Tips Menjaga Kesehatan Emosional


Tips Menjaga Kesehatan Emosional 1

Menjaga kesehatan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh setiap individu agar memiliki kualitas hidup yang baik. Untuk menjaga kesehatan fisik, kebanyakan orang melakukan olahraga, memakan makanan yang sehat, memiliki waktu tidur yang cukup, diet, dan sebagainya. Kesehatan fisik merupakan hal yang penting karena dengan fisik yang sehat seseorang mampu melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Namun, tahukah kamu bahwa selain fisik terdapat bagian lain dari diri kita yang perlu dijaga kesehatannya?.

Selain kesehatan fisik ada kesehata mental yang merupakan aspek lain di dalam diri kita yang tak kalah penting untuk dijaga loh, salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan menjaga kesehatan emosional kita. Individu yang sehat secara emosional cenderung mampu mengontrol pikiran, perasaan, dan perilakunya. Mereka lebih mampu menghadapi tantangan dan menangani stres dengan baik. Selain itu, individu yang sehat secara emosional memiliki perasaan dan pandangan yang baik tentang diri mereka serta memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.

Namun, sehat secara emosional bukan berarti selalu bahagia dan tidak pernah galau loh…

Sehat emosional artinya seseorang memahami apa yang dia rasakan, menyadari emosi apa yang muncul, dan mampu menangani emosi tersebut dengan baik, baik emosi tersebut merupakan emosi negatif ataupun positif. Orang-orang yang sehat secara emosional tetap merasakan sedih, marah, stres, dan frustasi. Hanya saja mereka tau bagaimana menangani emosi negatif tersebut. Dan jika permasalahan yang mereka alami terlalu berat untuk ditanggung sendiri, mereka tahu kapan perlu meminta bantuan dan tidak ragu untuk menemui tenaga profesional seperti psikolog atau konselor kesehatan mental.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kesehatan emosional merupakan sesuatu yang bisa dilatih, berikut adalah tips agar kamu dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan emosionalmu

Belajar mengenali emosi yang muncul dalam diri

Tips Menjaga Kesehatan Emosional 3

Pernahkah kamu merasa marah dengan sesuatu dan ingin membanting segala hal yang ada di sekitarmu?. Atau pernahkah merasa bahagia karena gajian pertamamu turun dan ingin segera membeli barang cantik yang kamu lihat di mall??. Jika pernah, maka kamu perlu belajar untuk tetap tenang. Kapanpun kamu merasa emosimu meluap-luap baik itu adala emosi positif maupun negatif sebaiknya kamu tidak melakukan apapun. Dudukla dengan tenang dan cobalah untuk mengatur nafasmu, tahanlah dirimu dari aktivitas apapun, kenalilah emosi apa yang muncul dan mengapa kamu merasa demikian. Tunggulah sampai emosi itu kembali stabil, setelah itu lakukan hal yang kamu rasa perlu dilakukan. Emosi layaknya ombak di laut, ada kalanya emosi tersebut pasang dan ada waktunya ia akan surut. Seseorang yang emosinya sedang pasang dan meluap-luap cenderung bertindak impulsif sehingga duduk tenang menunggu emosi tersebut surut adalah salah satu cara mengenali emosi dan menghindari tindakan impulsif yang dapat berakhir dengan penyesalan.

Ekspresikan emosi dengan cara yang tepat

Tips Menjaga Kesehatan Emosional 4

Izinkanlah orang-orang terdekatmu mengetahui apa yang kamu rasakan. Memendam sendiri rasa marah dan kesedihan hanya akan menambah tingkat stres yang kamu rasakan. Emosi yang terus-menerus dipendam -khususnya emosi negatif- layaknya bom waktu yang siap meledak kapan saja, kamu mungkin merasa baik-baik saja sekarang, namun jika itu diteruskan maka kamu akan mulai mengalami insomnia, kesehatan fisikmu terganggu tanpa penyebab yang jelas, dan kamu akan mulai mengalami ledakan emosi yang tak terkontrol. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kesehatan mentalmu dan hubunganmu dengan orang lain.

Berusahalah untuk tetap seimbang

Tips Menjaga Kesehatan Emosional 5

Biasakanlah untuk menjaga keseimbangan antara bekerja dan bermain, antara beraktifitas dengan beristirahat. Keseimbangan ini dapat membantumu agar tidak mengalami burn out dan mengindari terlalu banyak bermalas-malasan dan membuang waktu. Lakukanlah sesuatu yang membuat kamu bahagia dan yang dapat kamu nikmati. Berfokuslah pada hal positif yang ada dalam hidupmu.

Tetap terhubung dengan orang lain

Tips Menjaga Kesehatan Emosional 6

Bergabunglah dengan grup-grup tertentu entah sesuai hobi atau aktivitas yang kamu sukai, makan bersama teman-teman atau keluarga, menyapa tetangga atau bahkan orang asing yang baru kamu temui. Konseksi yang positif dengan orang lain dapat membantumu menjaga pandangan yang positif dan menjaga kesehatan emosionalmu.

Menjaga kesehatan fisik

Tips Menjaga Kesehatan Emosional 7

 Berolahragalah dengan rutin, konsumsi makanan sehat, dan berikan waktu istirahat dan tidur yang cukup untuk tubuhmu. Menjaga kesehatan fisik dapat mempengaruhi kesehatan emosional, seperti halnya menjaga kesehatan emosional yang juga dapat mempengaruhi kesehata fisik.

Perlu diperhatikan bahwa seseorang yang sehat secara emosional tetap dapat mengalami permasalahan emosional atau gangguan mental. Beberapa penyakit mental disebabkan oleh kondisi fisik seperti ketidakseimbangan unsur kimiawi di otak. Disisi lain, stres dan masalah yang dihadapi seseorang baik itu berasal dari keluarga, pekerjaan, atau sekolah dapat memperburuk keadaan dan memicu gangguan mental sehingga jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional jika kamu merasa memiliki masalah emosional yang tidak mampu ditangani sendiri


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Riadhun Na'im

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments