Tips Mengatasi Kejahatan Skimming yang Kian Marak


Tips Mengatasi Kejahatan Skimming yang Kian Marak 1

Baru-baru ini masyarakat diresahkan dengan adanya kejahatan skimming atau kejahatan pencurian informasi pada kartu kredit maupun debit dengan menyalin strip magnetik pada kartu. Strip magnetik kartu itu sendiri adalah garis berwarna hitam yang berada pada bagian belakang kartu. Strip magnetik ini adalah tempat tersimpannya informasi kartu tersebut. Sementara bentuk kejahatan skimming lainnya dengan memanipulasi elektronil mail (e-mail) atau surat elektronik. Langkah preventif atau pencegahan terhadap tindak kejahatan tersebut perlu dilakukan, agar nantinya tak menjadi korban. Berikut tips agar terhindar dari kejahatan skimming yang kian marak :

Modus BEC (bussines email compromise)

Modus yang satu ini terbilang baru, mereka membuat dokumen fiktif serta menjadi direktur fiktif di suatu perusahaan fiktif. Salah satunya mereka berpura-pura akan memberikan email palsu yang berisi informasi mengenai perubahan nomor rekening yang akan dipergunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dalam suatu perjanjian jual beli barang. Hal ini dilakukan mereka agar pembayaran akan masuk ke rekening pribadi pelaku, bukan masuk ke rekening penjual asli. Kejahatan semacam ini sudah ada di Indonesia.

Sebagian dari mereka sudah terdeteksi oleh pihak kepolisian, dan ditangani pihak kepolisian. Untuk mengatasi kejahatan dengan modus ini, kalian harus mengecek dahulu keaslian akun email tersebut, apakah sesuai dengan akun milik perusahaan yang sedang yang sedang kita lakukan transaksi.

Sesuaikan data yang mengaku sebagai akun baru pihak penjual dengan akun penjual sebelumnya, segera lakukan konfirmasi mengenai kebenaran data yang dikirimkan ke email kita, apakah memang benar akun tersebut akun baru milik seller.

Skimming kartu ATM

Bentuk kejahatan skimming yang paling populer, dengan meletakkan alat skimming untuk merekam data kartu anda yang diletakkan di mesin ATM. Mereka juga meletakkan spy cam atau kamera tersembunyi di dekat mesin ATM, fungsinya untuk merekam pin rahasia yang anda tekan di tombol ATM. Kejahatan dengan modus operandi ini terbilang paling sering dilakukan pelaku.

Namun ada tips khusus untuk mengatasi kejahatan skimmimg jenis ini agar tidak terjadi pada kita, yakni : – Tutup tangan kalian pada saat akan memasukkan pin di mesin ATM, hal ini agar spy cam tak dapat merekam pin yang kalian masukkan dalam mesin ATM.- Periksa mesin ATM kalian, jika ada hal yang janggal di mesin ATM, misalnya ada benda yang kelihatan mencurigakan segera pindah tempat.- Carilah ATM yang tidak berada ditempat yang sepi.

Para pelaku biasanya mencari tempat-tempat khusus, yang tidak begitu ramai pengunjung.-Ganti PIN mu secara berkala, agar menyulitkan para pelaku skimming.-Ganti ATM mu dengan model chip. Para pelaku skimming biasanya akan kesulitan melacak informasi data ATM yang mempergunakan sistem chip, karena ATM jenis ini memiliki enkripsi yang terjaga keamanannya dan sulit dibaca alat skimming.  


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap