Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru

Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru 1

Bagi setiap pasangan pasti memiliki tujuan ataupun impian-impian. Tidak jarang hal ini merujuk kepada uang untuk bisa mencapainya. Saat masih single mungkin tidak terlalu susah untuk mengelola keuangan. Disebabkan belum terlalu banyak beban kebutuhan yang harus dipenuhi. Beda halnya setelah menikah. Ada prioritas dalam setiap keputusan.

Posisi finansial dalam keluarga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini tidak bisa disepelekan begitu saja supaya mengalir dengan sendirinya. Apabila tidak dikelola dengan baik, maka bisa membawa efek buruk bagi rumah tangga.

Saat berumah tangga, banyak sekali anggaran setiap bulan yang harus dikeluarkan. Bahkan bersifat wajib untuk kebutuhan. Apabila kurang dalam pengelolaan, bisa saja uang yang didapat tiba-tiba sudah habis sebelum waktunya. Tidak mengetahui arah keluarnya keuangan keluarga.

Kali ini penulis akan berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengelola keuangan keluarga. Penulis adalah pasangan baru yang perlu berhati-hati menggunakan uang keluarga supaya finansial rumah tangga bisa stabil. Sebelumnya sudah pernah mengalami uang habis sebelum waktunya, hingga berjalannya waktu terus belajar dan menemukan cara mengelola uang.

Pada mulanya uang yang kami punya digunakan untuk apa saja yang memang harus dikeluarkan saat itu. Semua uang menjadi satu tanpa ada pos-pos keuangan. Sehingga sebelum akhir bulan seringkali kehabisan dan bingung mau menggunakan uang yang mana lagi.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru 3

Tips mengelola keuangan yang penulis gunakan berdasarkan skala prioritas kebutuhan wajib dalam rumah tangga. Tidak lupa juga untuk tetap mempertimbangkan investasi dan uang mendadak apabila dibutuhkan sewaktu-waktu di luar rencana yang mungkin akan terjadi.

Berikut penjelasan pengelolaan keuangan keluarga kami. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

  • Siapkan amplop atau penyimpanan uang bentuk lainnya. Setidaknya ada 6-8
  • Beri nama setiap amplop sesuai kebutuhan masing-masing keluarga
  • Masukkan nominal sesuai yang dibutuhkan
  • Catat keluar masuk keuangan Anda, untuk mengetahui arah uang yang digunakan
  • Apabila ada sisa di akhir bulan, maka bisa digunakan untuk menambah uang tabungan.

Saat ini penulis menyiapkan delapan amplop yang sudah di pos-poskan sesuai namanya. Pertama; amplop untuk KPR setiap bulan, kedua; amplop bayar wifi, ketiga; amplop beli token listrik, keempat; biaya beli bensin untuk suami, kelima; kebutuhan air setiap bulan, keenam; kebutuhan belanja harian selama satu bulan, ketuju; uang investasi, kedelapan; uang kebutuhan dadakan.

Sebelum masuk ke amplop masing-masing, ada uang khusus yang diambil pertama kali yaitu uang tabungan terlebih dahulu penulis sisihkan. Apabila uang tabungan menunggu akhir bulan, biasanya uang sudah habis terlebih dahulu sebelum waktunya. Sehingga untuk mencari aman keuangan keluarga, maka untuk tabungan kami sisihkan lebih awal.

Tentunya selain menggolongkan uang sesuai prioritas, perlu untuk menekan keinginan-keinginan yang masih bisa ditunda. Supaya mencapai kestabilian finansial dalam keluarga. Inilah salah satu tips mengelola keuangan. Semoga bisa bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

i.ikanur