Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu 1

Hayooo siapa disini yang sedang mengerjakan skripsi atau mau mulai mengerjakan skripsi? Banyak diantara kita yang merasa kesulitan saat menyelesaikan skripsi. Tidak hanya itu, hilangnya motivasi dan frustasi ditengah-tengah mengerjakan skripsi tentunya sering melanda. Yuk kembalikan semangat kita untuk bisa mengerjakan skripsi sampai tuntas dan tepat waktu. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa membantu kita untuk bisa konsisten mengerjakan skripsi sampai selesai.

Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu 3

Cari jurnal-jurnal referensi dan tentukan topik skripsi untuk diajukan ke dosen pembimbing 

Bagi kalian yang akan mengerjakan skripsi dan bingung untuk mencari topik, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencari referensi jurnal. Pada semester kelima atau keenam, sebaiknya kalian sudah membaca dan mengumpulkan jurnal-jurnal apa yang bisa dijadikan referensi. Dari semua jurnal, tentukan beberapa jurnal yang dirasa cocok untuk dijadikan topik pengembangan untuk mengerjakan skripsi. Ada banyak sekali media yang membantu kita untuk mencari jurnal baik itu Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Beberapa media tersebut seperti misalnya google scholar , emerald insight , scopus dan masih banyak lagi.

Nah kemudian setelah mendapatkan media tersebut, kalian sebaiknya mencari tahu topik apa yang menarik untuk dibahas dalam skripsi. Contoh untuk anak manajemen bisa mencari brand awareness, customer satisfaction, customer loyalty dan sebagainya. Sesuaikan topik dengan jurusan kalian yah! Dengan mencari keyword yang seperti dicontoh, kalian akan menemukan referensi jurnal yang bisa kembangkan untuk topik skripsi. Setelah menemukan beberapa jurnal yang pas, jangan lupa untuk diskusikan juga dosen pembimbing ya!

Carilah kating yang sudah selesai mengerjakan skripsi atau teman sebaya yang bisa diajak diskusi

Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu 4

Disaat kita sedang pusing dan tidak tahu cara mengerjakan dan menyelesaikan skripsi, tentunya akan ada masa kita kesulitan dan bosan. Maka dari itu, sebisa mungkin kita bertanya ketika kesulitan disaat sedang mengerjakan skripsi. Terkadang saat sedang merasa bingung, kita perlu bertanya kepada seseorang yang dianggap lebih mampu agar bisa dicarikan solusinya. Meminta bantuan dan mengajak diskusi kating / teman bukanlah masalah. Akan tetapi perlu digarisbawahi, kita bertanya pada porsi dan situasi yang tepat. Usahakan juga agar kita tidak terlalu bergantung pada orang sekitar.

Memang benar kita butuh support system pada saat mengerjakan skripsi, akan tetapi jangan sampai kita terlalu banyak bertanya pada kating maupun teman sehingga mereka risih dengan kita. Teman / kating juga tentunya memiliki kesibukannya masing-masing, jadi atur waktu yang tepat untuk bisa bertanya. Dan jangan molor ketika hendak menanyakan sesuatu yang penting karena kalau tidak, skripsi kalian bisa ketinggalan. Ingat! lebih baik kita mengerjakan skripsi atas usaha kita sendiri, tanyakan saja hal-hal yang  dirasa membingungkan. Mahasiswa yang hebat adalah mahasiswa yang jujur dan bisa mengerjakan skripsinya sampai selesai tanpa joki. 

Aturlah jadwal mengerjakan skripsi serapi dan detail mungkin agar kalian tidak menunda-nunda untuk menyelesaikannya

Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu 5

Mengatur jadwal untuk mengerjakan skripsi sangatlah penting karena kalian bisa menyicil dan menyelesaikan skripsi tepat waktu. Jika kalian kesulitan untuk mengatur jadwal di note, buatlah alarm dan tentukan dari jam berapa sampai jam berapa kalian akan fokus mengerjakan skripsi. Banyak sekali mahasiswa disana yang tidak selesai-selesai skripsinya akibat tidak bisa mengatur waktu dan sering menunda-nunda sehingga ketika sudah deadline malah skripsi belum selesai. Kalau skripsi kalian molor, otomatis jadwal lulus dan wisuda kalian juga akan semakin mundur. Jadilah mahasiswa yang bijak dengan tidak membuang waktu yang sia-sia. Mengerjakan skripsi itu memang menyakitkan karena kita mengorbankan segala pikiran, tenaga dan waktu ditambah lagi punggung yang pegal dan mata yang perih akibat duduk berjam-jam di depan laptop. Lebih baik bersakit-sakit dahulu kemudian bersenang-senang daripada berleha-leha dulu menyesal kemudian. 

Ketika kita bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu, rasa lelah, penat, panik, sedih, marah akan tergantikan dengan rasa bahagia, lega dan penuh syukur karena kalian berhasil melewati rintangan. Ditambah lagi, ketika kalian sudah selesai skripsi kalian akan cepat sidang. Lulus tepat waktu adalah sebuah kebanggaan dan hadiah bagi orang tua kita yang sudah membiayai semua uang kuliah. Balaslah pengorbanan orang tua kalian dengan prestasi seperti misalnya lulus tepat waktu. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi dampak dari mengatur waktu dalam skripsi ini sangat memengaruhi kita kepada hasil akhir dari perjalanan kuliah kita. Tetaplah mengerjakan skripsi sampai selesai meskipun ada banyak rintangan yang dihadapi. Jangan ada kata menyerah / berhenti disitu saja ya saat mengerjakan skripsi! Jika kalian bisa melewati kuliah dalam 3.5 tahun – 4 tahun maka percayalah skripsi kalian juga pasti selesai. 

Teruslah berdoa kepada Yang Maha Esa dan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing, orang tua dan teman sebaya

Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu 6

Dalam mengerjakan skripsi, dibutuhkan mental yang kuat dan tahan banting. Karena proses mengerjakan dan menyelesaikannya tidak pernah mudah. Ada yang mengerjakan sambil menangis, ada yang sambil gelisah dan ada juga yang sakit hati. Nah untuk itu, kita perlu menguatkan hati kita dengan berdoa kepada Yang Maha Esa. Karena kalau tidak, kita akan merasa putus asa dan bisa berhenti ditengah jalan. Jika kita berdoa, akan timbul kekuatan dan semangat kembali untuk mengerjakan skripsi. Lakukanlah yang terbaik dan pasrahkan hasilnya kepada Yang Maha Esa. Percayalah ketika kita sudah berusaha yang keras dan memberikan yang terbaik maka buah dari kerja keras tersebut tidak akan sia-sia. 

Menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat selama skripsi sangatlah penting. Karena ada juga diluar sana yang kurang mendapat motivasi dan kurang komunikasi dengan orang terdekat, akibatnya mereka berhenti mengerjakan skripsi. Seringlah membangun komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing agar ketika kalian mengerjakan dan ingin mendiskusikan skripsi, kalian tidak akan merasa kesulitan saat bimbingan. Terkadang, dosen pembimbing berlaku seenaknya sendiri dan bisa mempermainkan mental kita. Mereka sengaja untuk mengetes kita untuk mengetahui sejauh mana kita bisa kuat menuntaskan skripsi. Jika komunikasi saja sudah tidak baik, maka bagaimana kalian akan bisa selesai skripsi tepat waktu? Oleh karena itu penting untuk bisa berkomunikasi baik dengan dosen pembimbing dan jangan lupa minta support ataupun doa dari orang tua agar kita bisa semangat mengerjakan skripsi. Jika ada unek-unek atau keluh kesah, ajaklah beberapa temanmu untuk saling bercerita agar kalian tidak stres saat mengerjakan skripsi. 

Jangan lupa untuk sering melakukan bimbingan agar dosbing bisa memberi masukan dan saran 

Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu 7

Ketika kita mengalami kesulitan kita bisa menanyakan ke dosen pembimbing agar mereka juga bisa memberikan solusi yang baik terhadap skripsi kita. Setelah selesai mengerjakan tiap bab jangan lupa untuk memperlihatkan hasilnya dan berdiskusilah dengan dosen pembimbing. Karena ketika kita memperlihatkan hasil dan kesimpulan, dosen pembimbing akan mengolah lagi hasil dari skripsi kalian. Dengan membentuk diskusi, kita tidak akan kesulitan pada saat sidang karena kalian sudah melakukan tanya jawab dengan dosen pembimbing. Jika kalian tidak mendiskusikannya dengan dosen pembimbing, kalian akan kesulitan saat sidang karena tidak tahu cara menjawab hasil penelitian dengan benar. Jadi jangan lupa untuk selalu meng-update hasil penelitian kalian ya teman-teman.

Bagi kalian yang akan atau sedang mengerjakan skripsi, semoga tips-tips diatas bisa membantu kalian ya! Selamat berjuang!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yellow Sky