Tips Mencegah Kejahatan Pecah Kaca Yang Kian Marak


Tips Mencegah Kejahatan Pecah Kaca Yang Kian Marak 1

Kejahatan dengan modus operandi memecahkan kaca mobil kian marak terjadi di Indonesia. Caranya pun sekarang lebih profesional, bukan seperti dahulu orang melakukan kejahatan dengan senjata tajam, seperti linggis atau kampak untuk memecahkan kaca mobil. 

Sebagai contoh bermodalkan serbuk busi saja, langsung dilemparkan ke arah kaca mobil, kaca begitu saja langsung pecah, tanpa menimbulkan bunyi keras. Sehingga si Pemilik mobil atau orang yang ada disekitar mobil tak mendengar sesuatu hal terjadi.

“Kini, pelaku kerap menggunakan pecahan busi motor yang kemudian diberikan air liur agar pecahan busi tersebut dalam kondisi dingin. Sehingga saat dilemparkan dan terkena kaca kendaraan yang panas dan bertekanan tinggi, kaca langsung retak. Kaca yang retak akan dengan mudah didorong tangan pelaku, setelah terbuka pelaku pun memboyong barang berharga yang ditinggal pelaku didalam mobil,” tulis laman NTMC Polri.

Tips aman agar kalian tidak menjadi korban kejahatana pecah kaca yaitu :

Parkir di tempat yang ramai dan ada penerangan serta pengawasan CCTV

Jika kalian meninggalkan mobil dalam kondisi terparkir dalam waktu yang lama, pastikan kalian melihat lingkungan itu kondusif baik dari sisi penerangan maupun dekat dengan keramaian. Paling aman itu parkir di lahan resmi dengan pengawasan, contohnya ada cctv, area parkir berbayar. Dengan kita melihat kondisi disekitar kita parkir, maka kita pun sebenarnya lebih nyaman dan tenang ketika meninggalkan kendaraan kita.

Tidak Menutup kaca jendela mobil penuh

Jika kalian biasanya ketika mobil dalam keadaan kita tinggal, kaca jendela biasanya kita tutup rapat-rapat, atau kita tutup penuh, namun alangkah baiknya jika mobil kalian tinggal, kaca dalam keadaan terbuka sedikit paling tidak 1 cm an. Tujuannya agar para pelaku kejahatan kesulitan membuka kaca karena yang seharusnya ruang kaca itu panas menjadi dingin dan sulit untuk pecah. Ketika kaca dalam kondisi tertutup, para penjahat akan lebih mudah beraksi.

Tidak meninggalkan barang berharga dalam mobil

Bagi kalian yang suka ninggalin barang-barang berharga di dalam mobil, agar tidak menjadi hal yang terulang kembali. Sebaiknya jangan pernah ninggalin sesuatu barang berharga apapun di dalam mobil, karena itu akan menjadi daya tarik pelaku kejahatan untuk lebih bersemangat menjarah isi mobil kalian, tidak ceroboh dengan meninggalkan barang-barang berharga yang mudah terlihat dari luar dan memancing kejahatan, bawa serta saja jika memungkinkan.

kebanyakan kasus yang terjadi dan kian marak, karena para korban lalai atau ceroboh menaruh barang-barang berharga mereka dalam mobil, hal itu akan lebih memancing para pelaku kejahatan.

Bahwa para pelaku kejahatan itu muncul, karena kecorobohan atau kelalaian kita. Untuk mencegah agar peristiwa itu tidak terjadi, maka langkah antisipasi itu menjadi hal terpenting dan sangat urgent. Dengan upaya pencegahan diharapkan kejahatan pun akan terminimalisir.

Nah itu tadi tips aman mencegah agar tak menjadi korban kejahatan pecah kaca yang marak terjadi di Indonesia. Semoga bermanfaat!!


Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap