Tips Merawat Tanaman Hias Agar Lebih Menarik

Tips Merawat Tanaman Hias Agar Lebih Menarik 1

Tanaman hias menjadi sebuah media menarik untuk mengisi waktu senggang kita ketika berada di rumah. Dengan itu kita sudah melakukan upaya melestarikan tanaman, apalagi tanaman bisa kita tanam di berbagai media, baik itu dihalaman maupun di dalam rumah, semua bisa kita lakukan selagi kita niat untuk melestarikan tanaman agar terlihat lebih segar dan tumbuh berkembang.

Berbagai macam tanaman hias memang menjadi pilihan penggemar tumbuh-tumbuhan membuat panorama mata kita menjadi lebih baik. Apalagi kita bisa memilih tanaman dan media tanam yang bisa kita lakukan di rumah kita sendiri.

Tips Merawat Tanaman Hias Agar Lebih Menarik 3

Selain menjaga kelestarian tanaman itu sendiri, dengan kita membudidayakan tanaman hias akan menjadi langkah positif dengan dampak luar biasa bagi kehidupan kita sendiri.

Tak hanya bagus saja dimata kita, namun juga menjaga keseimbangan alam, ketika rumah penuh dengan banyak polusi dan minim oksigen serta udara segar.

Nah berikut tips merawat tanaman hias agar tetap terlihat segar sepanjang waktu.

Atur tempat

Tips Merawat Tanaman Hias Agar Lebih Menarik 4

Cara pertama bisa dibilang cukup mudah, dimana kita harus bisa mengetahui ekosistem atau media yang paling tepat agar tanaman hias terlihat subur dan segar sepanjang waktu.

Atur tempat yang tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu dingin. Ini untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman tersebut. Jika terlalu panas justru akan merusak perkembangan tanaman tersebut.

Namun jika minim cahaya atau kurangnya supply matahari juga akan mengganggu perkembangan kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Cari tempat yang teduh namun juga masih ada tempat atau ruang agar tanaman bisa berfoto sintesis. Namun juga jangan terlalu ditenpat terbuka.

Teknis menyiram air

Cara kedua ini dibilang simpel namun juga harus hati hati. Karena kalau banyak suplly air juga akan berpengaruh negatif pada perkembangan tanaman tersebut.

Ini akan membedakan jenis tanaman hias dengan pertumbuhan yang membutuhkan banyak suplly air maupun sedikit air.

Untuk tanaman hias air, ini akan membutuhkan suplly air yang lebih banyak bahkan selalu harus standby dalam media tanamnya.

Untuk tanaman bukan air, maka cara memberikan supply air adalah dengan sedikit demi sedikit, agar pertumbuhan tanaman dan juga kelestarian tanaman lebih terjaga.

Siramlah tanaman setiap pagi dan sore atau malam hari, dengan memberikan jeda waktu agar jangan terlalu banyak air di dalam media tanaman yang akan menganggu pertumbuhan tanaman.

Media tanam

Cara berikutnya adalah media tanam yang digunakan harus diatur, diantara ada media tanam untuk pot seperti vas bunga, dimana tanaman akan di letakkan di media pot dengan dicampur tanah serta ada pupuk sedikit dengan penambahan air untuk menjaga pertumbuhan tanaman lebih baik.

Media tanam berikutnya bisa langsung media tanah, dengan menanam langsung tanaman yang sudah berkembang, dengan dicampur pupuk serta air tergantung jenis tanaman tersebut.

Ada berbagai jenis tanaman hias yang bisa kita pilih untuk kita lestarikan, mengingat banyaknya tanaman juga kita harus lebih pintar memilih dan juga sesuaikan dengan daya tahan hidupnya di media yang akan kita tanam.

Nah itu tadi beberapa tips cara merawat tanaman hias agar lebih indah dan terjaga kelestariannya. Bisa kalian coba sendiri dirumah jika kalian minat ingin membudidayakan tanaman hias dirumah kalian.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.