Kita semua pasti memiliki perencanaan masa depan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut tentu diperlukan perencanaan, begitupun dalam keluarga.

Singkat nya, perencanaan keuangan adalah seni perencanaan yang dilakukan guna mempertahankan  kesejahteraan keluarga dan berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk.

web : CNNindonesia

Masalah keuangan merupakan masalah yang cukup krusial dalam keluarga. Tidak sedikit masalah keuangan menjadi penyebab pertengkaran dalam keluarga.

Pengeluaran tidak terduga atau tidak direncanakan seringkali menggoyangkan finansial keluarga. Seringkali saat tidak siap beberapa orang memutuskan untuk mencari jalan keluar instan yang disesali dikemudian hari.

Walaupun  Perencanaan mungkin terasa sulit bila sudah terlanjur tidak menerapkan nya sejak awal namun harus dibiasakan. Berikut tiga tips perencanaan simple yang bisa kamu terapkan dalam keluarga mu !

1. Buat Planning

Kamu harus mulai membuat perencanaan dalam beberapa periode waktu, misal untuk sebulan, enam bulan dan setahun kedepan. Tentukan prioritas lalu mulai rincikan tabungan atau investasi,pengeluaran dan pemasukan. tabungan atau investasi wajib di sisihkan sebagai dana sampingan maupun tabungan tertentu.

2. Kesepakatan Bersama

Dalam mengelolah keungan yang paling penting adalah kesepakatan. Saat membuat planning, buatlah bersama sambil mendiskusikan apa saja yang akan dimasukan dalam perencanaan keuangan, seberapa banyak yang akan menjadi dana investasi/tabungan dan berapa banyak yang akan digunakan untuk keperluan lain nya.

3. Catat Pengeluaran

Penting mencatat pengeluaran rumah tangga agar pada akhir bulan kamu dan pasangan bisa melihat seberapa banyak pengeluaran dan kemana saja uang dikeluarkan. Dengan begitu akan lebih muda juga untuk melihat apakah ada kenaikan pengeluaran pada setiap bulan nya. Sedikit tips, kamu atau pasangan bisa bertugas untuk mencatat pengeluaran. Ini juga akan menjadi salah satu kerjasama yang baik.

Perencanaan keuangan tak perlu rumit dan berbelit. Dengan perencanaan keuangan kamu dapat memproyeksi masa depan , akan lebih mudah juga bagi kamu untuk memperhitungkan berapa banyak yang disisihkan untuk investasi atau tabungan.