Tips Merawat Koleksi Buku Agar Awet

Tips Merawat Koleksi Buku Agar Awet 1

Bagi sebagian besar orang, buku merupakan kebutuhan pokok yang wajib untuk dipenuhi. Belanja buku tidak kalah penting dengan berbelanja makanan. Bahkan, belakangan banyak orang yang terang-terangan mengakui bahwa mereka lebih banyak mengalokasikan uangnya untuk membeli buku, yang sudah pasti kemudian dibaca, daripada mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan sandang, seperti membeli baju, sepatu, ataupun produk-produk perawatan kulit. Hal tersebut merupakan tren yang wajib kita apresiasi dan kita dukung karena tren tersebut menjadikan lebih banyak orang lagi yang mulai sadar pentingnya membaca buku.

Memiliki koleksi buku yang banyak dan beragam membuat kita harus pandai-pandai dalam merawatnya agar koleksi buku kita tidak mudah rusak dan dapat dibaca lagi dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah beberapa tips merawat buku agar buku tetap awet.

1. Simpan buku pada suhu yang stabil

Sama halnya dengan kita yang menginginkan suhu yang pas agar merasa nyaman, buku pun demikian. Indikator suhu untuk buku dapat kita samakan dengan suhu yang nyaman untuk kita atau dapat dibuat sedikit lebih dingin. Suhu untuk menyimpan buku ini sangat memengaruhi kondisi buku agar tidak tumbuh jamur atau membuat kertas menjadi menguning.

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Kertas buku yang terkena matahari langsung dalam jangka waktu yang lama akan membuat kertas cepat rusak dan warna kertas cepat memudar. Selain itu, paparan sinar matahari langsung pada kertas buku akan membuat kertas buku terlalu kering dan menjadikan bergelombang yang membuat kertas buku menjadi rapuh dan mudah sobek.

Meski demikian, buku juga jangan disimpan pada ruangan tanpa cahaya sama sekali, seperti di gudang atau ruangan bawah tanah. Meyimpan koleksi buku tanpa adanya cahanya sedikitpun akan membuat buku lembap dan mempercepat tumbuhnya jamur serta dapat menjadi sarang hewan seperti ngengat.

3. Simpan buku dalam posisi berdiri

Selain memudahkan kita saat mencari buku yang ingin kita baca, menyimpan buku dengan posisi berdiri akan memberikan ruang pada sela-sela buku agar angin dapat masuk, sehingga buku tidak mudah lembap yang membuat kertas buku berubah menjadi coklat.

4. Gunakan pembatas buku

Banyak dari kita yang sering melipat kertas buku untuk menandai bagian terakhir yang sedang kita baca. Ternyata, melipat kertas buku akan meninggalkan bekas yang dapat membuat kertas buku cepat rusak. Gunakan pembatas buku yang tipis untuk menandai halaman agar kertas buku tidak cepat rusak dan jilid buku juga tetap aman.

5. Bersihkan buku secara rutin

Meski koleksi buku sudah disimpan di tempat yang aman dari hal-hal yang dapat mengotori buku, akan tetapi terkadang masih ada debu-debu halus yang menempel pada buku. Bersihkan buku dari debu-debu halus tersebut secara rutin agar tidak menjadi noda yang menempel pada kertas-kertas buku. Kita dapat membersihkan buku dari debu-debu halus dengan menggunakan kain yang lembut atau dengan sikat yang lembut.

Itulah beberapa tips merawat buku yang dapat kita coba agar buku-buku kita dapat awet dan tidak cepat rusak. Selamat mencoba.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh