Tips Mudah Belajar Matematika


Tips Mudah Belajar Matematika

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti dan dianggap sulit oleh sebagian orang. Kenapa matematika ditakuti? Biasanya orang-orang takut dengan matematika karena mereka malas untuk berpikir dan belajar. Matematika juga merupakan mata pelajaran umum yang sering kali kita temukan di jenjang sekolah.

Padahal matematika itu pelajaran yang mudah, lho. Mudah untuk menyerah? Tentu saja tidak, ada beberapa cara supaya kita tidak sulit belajar matematika. Kamu ingin tahu apa saja tips dan cara supaya lebih mudah belajar matematika? Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Suasana yang nyaman bisa membuat kamu fokus dan konsentrasi untuk belajar. Menciptakan suasana belajar yang nyaman bisa kamu lakukan di luar maupun di dalam rumah. Kalau kamu lebih suka belajar di luar rumah, kamu bisa belajar di coffe shop, alam terbuka, atau bisa belajar di perpustakaan yang mempunyai banyak buku untuk menjadi referensi atau bahan belajar matematika. Selain belajar di luar ruangan, kamu  juga bisa belajar dikamar, bagaimana cara supaya nyaman belajar dikamar? Cara membuat kita nyaman belajar dikamar adalah dengan merapihkan kamar dan meja belajar terlebih dahulu supaya  bisa lebih fokus belajar tanpa terganggu dari benda-benda disekitar tempat kita belajar.

2. Pelajari dasar matematika terlebih dahulu

Dasar-dasar matematika sangat penting untuk mempelajari materi matematika lebih lanjut. Kalau kamu tidak paham dasar-dasar matematika, lalu bagaimana cara kamu supaya paham materi matematika lebih dalam? Kalau kamu tidak paham dasar matematika, maka kedepannya kalian akan makin sulit untuk belajar dan memahami materi matematika.

3. Ubah pola pikir matematika itu sulit dan membosankan, menjadi matematika itu mudah dan menyenangkan

Sumber: Dokumen Pribadi

Kalau kamu berpikir matematika itu sulit dan membosankan, sebaiknya kamu buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Apa yang kamu pikiran akan memengaruhi konsentrasi dan semangat belajar kamu, itu yang dinamakan sugesti. Daripada kamu berpikir matematika itu membosankan, lebih baik kamu berpikir kalau matematika itu pelajaran yang mudah dan sangat menyenangkan ketika dipelajari.

4. Pahamilah rumus, bukan menghafal rumus

Paham sudah pasti akan hafal, tetapi hafal bukan berarti paham. Kalau kamu paham rumus-rumus matematika, kamu pasti akan lebih mudah untuk mengerjakan soal-soal matematika dan tahu rumus matematika apa yang akan kamu pakai dalam mengerjakan soal matematika.

5. Buatlah catatan rumus-rumus yang rapi dan menarik

Melihat rumus-rumus di buku tentu saja tidak cukup karena penjelasan di buku biasanya menggunakan kalimat yang sulit untuk dimengerti dan harus dijelaskan terlebih dahulu oleh guru supaya kita paham maksud rumus tersebut dan cara menggunakan rumus tersebut. Karena itu sebaiknya setelah kamu mendengar penjelasan dari guru, kamu harus mencatat di buku catatan kamu yang bisa digunakan sebagai bahan belajar di rumah. Catatlah rumus dengan rapi, tersusun, dan menarik supaya kamu mudah memahaminya dan tidak merasa bosan untuk memahami rumus-rumus matematika.

6. Jangan malu untuk bertanya jika kalian kesulitan memahami materi

Ingat ya, malu bertanya akan tersesat di jalan, lho. Sama hal nya kalau kamu tersesat dihutan dan tidak tahu bagaimana cara bisa pulang ke tempat kamu berasal. Maka dari itu kalau kamu malu untuk bertanya apa saja yang tidak kamu pahami karena depannya kalau kamu malu untuk bertanya, kamu akan sulit untuk bisa memahami materi tersebut dan harus mengulangnya dari awal. Bertanyalah kepada guru, bagian mana yang tidak kamu pahami, guru kamu pasti akan menjelaskan ulang bagian yang tidak kamu pahami secara perlahan sampai kamu benar-benar paham.

7. Berlatih mengerjakan soal-soal matematika

Memahami materi saja tidak cukup, kamu juga harus sering berlatih mengerjakan soal-soal. Jika kamu terbiasa dalam mengerjakan soal, kamu jadi akan mudah ketika ujian nanti atau ketika kamu diberi tugas dari guru. Mulailah dari soal-soal yang mudah untuk dikerjakan, jangan langsung mengerjakan soal yang belum kamu pahami.

8. Belajarlah bersama teman-teman kamu

Ajaklah teman kamu untuk diskusi dan belajar bersama. Ketika kamu mengalami kesulitan mengerjakan tugas kamu bisa bertanya kepada teman kamu. Dan ketika kamu belajar bersama teman, suasana belajar menjadi semakin menyenangkan dibandingkan belajar sendirian.

Nah, gimana teman-teman? tips di atas sangat mudah diterapkan bukan? Selain tips di atas, yang terpenting dalam memahami dan memperlajari matematika adalah niat. Kalau kamu benar-benar niat belajar, maka kamu akan dimudahkan untuk memahami materi. Semoga tips di atas bisa membuat kamu lebih semangat belajar.