Tips Telur Goreng Setengah Matang

Tips Telur Goreng Setengah Matang 1

Telur merupakan menu sehari-hari bagi siapa saja yang gemar mengkonsumsi telur, baik itu telur ayam, telur bebek maupun telur puyuh. Namun mayoritas telur ayam menjadi menu favorit dengan berbagai penyajian, baik telur goreng, telur rebus, telur oseng-oseng, telur pedas, maupun semur.

Sajian telur tidak hanya dikonsumsi sendiri, namun juga disajikan dalam berbagai tempat, baik di restoran-restoran maupun jajanan atau kuliner pinggir jalan.

Ada hal menarik dimana sajian telur setengah matang namun dimasak dengan digoreng menjadi hal yang biasa, namun kalian harus tahu bagaimana cara menggoreng telur setengah matang yang membuat citarasa telur semakin nikmat.

Tips Telur Goreng Setengah Matang 3

Apalagi dengan citarasa daging nya yang tebal dan lumer akan memberikan sensasi berbeda dalam mengolah lidah kalian. Ini akan membuat dengan menambah selera makan kalian tambah.

Namun menggoreng telur sembarangan tentunya akan membuat hasilnya kurang baik, apalagi jika telur malah gosong atau kurang empuk, ini akan membuat selera makan kalian berkurang.

Berikut beberapa tips menggoreng telur yang bisa kalian lakukan dan coba sendiri di rumah.

Siapkan alat-alat dan bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang akan digunakan dan bahan-bahan yang akan diolah dimenu telur goreng ini.

Peralatan berbagai macam, semisal wajan, srutil, kompor atau api, sementara bahan yang perlu disiapkan bisa minyak goreng yang masih baru, garam dapur, royko penyedap rasa, micin, cabe, sosis, gandum, dan sebagainya.

Langkah berikutnya adalah mencampur adonan telur dalam gandum dijadikan satu, lalu tambahkan garam secukupnya, royko, sosis yang sudah dipotong-potong, micin, cabe yang sudah diiris-iris, kemudian aduk hingga merata.

Campurkan air didalamnya, setelah itu aduk hingga membentuk adonan telur. 

Tips minyak

Setelah bahan dan alat-alat siap, maka kalian langkah berikutnya adalah menyiapkan minyak yang akan digoreng, siapkan ke dalam wajan dan nyalakan kompor.

Setelah itu jangan tunggu minyak panas atau setengah panas, baru bahan-bahan tadi yang telah di campur kalian siapkan untuk dimasukkan ke dalam wajan.

Usahakan minyak dalam posisi setengah panas, atau belum tua. Ini akan berpengaruh terhadap kualitas telur yang akan digoreng, apalagi untuk memperoleh hasil telur yang empuk, lumer dan nikmat tentunya.

Jika minyak dalam keadaan terlalu panas, maka telur akan kelihatan lebih kering atau tidak basah, sehingga kurang terasa citarasa telurnya. 

Tips angkat telur

Tips berikutnya adalah dengan mengangkat telur sebelum matang, ini akan terlihat telur menjadi kelihatan basah dan lumer. Jika terlalu matang juga akan kelihatan seperti kering dan tak terasa daging telurnya.

Tips ini bisa menjadi solusi buat kalian yang suka telur dengan daging nya yang lumer dan empuk dan tebal. 

Tips setelah matang

Tips berikutnya setelah telur kalian angkat kalian diamkan dulu beberapa waktu hingga minyaknya berkurang. Jangan langsung sajikan telur dalam keadaan banyak minyak. Langkah ini agar telur meskipun terlihat basah, namun tetap kesat dan ketika di makan akan terasa ciptaan telurnya. 

Setelah selesai baru sajikan telur dalam keadaan masih hangat, dan sajikan dengan sayur-sayuran yang masih segar agar telur terlihat lebih menggoda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.