Tips Mudah Menggabungkan File PDF dengan Bantuan Adobe Reader

Tips Mudah Menggabungkan File PDF dengan Bantuan Adobe Reader

Setelah mengetahui bagaimana cara mudah dalam menggabungkan beberapa file dengan format dokumen atau berkas tipe PDF ini, maka tampilan file yang semula banyak nantinya akan terlihat tertata dengan rapi dan ringkas.

Tentu saja, hal ini akan memudahkan para pengguna pada saat mencari file tertentu tanpa merasa terganggu dengan banyaknya file yang menumpuk di dalamnya, bukan?

Meski demikian, tahukah Anda mengenai bagaimana sih cara mudah dalam menggabungkan file PDF tersebut?

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tips dan triknya, ada baiknya menyimak beberapa informasi lengkapnya seperti di bawah ini.

Apa yang Dimaksud File Tipe PDF?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tata cara penggabungan file PDF di laptop, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui mengenai jenis dokumen atau berkas berformat yang satu ini.

Pada umumnya, file PDF (Portable Document Format) ini merupakan suatu jenis format dokumen atau berkas tertentu yang biasa digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital.

File ini umumnya diciptakan oleh software Adobe System di tahun 1993 silam.

Walaupun pada mulanya file jenis PDF ini hanya dipakai untuk keperluan pertukaran dokumen secara digital saja, namun siapa sangka jika jenis format populer ini kian banyak dipakai untuk keperluan presentasi berbagai dokumen dua dimensi.

Yakni baik dalam bentuk dokumen berisi huruf, teks, grafik vektor hingga citra.

Bahkan yang menariknya lagi, pihak Adobe System Inc kini juga telah merilis program Acrobat 3D yang mampu membaca dokumen berformat 3 dimensi.

Adapun dalam praktiknya, jenis format ini sering kali dijadikan sebagai file dalam bidang administrasi perkantoran dengan sistem yang mudah dilakukan.

Dengan penawaran menarik tersebut, tentu saja hal ini membuktikan bahwa format PDF ini mampu bersaing dengan pendahulunya yakni format Microsoft Office untuk berbagai kepentingan dalam menyelesaikan pekerjaan, bukan?

Apalagi, saat ini ada banyak sekali perangkat lunak / software yang dapat mengakses format PDF ini agar memudahkan pengguna.

Berbagai Keunggulan File Tipe PDF Ketimbang Bentuk File Lain

Baca juga  Contoh Surat Resign atau Pengunduran Diri

Kepopuleran file PDF yang ada di zaman sekarang ini memang tak perlu diragukan lagi di kalangan masyarakat.

Sebab, hampir semua orang menggunakan file bertipe PDF untuk berbagai kepentingan tertentu seperti pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya.

Nah, dengan banyaknya orang yang memakaki file berformat PDF ini, tentu saja tidak terlepas dari keunggulan yang ditawarkannya, bukan?

Adapun keunggulan dari format bertipe PDF ini antara lain sebagai berikut :

1.  Memiliki sifat yang lebih fleksibel saat dipakai para pengguna

Keunggulan utama yang ditawarkan dari jenis format PDF ini yakni memiliki sifat yang fleksibel saat dipakai oleh para penggunanya.

Hal ini mengartikan bahwa para pengguna dapat dengan bebas membuka dokumen atau berkas berekstensi PDF di berbagai perangkat di berbagai macam perangkat pendukung seperti di smartphone, laptop, PC / komputer dan berbagai perangkat pendukung lainnya.

Tak hanya itu saja, isi dari berkas ini juga nantinya tidak akan terpengaruh sama sekali dengan software pembukanya.

2.  Memiliki fitur kunci pengaman (Lock)

Perlu Anda ketahui bahwa dalam perilisannya sendiri, pihak Adobe System turut mengembangkan berbagai fitur pendukung menarik untuk memudahkan pengguna dalam berbagai kepentingan tertentu.

Sebagai contoh seperti fitur kunci atau sering dikenal dengan istilah fitur Lock. Kegunaan dari fitur ini yakni dapat mengamankan dengan cara mengunci dokumen terkunci secara rahasia dan tidak mudah disalin oleh orang lain.

Tentu saja, hal ini akan membuat file dokumen pengguna lebih aman, bukan?

3.  Sangat mudah dalam melakukan pengeditan sesuai keinginan

Selain itu, jenis ekstensi PDF ini juga menawarkan berbagai keunggulan lain bagi penggunanya yakni dapat melakukan pengeditan dokumen secara bebas dan mudah jika terjadi kesalahan dalam pengetikan.

Biasanya, pengeditan ini akan dilakukan dengan bantuan software pendukung seperti PDF Reader.

Sehingga, Anda nantinya bisa dengan mudah melakukan pengeditan file / dokumen dengan bebas dan mudah tanpa mempengaruhi susunan pengetikan yang tertata rapi sebelumnya.

4.  Mudah dalam melakukan penyimpanan data tertentu

Baca juga  5 Syarat Ini Harus Ada Di Dalam Contoh Surat Pengalaman Kerja

Data-data yang bisa Anda simpan menggunakan file berekstensi PDF ini dapat berupa file berisi foto, gambar maupun grafik di dalamnya.

Dan yang menariknya lagi, Anda juga bisa menkonversi atau mengubah file lain ke format PDF tanpa mempengaruhi ukuran / size dari file penyimpanan tersebut.

Keunggulan yang ditawarkan ini, tentu saja menjadi pilihan yang wajib untuk dicoba pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan format tersebut, bukan?

5.  Memiliki sifat kompatibel / mendukung berbagai perangkat

Secara umum, file berekstensi PDF ini bersifat kompatibel atau mendukung semua perangkat mulai dari komputer, laptop hingga smartphone dalam membuka jenis file tersebut.

Hal ini lantaran jenis ekstensi ini umumnya mendukung semua sistem operasi yang digunakan oleh perangkat pendukung tersebut.

Tak heran jika saat ini file berformat PDF telah banyak digunakan oleh sejumlah kalangan masyarakat untuk berbagai kepentingan pekerjaan tertentu.

Mengapa Anda Perlu Tahu Cara Menggabungkan File PDF?

Banyak sekali orang yang masih bertanya-tanya mengenai apa yang melatarbelakangi pengguna harus mengetahui mengenai cara menggabungkan file PDF ini.

Nah, alasannya karena selain membuat tatanan file terlihat lebih rapi dan lebih efisien saat mencari file tertentu, mengetahui cara menggabungkan file PDF juga memiliki manfaat penting yang harus diketahui oleh penggunanya.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh pengguna setelah tahu tips dan trik menggabungkan file PDF tersebut.

1.  Memudahkan dalam berbagi data dan dokumen tertentu

Salah satu manfaat utama yang diperoleh dari menggabungkan file PDF ini yakni dapat memudahkan dalam berbagi data berjumlah banyak dalam waktu yang singkat.

Hal ini tentu saja bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mengelola file dengan baik tanpa menunggu waktu yang lama, bukan?

2.  Dapat membantu dalam pengelolaan file yang lebih efisien

Hanya dengan Anda menyatukan beberapa file PDF ke dalam satu file saja, nyatanya akan membuat file terlihat lebih efisien dalam pengelolaannya.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menemukan nama file tertentu dalam file yang telah disatukan ke dalam satu folder.

Baca juga  Tips Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi 

3.  Lebih mudah dan cepat dalam hal waktu pencetakan file

Apabila sewaktu-waktu Anda ingin mencetak hasil file PDF dalam bentuk hardcopy hasil lembaran kertas, maka penggabungan file PDF jadi satu ini akan lebih mudah dalam proses pencetakan dan akan memakan waktu yang lebih cepat.

Sehingga, Anda nantinya tidak perlu lagi memakan waktu yang lama dalam mencetak hasil file / dokumen berekstensi PDF tersebut.

4.  Lebih hemat ruang penyimpanan di perangkat

Adapun salah satu manfaat penting dalam menyatukan beberapa file PDF jadi satu yakni akan lebih hemat dalam penggunaan ruang penyimpanan di perangkat pengguna.

Sehingga, hal ini akan membuat penyimpanan di komputer, laptop maupun smartphone sekalipun tidak terbebani dengan banyaknya file yang tersimpan di dalamnya.

Tips Menggabungkan File PDF Melalui Adobe Reader

Setelah mengetaui ulasan singkat mengenai pengertian, keunggulan dan manfaat dari penggabungan file PDF di atas, maka untuk pembahasan kali ini Anda akan mengetahui lebih lanjut mengenai cara paling mudah dalam menggabungkan beberapa file PDF jadi satu file yang lebih efisien.

Adapun salah satu hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mempraktikkan cara ini yakni dengan menggunakan software pendukung berupa Adobe Reader.

Sementara untuk mengetahui bagaiman cara mudah dalam melakukannya di berbagai perangkat pendukung khususnya komputer maupun laptop, Anda simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penting untuk Anda ketahui bahwa dalam pengembangannya, Adobe System turut menyediakan program bernama Adobe Reader dalam memudahkan pengguna untuk menggabungkan dan membuat file PDF tertentu.

Sementara itu, dalam praktiknya sendiri Anda juga perlu melakukan beberapa cara seperti berikut ini dalam menggabungkan file PDF dengan bantuan Adobe Reader tersebut.

1.  Pertama-tama, Anda install terlebih dahulu software / program aplikasi Adobe Reader di perangkat laptop / komputer.

2.  Jika sudah, Anda kemudian klik pada tab Tools untuk melakukan proses selanjutnya.

3.  Setelah itu, Anda langsung lakukan perintah dengan klik tombol Combine Files.

4.  Nah, untuk menambahkan file-file berekstensi PDF yang ingin digabungkan jadi satu file / dokumen nantinya, Anda bisa langsung klik tombol Add Files.

5.  Dan kemudian, Anda langsung pilih tombol Combine untuk menggabungkan file PDF.

6.  Terakhir, Anda pilih opsi simpan file di lokasi folder yang diinginkan. Caranya, Anda tinggal tekan tab menu File kemudian pilih menu Save As.

Itulah sedikit pembahasan penting bagi Anda mengenai format PDF yakni mulai dari mulai pengertian, keunggulan, manfaat dan cara menggabungkan file PDF secara mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah.

Dengan mengetahui cara menggabungkan file PDF ini, maka tampilan file berekstensi PDF akan terlihat tertata lebih rapi dan tentunya lebih efisien saat digunakan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Istiana Nur Utami