Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Awet

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Awet 1

Meski sudah menyimpannya di kulkas, sayuran masih bisa cepat layu. Itu mungkin saja terjadi karena kamu asal memasukkan sayuran-sayuran tersebut ke dalam kulkas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu menyimpan sayuran di kulkas agar sayuran tidak cepat layu dan kualitas sayuran tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pastikan kulkas dalam keadaan bersih

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sebelum menyimpan sayuran ataupun bahan-bahan masakan lain, pastikan bahwa kulkas dalam keadaan bersih. Kulkas yang bersih dapat menjaga kualitas sayur. Kamu dapat rutin membersihkan kulkas sekitar 1 atau 2 minggu sekali bersamaan dengan mencairkan bunga es pada freezer. Atau jika dirasa isi kulkas sudah kotor atau ada bau-bau tidak sedap, kamu dapat segera membersihkannya.

2. Atur suhu kulkas

Suhu kulkas yang sesuai untuk sayuran maupun bahan-bahan masakan lain ialah pada suhu 1 hingga 4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu dikhawatirkan bakteri akan dapat berkembang yang berpengaruh pada ketahanan sayuran yang disimpan.

3. Pisahkan sayuran dengan buah-buahan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Buah menghasilkan suatu zat yang dapat membuat bahan makanan di sekitarnya cepat matang. Jika bahan makanan di sekitarnya sama-sama buah, itu tidak menjadi masalah. Akan tetapi, jika di sekitar buah tersebut adalah sayuran, gas atau zat yang dihasilkan buah-buahan tersebut akan membuat sayuran lebih cepat membusuk. Pematangan pada sayuran dapat menyebabkan sayuran cepat menguning, layu, dan akhirnya membusuk. Untuk mengatasinya, kamu dapat menyimpan sayuran dan buah-buahan pada laci kulkas yang berbeda.

4. Setelah dicuci, pastikan sayuran dalam keadaan kering ketika dimasukkan ke dalam kulkas

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, ada baiknya kalau sayuran dicuci terlebih dahulu agar kotoran-kotoran dan bakteri yang menempel pada sayuran hilang. Setelah dicuci, kamu bisa meniriskan sayuran dan mengelapnya terlebih dahulu menggunakan kain. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan juga sayuran sudah dalam keadaan kering. Air yang masih menempel pada sayuran akan membuat sayuran menjadi lembap yang dapat menyebabkan sayuran lebih cepat busuk.

5. Cek sayuran secara berkala

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tiap-tiap sayuran memiliki umur simpan yang berbeda-beda. Jika kamu akan menyimpan sayuran lebih dari tiga hari, kamu harus mengecek sayuran-sayuran tersebut secara berkala. Periksa bagian-bagian sayuran secara teliti, buang bagian-bagian sayuran yang mulai menguning atau mulai layu agar tidak menjalar ke bagian-bagian lain. Dengan demikian, umur simpan sayuran dapat bertahan sedikit lebih lama.

6. Menyimpan sayuran menggunaan metode food prep

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Food prep merupakan salah satu cara membuat sayuran lebih awet dan kualitas sayuran tetap terjaga. Selain itu, food prep akan memudahkan kamu ketika hanya akan menggunakan sedikit bagian sayuran saja. Cara menyimpan sayuran dengan metode food prep ini ialah kamu cukup membersihkan sayuran, potong-potong, lalu masukkan pada wadah-wadah terpisah yang kedap udara, dan terakhir masukkan ke dalam kulkas. Menyimpan sayuran dengan food prep ini juga akan membuat isi kulkas menjadi rapi.

Beberapa tips tersebut dapat kamu terapkan untuk membuat umur simpan sayuran menjadi sedikit lebih lama. Namun, ada baiknya kalau kamu segera memasak sayuran-sayuran tersebut saat masih dalam keadaan segar.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh