Tips Menjaga Semangat Mengerjakan Skripsi


Tips Menjaga Semangat Mengerjakan Skripsi

Skripsi memang kerap kali mejadi “momok” bagi sebagian besar mahasiswa yang telah memasuki masa periode akhir perkuliahan.

Skripsi juga seakan menjadi jurang lebar yang memisahkan antara seorang mahasiswa dengan “kemerdekaannya” untuk menjadi seorang pencari kerja.

Ditambah lagi dengan banyaknya kisah suram dan miris, dimana seorang mahasiswa pada akhirnya harus menyerah di hadapan naskah skripsi yang tak kunjung selesai.

Melihat fenomena yang seolah telah menjadi rahasia umum bagi para pemburu ijazah, maka berikut beberapa tips untuk menjaga semangat saat mengerjakan skripsi yang perlu untuk dicoba!

1. Mencari teman senasib dan seperjuangan

Ya, harus disadari bahwa skripsi merupakan kewajiban bagi seluruh mahasiswa semester lain.

Dengan kata lain, maka pasti akan banyak orang-orang yang senasib denganmu.

Berkumpul, berdiskusi, hingga nongkrong di warung kopi dengan orang-orang yang memiliki masalah yang sama tentunya akan membantu meringankan beban yang ada.

Bahkan bukan tidak mungkin, secara tidak langsung dari yang awalnya hanya sekedar obrolan bisa berkembang menjadi jawaban bagi berbagai permasalahan dalam skripsi yang kita hadapi.

2. Memilih tempat belajar yang nyaman

Definisi yang nyaman disini bukan berarti tempat yang harus tenang, sunyi, dan sepi, karena pada dasarnya kenyamanan tiap orang akan memiliki indikator yang berbeda-beda.

Ada yang mungkin suka berada ditempat yang cenderung ramai seperti kantin atau warung kopi.

Ada juga yang justru ingin tempat yang tertutup sehingga dapat menyendiri. Intinya bahwa “nyaman” itu, kita yang ciptakan, agar mampu membangun mood yang baik dalam mencari ilham dalam penulisan skripsi.

3. Turut merayakan momen wisuda teman

Merayakan disini bukan berarti kamu harus datang, menyalami, dan turut dalam acara makan-makannya ya,.. Tapi cukup dengan merasakan kebahagiaan, walau hanya melihat foto wisuda temanmu juga dapat disebut ikut merayakan.

Lantas, apakah turut merayakan momen wisuda teman akan mampu membangkitkan semangat pembuatan skripsi?

Ya. Kegiatan ini bukan untuk menyindir dan memanas-manasi kamu yang masih dalam tahap berjuang ya, karena hal ini justru akan semakin memotivasi semangatmu untuk terus maju dan berusaha.

4. Jangan terlalu idealis, dan tentukan deadline

Deadline bukan hanya perkara waktu. Semakin cepat lulus bukan tolak ukur kualitas kesarjanaanmu. Artinya bahwa IPK juga harus dipertimbangkan, apalagi bagi kamu yang bercita-cita untuk jagi PNS, yang dalam pendaftarannya dibutuhkan syarat minimal IPK. Tidak ada salahnya kamu mundur 1 atau 2 semester guna memperbaiki nilai IPK mu. Yang penting adalah kamu memiliki rencana tahapan yang jelas tentang jadwal pembuatan skripsimu setiap harinya, agar menjadi lebih terarah dan tidak membuang waktu.

5. Minta support orang tua dan keluarga

Untuk tips yang terakhir, tentunya yang paling penting adalah minta dukungan keluarga terdekat.

Satu hal yang harus kamu pahami bahwa biaya kuliah tidaklah murah. Banyak yang sudah orang tuamu korbankan demi menempatkanmu dibangku kuliah.

Jadi jangan sampai kamu banyak membuang waktu percuma demi sesuatu yang tidak mendukung perkuliahanmu.

Terus minta dukungan serta doa dari orang tua dan keluarga agar kamu tetap semangat, tidak putus asa, dan dijauhkan dari rasa malas dalam menggapai mimpi dan harapanmu untuk lulus.

Itulah beberapa tips yang kami rekomendasikan untuk menjaga semangat skripsi mu tetap membara. Tetap semangat ya para pejuang skripsi!!!