Tips Pemeliharaan Burung Murai Sehat dan Kicau Indah

Tips Pemeliharaan Burung Murai Sehat dan Kicau Indah 1

BURUNG dengan kicauan indah menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta atau penggemar burung kicau. Apalagi selain suaranya yang merdu dan enak didengar, burung dengan kicauan paling indah akan dihargai dengan nominal tinggi.

Tak terkecuali dengan burung satu ini yang kian hari makin digemari dan bernilai jutaan rupiah. Murai merupakan salah satu jenis burung paling diminati saat ini, selain bentuknya yang indah dan berkarisma, suaranya pun membuat telinga kita menjadi bergoyang-goyang.

Untuk jenis murai paling sering diminati adalah jenis Murai dengan berbagai kicauan nya yang akan diikutsertakan dalam beberapa event lomba burung kicau di tanah air. Murai memiliki ciri khas suaranya yang merdu dan dapat menirukan beberapa suara burung lainnya.

Tips Pemeliharaan Burung Murai Sehat dan Kicau Indah 3

Namun agar burung murai ini dapat berkicau indah layaknya apa yang kita inginkan, tentunya dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, dan tidak salah langkah. Dengan kicauannya yang indah, tentunya akan banyak pecinta murai tang tertarik, dan tentunya akan selalu juara di setiap perlombaan burung kicau.

Langkah untuk pemeliharaan dan juga perawatan burung mahal ini juga harus ekstra hati hati. Agar usia burung juga lama, dan dalam kondisi fit jika diikutsertakan lomba atau hanya sekedar buat hiburan saja.

Berikut tips buat kalian yang gemar dengan burung murai agar burung murai tampil baik setiap saat.

Rutin di taruh dibawah sinar matahari

Tips pertama agar burung murai selalu tampil baik dan juara, adalah dengan memberikan efek sinar matahari setiap waktu sefara rutin misalnya setiap pagi.

Cara ini dikenal ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh kesehatan murai setelah murai dimandikan dengan menyemprotkan air ke tubuh murai. Minimal kalian menjemur murai dalam waktu minimal satu jam atau setengah jam perhari atau setiap paginya.

Langkah ini sangat baik, dan tetap memperhatikan kondisi kesehatan murai, jangan terlalu lama dipanaskan, dengan waktu yang tepat adalah pada pagi pagi sekali, saat sinar matahari belum terlalu terik.

Dimandikan

Tips kedua agar murai tetap sehat dan bugar adalah dimandikan setiap pagi ataus sore hari, agar menjaga murai dan terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam. Apalagi dengan dimandikan seperti manusia burung juga akan lebih percaya diri dan prima dan semakin gacor saja.

Mandikan burung murai diluar rumah atau dimana saja yang bisa dijangkau. Sesuaikan dengan kondisi cuaca atau saat cuaca dingin mungkin langkah baik adalah dengan air hangat agar murai tidak kedinginan.

Ini menyangkut adaptasi terhadap lingkungan sekitar yang akan berpengaruh pada kondisi tubuh murai disaat belum mampu menyesuaikan dengan kondisi cuaca di lingkungan sekitar.

Semprot dengan air dengan alat penyemprot secara pelan-pelan, jangan terlalu keras agar murai tidak stres. Seperti istilahnya hanya beberapa cipratan air saja burung sudah kelihatan seperti mandi.

Lakukan beberapa menit saja, misal dalam waktu setengah jam saja ataus secukupnya agar burung terlihat segar dan tidak lesu.

Pemberian Pakan

Tips berikutnya adalah dengan mengatur pola makan pada murai. Berikan makanan yang sesuai aturan makan. Burung juga membuat pola makan seperti manusia dan tidak sembarangan. Apalagi dengan pemberian makanan yang teratur akan berpengaruh pada kicauan murai yang baik dan konsisten.

Apalagi burung juga akan terlihat selalu prima, dan tidak lesu. Dengan pemberian pakan murai seperti kroto dan juga cacing, secukupnya akan memberikan dampak yang baik, agar murai juga sehat.

Berikan makan yang susai porsi jangan sedikit juga jangan terlalu banyak atar dengan pola makan yang baik. Agar juga murai tidak obesitas dan juga tidak kekurangan nutrisi.

Beirkan dalam wadah yang bersih menjaga agar murai tidak stres dan tetap nyaman di sangkarnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.