Tips Mendapat Cuan dari Menulis Artikel (Khusus Pemula)

Tips Mendapat Cuan dari Menulis Artikel (Khusus Pemula) 1

Saat ini internet atau dunia maya menjadi salah satu wadah pokok untuk kegiatan lalu lintas dalam bermasyarakat. Dunia maya pun punya banyak peran penting seperti berkomunikasi hingga sharing bahkan untuk mencari cuan. Salah satu kegiatan yang cukup populer dilakukan oleh banyak orang diantaranya adalah menjadi penulis lepas. Banyak sekali media- media online yang menyediakan wadah bagi para penulis amatir untuk menuangkan ide berupa tulisan atau artikel.

Tidak hanya itu, artikel tersebut pun tidak hanya diterbitkan secara cuma- cuma melainkan akan mendapatkan bayaran. Besaran penghasilan biasanya tergantung pada kebijakan para pemilik platform atau media online tersebut. Ada yang membayar berdasarkan jumlah artikel yang berhasil terbit, Jumlah kata dalam satu artikel atau membayar berdasarkan banyaknya pembaca dari artikel tersebut.

Namun ternyata mendapatkan penghasilan sebagai penulis lepas di media online memang tidak mudah. Kadang ada saja kendala dan alasan mengapa artikel kita banyak yang ditolak atau malah tidak laku oleh pembaca. Hal ini didasarkan juga pada beberapa faktor yang kadang kita tidak tau. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan cuan dari menulis artikel di internet.

1. Paham Niche

Tips Mendapat Cuan dari Menulis Artikel (Khusus Pemula) 3

Apa itu Niche ? jika dikutip dari sumber wikipedia Niche adalah bagian dari sektor pasar yang sudah difokuskan dan ditargetkan. Artinya setiap platform penulisan selalu mempunyai sektor yang sudah tertarget. Walaupun dalam media tersebut biasanya terdiri atas banyak tema- tema artikel, namun biasanya akan ada satu tema khusus yang mempunyai nilai tersendiri. Misalkan di media Online A kita bisa mengirim artikel dengan jenis apapun, tetapi media A tentunya sudah punya nilai branding tersendiri yang berdampak pada Niche mereka. Sehingga mungkin artikel dengan jenis berita aktual misalnya lebih banyak dilihat atau dikunjungi oleh para pembacanya.

Kadang karena Niche inilah beberapa artikel akan lebih mudah diterbitkan oleh media online tersebut. Sebab mereka sadar bahwa akan ada peningkatan untuk jumlah pembaca dan pengunjung baru di setiap bulannya dengan tema tertentu. Selain itu Niche ini juga bisa digunakan oleh kita sendiri. Dengan mengusung tema dan nilai- nilai yang hampir serupa, artikel yang kita terbitkan dalam media tersebut akan saling terkait.

2. Bantuan Iklan

Tips Mendapat Cuan dari Menulis Artikel (Khusus Pemula) 4

Untuk artikel dengan bayaran per- view atau dibayar sesuai dengan jumlah pembaca biasanya akan memberikan keuntungan tersendiri. Sebab penghasilan yang kita dapatkan akan bersifat terus menerus selama masih ada akses untuk masuk kesana. Untuk beberapa penulis lepas biasanya tidak segan untuk menggunakan iklan berbayar. Tapi tips ini tentunya haruslah menggunakan penghitungan yang cermat. Sebab jika biaya beriklan lebih tinggi dari pada pendapatan artikel tentunya kita akan merugi.

Salah satu contohnya misal kita mendapatkan bayaran 200 rupiah per- pembaca artikel kita. Sementara harga rata-rata iklan kita adalah 20.000 rupiah per 1000 jangkauan audiens. Maka setidaknya kita harus mendapatkan paling sedikit 30% pembaca untuk mengakses artikel yang telah kita iklankan. Walau cara ini terkesan sederhana namun banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari Platform yang digunakan untuk beriklan, Niche dari Artikel kita hingga cara kita melakukan targeting untuk mendapatkan pembaca yang tepat dan sesuai. Itupun harus dikalkulasikan dengan biaya beriklan yang tentunya tidak selalu sama. Belum lagi jika terjadi perubahan kebijakan dari platform penulisan artikel tersebut.

3. Sharing

Tips Mendapat Cuan dari Menulis Artikel (Khusus Pemula) 5

Di beberapa akun sosial media terdapat banyak sekali grup- grup yang tujuannya adalah untuk saling mengklik link yang kita sebarkan. Misalnya klik artikel atau iklan di Blog buatan sendiri dengan tujuan meningkatkan traffic secara instan. Namun cara ini merupakan salah satu cara kotor yang nantinya bisa merugikan bagi pemilik media online tersebut. sebab traffic yang masuk kesana bisa dianggap sebagai sebuah tindakan illegal. Disatu sisi beberapa sosial media saat ini sudah mulai ketat dengan tindakan- tindakan yang dianggap spam. Ditambah hal seperti ini juga dianggap tidak menghargai si pemilik media yang menjadi wadah kita dalam mencari pendapatan.

Maka dari itu salah satu cara terbaik terbaik adalah dengan sharing artikel pada tempat- tempat yang sesuai. Misalkan kita pandai dalam bidang seni rupa, buatlah artikel yang berhubungan dengan ilmu seni dan kita tunjukan pada wadah yang tepat atau bisa juga sebagai media diskusi. Hal lainnya misalkan kita adalah seorang guru privat, kita bisa membuat materi- materi yang sesuai bidang keilmuan kita di media online tersebut. Selain itu artikel tersebut dapat lebih mudah disebarkan  dan diakses untuk materi pembelajaran si murid.

4. Branding Media Sosial

Tips Mendapat Cuan dari Menulis Artikel (Khusus Pemula) 6

Kita bisa membuat sebuah jaringan sosial media dengan basis pengikut yang besar. Kemudian materi- materi yang kita bagikan berasal dari link artikel kita sendiri. Contohnya katakanlah kita membuat akun instagram dengan tema berita- berita teraktual. Kita bisa membagikan informasi berita terbaru berdasarkan artikel yang sudah kita tulis di media online langganan. Selain itu dengan membangun branding di media sosial akan ada banyak manfaat yang kita dapatkan.

Salah satunya di instagram sendiri untuk akun dengan minimal 10.000 pengikut akan mendapatkan fitur swipe up atau bisa menambahkan link. Alhasil kita hanya perlu membuat Feed dengan headline yang menarik agar para pembaca mau dan selalu tertarik untuk akses link artikel yang kita buat. Tentunya harus tetap memperhatikan sisi positif dari informasi yang kita sebarkan.

Itulah tadi beberapa tips untuk penulis artikel di internet. Tips tersebut mungkin belum tentu berhasil untuk sebagian orang. Sebab ada banyak sekali hal- hal yang berbeda dari satu penulis ke penulis lainnya. Maka jangan ragu untuk bereksperimen sendiri dalam menemukan pembaca yang sesuai dan menikmati artikel yang kita suguhkan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Meramusenja

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa