Tips Menulis CV dengan Baik dan Benar


Tips Menulis CV dengan Baik dan Benar 1

Tentu kita sudah pernah mendengar atau familiar dengan istilah CV. Ya,  CV merupakan Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup yang berisi tentang data pribadi teman-teman, seperti nama, alamat, alamat email, nomor kontak, TTL (Tempat Tanggal Lahir), riwayat pendidikan, riwayat pengalaman (bisa pengalaman kerja, magang, organisasi, bisa pengalaman apa saja dan juga bisa berisi tentang daftar kursus ataupun seminar.

Jadi CV itu berguna untuk melamar kerja. Tentunya CV yang ditulis tetap mengikuti kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, CV juga bisa ditulis dengan Bahasa Inggris tergantung persyaratan yang diminta oleh perusahaan atau instansi tempat kita melamar berkerja atau mendaftar beasiswa.

Dan tentunya, CV yang ditulis juga tidak boleh typo atau salah ketik. Terutama buat teman-teman buat yang mau melamar kerja di bidang tertentu yang membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi, seperti administrasi, purchasing dan procurement, analis, dan lain sebagainya.

Selain itu, CV juga menjadi bahan pertimbangan pihak HRD untuk menentukan apakah kamu layak untuk masuk shortlist atau daftar untuk dipertimbangkan ke tahap interview. Khusus buat para jobseeker yang sekarang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan impian, CV menjadi jurus ampuh buat nembus perusahaan impian. Kalau jobseeker yang sudah melamar ke banyak perusahaan, tetapi belum mendapat panggilan bisa jadi ada kesalahan dalam menulis CV.

Tentunya anda sebagai jobseeker tidak mau kalau memiliki kesalahan dalam menulis, bahkan typo yang kecil aja bisa membuat teman-teman susah mendapatkan pekerjaan. Mari evaluasi CV setelah melamar pekerjaan, apakah CV yang anda tulis sudah benar apa belum.

Kalau anda tahu kesalahan dalam menulis CV, maka anda tentunya cepat dapat pekerjaan. Dan kalau anda cepat mendapatkan pekerjaan pastinya orang tua anda bangga dengan  perjuangan kalian dalam mencari kerja.

Berikut tips-tips menulis CV dengan baik benar:

· Pilih template CV yang teman-teman suka bisa didapat di aplikasi Canva, Coolfreecv, dan lain-lain

· Tulis Nama Lengkap, Alamat (Cukup tuliskan nama kelurahan, nama kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, dan kode pos), email, no. HP, TTL (tempat dan tanggal lahir), social media bisa berupa LinkedIn, Facebook, Twitter, dan Instagram

· Untuk penulisan ringkasan profesional atau professional summary bisa dituliskan dengan contoh ”saya adalah lulusan jurusan/prodi ABC universitas DEF memiliki kemauan yang tinggi dalam mempelajari hal-hal/keahlian yang baru, mampu beradaptasi dengan cepat, bisa bekerja dalam tim maupun individu. Memiliki pengalaman dalam organisasi ……………………… dan menjabat sebagai…………….. periode………………(khusus buat fresh graduate). Memiliki pengalaman kerja selama………………………….. dengan pencapaian…………………….(khusus buat experienced). Mampu mengoperasikan software……………………………

· Untuk penulisan Riwayat Pendidikan mengikuti aturan chronological (diurutkan dari jenjang pendidikan yang lebih tinggi, spt S1/S2/S3, D3/D4, SMA)

o   Contoh penulisan riwayat pendidikan sebagai berikut:

·  2014 – 2020

o   Sarjana EFG, Fakultas BDA, Universitas ABC, Kota UJH, Provinsi ERQ

o   GPA:……………

o   Pencapaian selama kuliah: (bisa ditulis judul tugas akhir, prestasi selama kuliah baik lomba maupun pemakalah seminar)

· 2011 – 2014

o   Program Studi (ditulis program IPA/IPS/Bahasa) SMA XYZ, Kota HIJ, Provinsi KLM

o   Nilai NEM:…………………..

o   Pencapaian selama SMA: (ditulis prestasi selama SMA maupun kegiatan ekskul selama SMA, kalo tidak pernah ikut ekskul maupun tidak pernah ikut lomba pencapaian tidak usah ditulis)

· Penulisan Riwayat pengalaman organisasi/kerja/magang/volunteer sama seperti penulisan riwayat pendidikan mengikuti aturan chronological (diurutkan dari tahun saat ini sampai tahun-tahun dibawahnya)

o   Contoh penulisan pengalaman organisasi (untuk fresh graduate)

· 2015 – 2016

o   Posisi (jabatan yang diemban, seperti kepala divisi/kadiv, staf, maupun ketua organisasi mahasiswa), nama organisasi, nama universitas

o   Job desc:

·         …………………………………………………

·         ………………………………………………..

·         ………………………………………………..

·         2014 – 2015

o   Posisi (jabatan yang diemban, seperti kepala divisi/kadiv, staf, maupun ketua organisasi mahasiswa), nama organisasi, nama universitas

o   Job desc:

·         …………………………………………………

·         ………………………………………………..

·         ………………………………………………..

o   Contoh penulisan pengalaman kerja untuk yang sudah berpengalaman

·  2015 – 2016

o   Posisi (jabatan yang diemban), nama perusahaan

o   Job desc:

·         …………………………………………………

·         ………………………………………………..

·         ………………………………………………..

·         2014 – 2015

§  Posisi (jabatan yang diemban), nama perusahaan

§  Job desc:

·         …………………………………………………

·         ………………………………………………..

·         ………………………………………………..

o   (untuk penulisan job desc ditulis dengan kata achieved, coordinated, communicated, conducted, measured, fostered, cooperated, dan sebagainya)

· Penulisan riwayat kursus maupun dituliskan nama kursus, penyelenggara, tanggal kursus

· Nama kursus………………………, penyelenggara………………….., tanggal penyelesaian (………………………………)

Demikian tips menulis CV dengan baik dan benar semoga para jobseeker segera mendapatkan pekerjaan dan tetap semangat untuk mencari pekerjaan yang diimpikan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rico Andreano Fahreza

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap