Tips Mengisi Daftar Pustaka Untuk Skripsi

Tips Mengisi Daftar Pustaka Untuk Skripsi 1

Hello para pejuang tugas akhir! Yang mungkin masih bingung karena belum selesai bikin skripsi, atau yang masih bingung supaya daftar pustakanya bisa penuh tanpa repot baca buku! 

Daftar pustaka merupakan rincian tentang buku-buku yang menjadi acuan saat kita membuat skripsi. Daftar pustaka juga merupakan salah satu hal yang membuat kita sedikit bingung bagaimana cara mengisinya jika kita lebih sering mencari definisi-definisi dari internet dari pada membaca buku secara langsung. Di era serba digital ini, mencari sumber penelitian dari buku cetak rasanya sangat malas dan membuang waktu karena harus membaca banyak buku. Sementara internet menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan hanya dengan mengetik hal yang diperlukan. 

contoh daftar pustaka
contoh daftar pustaka

Misalnya, kita butuh definisi tentang internet, dengan mengetik definisi internet di mesin pencari Google, kalian diberikan banyak sekali definisi-definisi dari banyak ahli-ahli terkemuka tanpa harus repot membaca bukunya.

Namun, dengan meng-copy-paste definisi-definisi tersebut pada skripsi kalian dan mencantumkan website dimana kalian mendapatkannya merupakan kesalahan tak ter maafkan bagi para dosen. 

Kenapa?

Karena ketahuan jelas bahwa kita hanya menyalin dari internet tanpa membaca sumber aslinya sama sekali. 

Jadi, kita pun harus pintar-pintar mencari cara agar tidak terlalu terlihat oleh para dosen jika kita memang tidak membaca sumber buku secara langsung. Setidaknya kita tau buku yang di maksud meskipun tidak membacanya.

Jadi, bagaimana baiknya kita memenuhi daftar pustaka meskipun hanya melihat dari internet? 

Caranya gampang! Tidak ada bedanya dari mencari definisi seperti yang sering kita lakukan!

Pada website yang berisikan definisi yang kita cari, pasti terdapat nama dan tahun dari si pencetus teori. Sebagai contoh: Lauren (2021) menyatakan bahwa blablablabla. Kita bisa mencari pada mesin pencari Lauren 2021 dan hasil pencarian akan mengusulkan artikel scholarship yang memiliki penulis dengan nama yang sama. 

Atau bisa juga menggunakan keyword daftar pustaka Lauren (2021) dan artikel atau jurnal yang memiliki daftar pustaka dengan keyword Lauren (2021) akan muncul.

Setelahnya, kita bisa menyalin daftar pustaka tersebut dalam skripsi kita.

Jika muncul nama yang sama?

Jangan khawatir, meskipun namanya sama, bahkan tahunnya juga sama, kamu bisa bedakan dari apa yang kamu cari. Misal, Lauren (2021) pertama mempublish buku tentang distance education, dan Lauren (2021) kedua mempublish buku tentang ekonomi. Kita bisa pilih salah satu yang sesuai dengan definisi yang kita ambil dari website sebelumnya.

Beberapa buku bahkan tersedia dalam bentuk pdf dan dapat di download di beberapa platform. Hal ini justru bisa membuat kita menjadi lebih leluasa lagi karena bisa membaca bukunya, dan membandingkan dengan definisi yang sebelumnya kita copy-paste. Terkadang, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara definisi yang kita baca di artikel dengan definisi asli dari bukunya. Bisa dikatakan, definisi yang kita baca dari artikel di internet merupakan tafsiran pribadi dari yang menulis artikel, terutama jika sumber aslinya merupakan buku berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Banyaknya daftar pustaka setiap kampus tentunya berbeda, ada yang boleh sedikit, ada yang harus banyak. Maka dari itu, carilah definisi sebanyak mungkin untuk skripsi kalian agar menjadi nilai plus, dan juga supaya dosen tidak banyak tanya tentang daftar pustaka.

Sekian tips dari saya. Untuk para pejuang skripsi, semangat!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laurent