Tips Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab

Tips Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab 1

Meski terlindungi dari sinar matahari langsung, debu, polusi, ataupun bahan-bahan kimia untuk styling rambut, namun rambut bagi wanita berhijab tetap saja dapat mengalami masalah. Rambut bagi wanita yang berhijab justru harus lebih diperhatikan dan butuh perawatan khusus untuk menjaga rambut dalam kondisi yang tetap sehat. Seharian tertutup hijab dapat membuat rambut menjadi lebih lembap, lepek, mudah ketombean, rapuh, hingga menyebabkan rontok apabila tidak dirawat dengan baik.

Tidak ada salahnya bagi para perempuan berhijab untuk tetap merawat rambut. Rambut yang sehat akan membantu kita menjadi lebih nyaman saat mengenakan hijab. Beberapa tips merawat rambut untuk kamu para perempuan berhijab berikut dapat kamu lakukan agar rambut kamu tetap dalam kondisi sehat meski tertutup hijab seharian.

1. Keramas secara rutin dan sesuai kebutuhan rambut

Keramas menjadi hal paling dasar untuk merawat rambut yang tertutup hijab. Jarang keramas akan membuat rambut menjadi cepat berminyak, gatal, bau, hingga menyebabkan masalah kulit kepala yang akan membuat aktivitas behijab kamu menjadi tidak nyaman. Tidak perlu setiap hari keramas, cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat rambut kamu tetap bersih dan ternutrisi. Apabila kamu merasa rambut kamu terlalu kotor karena terlalu banyak aktivitas, kamu dapat menyesuaikan waktu keramas kamu sesuai kebutuhan.

2. Gunakan sampo khusus untuk yang berhijab

Rambut yang tertutup hijab seharian membutuhkan perawatan khusus yang sedikit berbeda dengan rambut yang tidak tertutup hijab. Memilih menggunakan sampo yang diformulasikan untuk rambut perempuan yang berhijab dapat menjadi salah satu cara merawat rambut agar terhindar dari permasalahan rambut yang tertutup hijab. Ada banyak jenis sampo yang memang diformulasikan untuk perempuan yang berhijab, seperti untuk menjaga kesegaran rambut, mengurangi produksi minyak yang berlebih, hingga merawat akar rambut agar rambut tidak mudah rampuh dan tidak mudah rontok. Sesuaikan jenis sampo yang kamu pakai dengan kebutuhan rambut kamu, ya.

3. Rutin memakai tonik rambut setelah keramas

Terdapat beberapa rangkaian yang perlu kamu lakukan setelah kamu selesai keramas. Salah satunya memakai tonik rambut. Memakai tonik rambut secara rutin akan sangat membantu merawat kesehatan rambut kamu, seperti membuat akar rambut menjadi lebih kuat, rambut menjadi lebih harum, menutrisi rambut, hingga dapat mengontrol produksi minyak pada rambut agar rambut tidak mudah lembap dan lepek.

4. Sebelum ditutup hijab, pastikan rambut dalam keadaan kering

Saat terburu-buru, tidak sedikit dari kita yang sering langsung memakai hijab padahal rambut belum benar-benar kering pascakeramas. Menutup rambut dengan hijab saat belum benar-benar kering justru dapat memicu permasalahan rambut, seperti rambut menjadi mudah bau, kulit kepala tersa gatal, hingga dapat memunculkan ketombe. Oleh karena itu, sebelum memakai hijab pastikan dulu rambut kamu dalam keadaan benar-benar kering.

5. Istirahatkan rambut

Setelah seharian tertutup hijab, ada baiknya kamu memberikan waktu untuk rambut kamu beristirahat. Caranya dengan melepas hijab dan ikatan pada rambut. Hal ini bertujuan agar rambut kamu mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik. Kamu dapat melakukan hal ini di kamar atau ruangan tertup, ya.

6. Konsumsi makanan yang sehat untuk rambut

Selain merawat rambut dari luar, rambut juga perlu dirawat dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Aneka sayuran, kacang-kacangan, buah, hingga daging dapat kamu konsumsi yang disesuaikan dengan AKG kamu, ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.