Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat PPKM

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat PPKM 1

Di saat PPKM seperti ini, banyak diantara kita yang semakin bingung, bosan hingga stres. Adapun perasaan-perasaan tersebut hadir karena kekhawatiran kita akan kebutuhan yang harus dipenuhi. Di satu sisi kita khawatir akan kesehatan dan sisi lain kita juga khawatir dengan kondisi keuangan kita. Ada beberapa tips untuk mengurangi rasa khawatir saat masa PPKM. 

Melakukan kegiatan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat PPKM 3

Banyak orang yang menyepelekan olahraga padahal olahraga sendiri bisa meningkatkan hormon dopamin. Perlu diketahui bahwa hormon dopamin ini merupakan hormon yang dapat menyebabkan kebahagiaan sehingga ketika kita sedang merasa sedih ataupun gelisah maka olahraga bisa membantu kita dalam menyeimbangkan emosi. Selain itu, mengonsumsi makananan yang sehat juga akan membantu kita untuk lebih kuat dan membentuk daya tahan tubuh.

Jika kita dalam keadaan sehat dan bugar maka segala aktivitas yang kita sukai akan mudah untuk dilakukan. Bayangkan jika teman-teman merasa lesu / tidak enak badan maka semangat beraktivitas pun tidak ada sehingga tidak bisa melakukan kegiatan apapun yang disukai. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik agar tetap vit dan bugar melalui makanan dan olahraga ya teman-teman. 

Berkumpul dan membicarakan sesuatu yang berfaedah dengan keluarga maupun sahabat

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat PPKM 4

Dengan adanya PPKM membuat aktivitas kita sangat terbatas dan tidak bisa pergi ke luar rumah. Oleh karena itu, dengan banyaknya waktu luang yang tersedia kita bisa memanfaatkannya untuk lebih dekat dengan keluarga inti di rumah atau dengan sahabat. Saat berkumpul dengan keluarga, kita bisa membahas topik-topik yang bermakna seperti misalnya merencanakan kegiatan berolahraga bersama atau bercocok tanam bersama bahkan melakukan hobi bersama.

Ketika kita melakukan kegiatan yang disukai dengan keluarga maka kita akan merasa lebih bahagia ketimbang sendirian hanya scroll hp saja. Sedangkan jika merasa jenuh atau butuh teman curhat selain keluarga, kita bisa menghubungi sahabat kita melalui aplikasi online yang tersedia. Dengan adanya interaksi dengan orang-orang terdekat, maka kita bisa mengeluarkan isi hati kita agar lebih lega dan siap untuk menjalani kehidupan. 

Berpikiran positif, bersyukur dan berusaha

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat PPKM 5

Ketiga hal tersebut sangat berkaitan, karena ketika sedang dilanda rasa bosan atau khawatir kita cenderung untuk berpikiran negatif. Padahal saat ini diantara kita semua terdapat banyak hal yang perlu disyukuri. Kita patut bersyukur atas semua kondisi yang kita lalui dan percayalah jika kita ada saat ini semua karena kehadiran Yang Maha Esa yang mampu memberikan kita kekuatan untuk menjalani semua ini. Beberapa keluarga juga masih diberikan kesehatan dan utuh itu juga merupakan suatu anugerah. Bersyukur bahwa kita bisa hidup dan masih ada itu semua memiliki tujuan. Mungkin beberapa diantara kita ada yang merasa sedih karena selama pandemi mengalami kesulitan secara ekonomi.

Dengan adanya perasaan yang negatif kita harus melawannya dengan berpikiran positif dan bangkit untuk mencari solusi. Jika saat ini kalian sedang kesulitan saat PPKM, hal positif yang bisa kalian lakukan adalah berbisnis. Saat ini jualan online banyak digemari oleh pelaku usaha UMKM dan berbagai macam produk maupun jasa bisa ditawarkan. Ada orang yang berbakat dalam memasak akhirnya membuka bisnis makanan, ada juga yang pandai dalam berjualan pakaian atau aksesoris lainnya maka akhirnya berjualan online. Kita bisa menawarkan produk / jasa yang dijual dari orang-orang terdekat atau kenalan-kenalan kita melalui grup WA maupun sosial media lainnya. Daripada hanya berdiam diri meratapi, lebih baik kita bangkit untuk mencari peluang agar bisa bertahan hidup. 

Melakukan kegiatan yang membawa damai sejahtera di hati 

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat PPKM 6

Kegiatan positif lainnya yang bisa menenangkan hati dan pikiran kita adalah berdoa dan beribadah. Seringkali, kita terlalu asyik beraktivitas di rumah sampai lupa dengan kebutuhan rohani. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keoptimisan dalam diri, kita bisa lakukan dengan berdoa kepada Yang Maha Esa. Karena dengan beribadah kita bisa merasakan ketenangan dalam diri, mintalah kepada-Nya agar senantiasa kita diberikan kesehatan, perlindungan dan jangan lupa untuk bersyukur atas berkat yang Dia berikan kepada kita semua.

Teman-teman bisa membaca artikel ini juga merupakan suatu anugerah yang sering kali kita tidak sadari. Dengan berdoa, kita akan mendapatkan kekuatan dan jika kita kuat maka segala ide akan muncul dan kita bisa gunakan ide tersebut untuk bertahan hidup di situasi yang sulit seperti ini. 

Jadilah orang yang memiliki semangat dan pikiran positif karena jika kita sehat mental kita akan bisa memberikan dampak yang baik kepada orang-orang di sekitar kita. Jangan lupa untuk terus berdoa dan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas daya tahan tubuh. Tetaplah percaya bahwa Yang Maha Esa akan memberikan kita kemampuan untuk melewati ini semua dan Indonesia bisa kembali pulih seperti sedia kala. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yellow Sky