8 Tips Merawat Stiker Mobil Supaya Awet


8 Tips Merawat Stiker Mobil Supaya Awet 1

Wrapping sticker alias membungkus body mobil dengan stiker konsekuensinya adalah harus merawat stiker mobil agar bisa bertahan lama, setidaknya 3 – 4 tahun. Cara merawat stiker tersebut tidak terlalu sulit, karena itulah wrapping sticker kini semakin populer, baik untuk branding produk atau sekedar untuk mengekspresikan pribadi pemiliknya.

Wrapping menjadi pilihan karena harganya sangat terjangkau dibanding mengecat panel mobil. Wrapping sticker juga dapat dengan mudah dilepas jika ingin mengganti tampilan mobil tanpa merusak cat, sepanjang mobil masih menggunakan cat asli dari pabrik. Selain itu, dengan cara ini body mobil akan senantiasa terlindungi dari sinar matahari maupun dari risiko gesekan.

Bagi Anda yang sudah atau yang ingin melakukan wrapping sticker, berikut tips merawat stiker mobil agar bertahan lama, tidak pudar dan tidak terkelupas.

8 Tips Merawat Stiker Mobil Supaya Awet 3

Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Paparan sinar matahari secara langsung dan dalam kurun waktu yang lama akan membuat warna stiker menjadi pudar. Jika warna stiker sudah pudar, maka tampilan mobilpun akan terlihat buruk dan kusam.

Untuk itu cara merawat stiker mobil yang pertama kali harus diperhatikan adalah dengan senantiasa memarkir mobil di tempat yang teduh atau mencari tempat parkir yang terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

Jangan Menyemprotkan Air Bertekanan Tinggi

Tips merawat stiker mobil yang kedua adalah tidak menggunakan semprotan air bertekanan tinggi pada saat mencuci mobil. Karena semprotan air bertekanan tinggi berisiko pada terkelupasnya ujung-ujung stiker pada lipatan mobil.

Itu sebabnya pada saat mencuci mobil di tempat pencucian umum, ingatkan petugas untuk menggunakan air yang mengalir atau air yang bertekanan sedang.

Bersihkan Kotoran dengan Minyak Tanah

Ada kemungkinan body mobil yang sudah terbalut stiker terkena kotoran yang sulit dihilangkan, bahkan meski telah dicuci dengan air sabun sekalipun. Cara untuk menghilangkan kotoran tersebut jangan menggunakan bensin atau spirtus karena dapat membuat stiker pudar.

Melainkan dengan menggunakan minyak tanah yang digosokkan secara perlahan untuk mengangkat kotoran. Baru setelah itu digosok dengan air sabun untuk menghilangkan bau minyak tanah.

8 Tips Merawat Stiker Mobil Supaya Awet 4

Jangan Dipoles

Merawat stiker mobil berbeda dengan merawat cat mobil. Jika cat mobil relatif tidak berisiko untuk membuatnya terlihat berkilau dengan dipoles, maka stiker mobil sebaliknya. Stiker mobil yang terlalu sering dipoles akan membuat warnanya cepat memudar dan berisiko mudah terkelupas. Terlebih untuk stiker yang bentuknya detail dan berukuran kecil.

Merawat Stiker Mobil Warna Doff

Untuk merawat stiker mobil berwarna doff, dianjurkan menggunakan sabun khusus saat mencuci mobil dan membilasnya dengan air bersih hingga sabun benar-benar hilang. Selanjutnya lap dengan menggunakan kanebo dan lanjutkan dengan kain kering hingga benar-benar kering.

Jangan pernah memoles stiker doff dengan menggunakan bahan apapun, baik wax, compound, obat poles serta yang lain. Karena efek dari bahan kimia yang terkandung pada obat poles dapat membuat warna doff luntur dan stiker menjadi belang.

Merawat Stiker Mobil Warna Karbon

Untuk mempermanis tampilan mobil, stiker karbon biasanya ditempatkan pada bagian kap mesin, bagasi serta cover spion luar. Cara merawat stiker mobil warna karbon, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan stiker doff.

Hanya saja stiker warna karbon masih toleran untuk dipoles sepanjang dilakukan maksimal 3 bulan sekali. Itupun cara memolesnya dengan menggunakan obat poles yang tipis dan dilakukan secara manual menggunakan tangan. Jika dipoles menggunakan mesin poles risikonya akan dapat merubah struktur warna stiker.

Merawat Stiker Mobil Warna Glossy

Stiker warna glossy atau warna cerah cukup toleran terhadap obat poles. Sehingga untuk membuat stiker terlihat lebih cerah, setelah mobil dicuci dapat dilanjutkan dengan memolesnya.

Namun, satu-satunya obat poles yang boleh digunakan adalah dari jenis wax dan bukan compound. Selain itu harus dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan dan tidak boleh memakai mesin poles karena dapat merusak struktur warna stiker.

Demikian tips merawat stiker mobil untuk membuat wrapping sticker bertahan lama, tidak pudar dan tidak mudah terkelupas. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments