelenggarakan even-even tertentu.
  • Pertimbangan konsumen untuk membeli kue basah selain rasa atau kelezatannya adalah jumlahnya atau kuantitasnya.
  • Pasarnya tidak terikat waktu atau musiman, namun lebih terikat kepada tempat atau akses ke produk.

Dengan karakter bisnis yang berbeda maka otomati bisnis proses maupun strategi penjualan yang perlu dilakukan juga sedikit berbeda antara usaha kue kering dengan usaha kue basah.

Bisnis Kue Basah Source: Pinterest
Bisnis Kue Basah Source: Pinterest

Tips Membuat Perencanaan Bisnis Kue

Setiap bisnis yang ingin dapat berjalan dengan baik memerlukan rencana bisnis yang baik juga sebelum dimulai. Demikian juga dengan usaha kue, baik kue kering maupun kue basah, sebelum bisnis dijalankan, perlu dibuat perencanaan yang baik agar bisnis tersebut dapat berjalan lancar.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat membuat perencanaan usaha kue, yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan Riset

Perencanaan usaha yang tidak disusun dari hasil riset hasilnya akan kurang atau bahkan tidak relevan dengan kondisi aktual yang akan dihadapi, sehingga bukannya membuat usaha jadi lancar, justru akan mendatangkan kendala maupun masalah yang tidak terduga.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan riset usaha kue, diantara yaitu :

  • Riset Produk, pelajari jenis kue yang akan dijadikan usaha apakah kue kering, kue basah atau keduanya, hal ini akan berpengaruh kepada modal maupun strategi marketing.
  • Riset Lokasi Usaha, pertimbangannya apakah memungkinkan digunakan sebagai tempat produksi maupun sebagai tempat pemasaran, lokasi usaha dapat dipisah bila tidak memungkinkan untuk dilakukan pada tempat yang sama, konsekuensinya akan muncul biaya tambahan untuk memasarkan kue hasil produksi.
  • Riset Konsumen, salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli kue basah adalah rasa, dan harga, sedangkan untuk kue kering pertimbangannya ditambah dengan merk dan tampilan kue maupun kemasannya.
  • Riset kompetitor, persaingan adalah hal yang umum terjadi dalam dunia bisnis, agar produk yang akan diproduksi dapat bersaing di pasar, perlu juga mempelajari produk sejenis yang sudah lebih dulu ada.

Selain melakukan percobaan dengan membuat berbagai resep kue pilihan, riset bisnis kue dapat dilakukan dengan mempelajari literatur yang dewasa ini materinya banyak dipublikasi melalui internet.

2. Menyusun Rencana Usaha

Setelah hasil riset diolah dan dianalisis kelayakannya baik dari segi ekonomi maupun dari segi kesiapan, barulah disusun menjadi sebuah rencana usaha atau bisnis plan yaitu model usaha kue yang nantinya akan dijalankan.

3. Melakukan Survey

Setelah model bisnis kue selesai dibuat, sebelum dijalankan adakan survey terlebih dahulu untuk menguji model bisnis atau perencanaan usaha yang sudah dibuat tadi.

Dewasa ini, melakukan survey selain dapat ditempuh dengan cara turun ke lapangan, bisa juga menggunakan jasa survey online dengan responden yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun target market yang diinginkan.

Tips Mengembangkan Bisnis Kue

Walaupun dengan perencanaan yang baik, bisnis kue yang kamu buat akan berjalan lancar, namun situasi dan kondisi pasar maupun konsumen yang dinamis harus selalu menjadi perhatian, sebagai bahan masukan untuk mengembangkan strategi usaha kue yang sudah berjalan.

Berikut ini beberapa tips untuk mengembangkan usaha kue

1. Melakukan Promosi

Walaupun kue buatan kamu dapat membuat orang yang memakannya menangis bahagia karena kelezatannya, hal tersebut tidak berarti kalau tidak ada konsumen yang mengetahuinya, apalagi untuk membelinya.

Untuk memberitahukan konsumen tentang kelebihan kue yang kamu pasarkan, perlu strategi promosi yang sesuai dengan jenis kue maupun target konsumen yang akan dipilih.

Beri tahukan keberadaan kue yang kamu jual dengan berbagai cara, bisa secara konvensional dengan membagikan brosur atau memasang iklan maupun mempublikasikannya melalui internet.

Jangan segan membagikan sampel gratis kepada target konsumen, dengan demikian mereka dapat merasakan langsung keunggulan produk kue yang kamu buat.

2. Riset Berkelanjutan

Untuk menyempurnakan kue yang kamu produksi, jangan ragu melakukan eksperimen untuk menemukan inovasi baru yang dapat menarik perhatian konsumen.

3.Lakukan Branding

Jangan sepelekan merk, karena dimulai dari sekecil apapun skala usaha kue yang kamu jalankan, keberadaan merk atau brand untuk produk tersebut, akan sangat membantu dalam pemasarannya.

Apalagi jika banyak orang menyatakan kue yang kamu produksi sangat enak, memasarkannya tanpa merk akan mempersulit konsumen untuk mengingatnya terutama saat akan membelinya kembali.

Penutup

Bisnis kuliner kue, masih sangat layak untuk dipertimbangkan, karena selain pasarnya stabil, besarnya modal awal yang diperlukan dapat disesuaikan dengan skala usaha yang akan dibuat.

Sehingga kalaupun kamu terkendala oleh keterbatasan modal, bisnis kue masih tetap dapat dimulai dalam skala yang lebih kecil.

Agar usaha kue yang akan kamu lakukan dapat berjalan lancar sebelumnya perlu dilakukan perencanaan usaha yang baik, dengan demikian bisnis yang akan dilakukan dapat menghasilkan keuntungan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hening S

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap