Tips Menjaga Hubungan Agar Tetap Sehat


Tips Menjaga Hubungan Agar Tetap Sehat

Memiliki hubungan yang harmonis merupakan sebuah hal yang didambakan oleh para pasangan. Namun pada kenyataannya, hubungan yang terlihat harmonis tidak selalu sehat.

Pada artikel kali ini akan membahas apa sih yang dimaksud dengan hubungan yang sehat?

Pengertian hubungan yang sehat adalah jika kamu dan pasangan bersikap terbuka. Kalian merasa nyaman dan saling berkata jujur saat membahas apa pun, mulai dari perihal perasaan, pekerjaan, kegagalan, hingga keuangan.

Dalam hubungan yang sehat, pasangan akan lebih sering membicarakan hal-hal yang positif, saling berbagi masalah dan mencari cara bersama untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dengan kepala dingin.

Hubungan yang sehat juga bebas dari racun hubungan (toxic relationship). Tidak ada pemaksaan, bebas tanpa terkurung batasan-batasan yang tidak baik.

Lalu, apa sajakah tips untuk menjaga hubungan agar tetap sehat?

1. Selalu bersyukur memiliki si dia sebagai pasangan

Bukankah sudah semestinya jika kita harus merasa bersyukur setiap hari? Karena dengan bersyukur akan membuay hidup semakin bahagia, merasa lebih positif dengan kehidupanm yang kita jalani sekarang. 

Dengan terus merasa bersyukur, kita juga akan terhindar dari penyakit hari yaitu iri dan dengki.

Maka dari itu sudah seharusnya kita merasa bersyukur telah dipertemukan oleh orang yang kita cintai saat ini.

2. Merasa tetap menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri adalah kunci kamu mencapai kebahagiaan. dengan menjadi diri sendiri akan lebih mudah untuk menemukan hal baik yang membuat kita merasa nyaman tanpa adanya tekanan batin dari luar.

Kita juga harus mendengarkan diri sendiri agar bisa menemukan langkah apa yang harus diambil dalam kehidupan selanjutnya.

Jangan bergantung pada pasangan, tetap teguh pada pendirian untuk menjadi diri sendiri.

Memang, sudah sepantasnya sebagai pasangan untuk saling membantu, namun bukan berarti kita harus terus bergantung pada pasangan.

Ingat, hidup independen adalah sesuatu yang penting.

4. Berani menolak

Berani bilang “tidak” akan membuat hidupmu terasa lebih mudah.

Terutama jika kamu berani mengatakan “tidak” jika pasanganmu mulai memintamu bantuan yang tidak sehat.

Untuk menciptakan hubungan yang sehat, haruslah kita berani menolak jika pasangan terus meminta bantuan yang membuatmu tidak nyaman.

Dengan begitu kita akan membiarkan pasangan untuk bertanggung jawab mengambil keputusannya.

4. Saling memahami

Dalam hubungan yang sehat sudah sepatutnya untuk saling memahami dengan pasangan.

Jangan bersikap egois dengan mementingkan diri sendiri, ingin terus diperhatikan, ingin dimengerti tapi tidak mengerti pasangan.

Jika saling memahami dengan pasangan, tentunya akan lebih mudah untuk membangun hubungan yang mengedepankan rasa saling percaya dan mengurangi sikap posesif yang berlebihan

5. Menjaga komunikasi

Apasih alasan menjaga komunikasi dengan pasangan?

Jelas tujuannya agar tetap saling berkabar. Selain itu dengan menjaga komunikasi dengan pasangan akan membuatmu saling mengerti, dan bisa meminimalisir adanya konflik.

Jadi, terus jaga komunikasi dan jangan ragu lagi untuk saling tebuka dengan pasanganmu yaa

6. Memahami batasan

Selanjutnya, tips untuk menjaga hubungan agar tetap sehat adalah memahami batasan masing-masing. Setiap orang jelas memiliki batasan yang harus dihormati. 

Tapi apa sajakah alasan harus menetapkan batasan dengan pasangan?

Alasannya, kita akan lebih menghormati pasangan, mengurangi amarah dan kebencian dalam hubungan,menambah rasa damai dan aman.

Selain itu memahami batasan dengan pasangan akan membawa ketenangan dan kegembiraan untuk diri sendiri baik tubuh ataupun jiwa.

Kita juga harus memberi kebebasan pada diri masing-masing. Membiarkan pasangan dengan privasinya.

Nahh seperti itulah tips untuk menjaga hubungan agar tetap sehat, semoga bermanfaat ya